Baja ringan yang biasa digunakan sebagai rangka atap rumah ternyata memiliki banyak kelebihan. Manfaat baja ringan untuk konstruksi bangunan ini sebenarnya sudah dikenal cukup lama, meski lebih muda umurnya dari kayu.

Diantara kelebihan yang paling kentara adalah bahannya mampu menggantikan material mainstream untuk rangka atap yaitu kayu. Padahal, kayu sudah dikenal secara turun temurun sebagai bagian dari material kontruksi bangunan.

Bisa dilihat dari rumah-rumah jaman dulu yang tidak lepas dari peran kayu sebagai salah satu material utamanya. Sementara baja ringan baru-baru ini saja diterapkan sebagai bagian penting dari konstruksi bangunan, khususnya rangka atap.

Mengenal Baja Ringan dan Fungsi Penggunaannya Sebagai Alternatif Kayu

Baja ringan merupakan jenis material dari baja namun bentuknya tipis dan fungsinya setara dengan baja konvensional. Bahannya yang tahan terhadap serangan rayap, membuat baja ringan kerap menjadi alternatif solusi menggantikan kayu sebagai rangka atap rumah.

manfaat baja ringan, kegunaan baja ringan, kelebihan baja ringan dibanding kayu, keunggulan baja ringan, kelemahan dan kelebihan baja ringan
macam-macam model bentuk baja ringan – diminimalis.com

Rangka atap baja ringan dibuat untuk memudahkan perakitan dan pembuatan konstruksi. Meskipun tipis, baja ringan memiliki derajat kekuatan tarik yang tinggi yaitu sekitar 550 MPa, sementara baja biasa hanya sekitar 300 Mpa saja.

Kekuatan tarik dan tegangan ini mampu untuk mengkompensasi bentuknya yang tipis. Ketebalan baja ringan yang beredar sekarang ini berkisar dari 0,4mm – 1mm.

Dalam perhitungan kuda-kuda, baja ringan amatlah berbeda dengan kayu, yakni cenderung lebih rapat. Semakin besar beban yang harus dipikul, jarak kuda-kuda semakin pendek.

Misalnya untuk genting dengan bobot 40 kg/m2, jarak kuda-kuda bisa dibuat setiap 1,4 m. Sementara bila bobot genteng mencapai 75 kg/m2, maka jarak kuda-kuda menjadi 1,2 m.

Manfaat baja ringan yang banyak dipakai sebagai alternatif material kayu ini jelas membantu sekali siapapun yang kurang cocok dengan kayu, baik dari segi kelebihan maupun harganya.

Selain bisa turut menjaga kelestarian lingkungan dengan mengurangi penggunaan kayu, manfaat baja ringan juga awet digunakan hingga puluhan tahun. Inilah alasan lain yang perlu digaungkan agar banyak orang juga mau memakai baja ringan sebagai alternatif.

Manfaat Baja Ringan dan Berbagai Kelebihan yang Dimiliki Sebagai Material Konstruksi Atap Rumah

Seperti sudah disinggung di awal bahwa baja ringan ini bisa dipakai sebagai salah satu alternatif material terbaik pengganti kayu. Biasanya dipakai sebagai rangka atap rumah karena selain kuat juga ringan dan mudah dipasang.

Berikut ini beberapa manfaat baja ringan sekaligus kelebihannya dijadikan rangka atap rumah.

• Bisa Diandalkan untuk Menahan Gempa

Karena bobotnya yang ringan dibandingkan kayu, beban yang harus ditanggung oleh struktur di bawahnya menjadi lebih rendah. Hal ini sangat berguna bagi bangunan yang berada di wilayah rawan gempa.

Pada saat gempa terjadi, rangka atap yang ringan tidak akan membuat bangunan dibawahnya mudah hancur. Sebaliknya, atap baja ringan membantu meredam guncangan yang terjadi di tanah menuju dinding dan atap.

manfaat baja ringan, kegunaan baja ringan, kelebihan baja ringan dibanding kayu, keunggulan baja ringan, kelemahan dan kelebihan baja ringan
pemakaian baja ringan untuk atap rangka atap masjid – diminimalis.com

• Berguna untuk menahan laju api saat kebakaran

Apabila terjadi kebakaran, rangka baja ringan tidak berpotensi membesarkan nyala api. Hal ini sangat berbeda dibanding dengan rangka kayu.

Saat terjadi kebakaran, kayu akan dengan mudah membuat bara semakin membesar, sehingga kerusakan pada bangunan akan semakin parah. Manfaat baja ringan salah satunya ialah mampu menghambat laju nyala api dan setidaknya lebih aman dipakai pada rumah-rumah komplek.

• Tidak mudah diserang rayap

Rangka atap baja ringan bebas dari serangan rayap, sehingga tahan lama dan tak perlu direnovasi terlalu sering.

Sementara kayu membutuhkan lapisan khusus pencegah serangan rayap jika tidak ingin ada rayap yang menggerogoti.

• Pemasangannya relatif lebih cepat dari material kayu

Bila dibandingkan dengan rangka kayu, instalasi rangka baja ringan lebih mudah dan simpel. Apalagi ditunjang dengan bobotnya yang ringan maka satu orang tukang pun sebetulnya bisa.

• Tidak mudah menyusut atau memuai

Baja ringan nyaris tidak punya nilai muai dan susut, sehingga tidak akan berubah meskipun cuaca panas maupun dingin ekstrim. Sementara rangka atap yang terbuat dari kayu lebih rawan memuai dan menyusut seiring jalannya pemakaian dan cuaca.

• Proses pengerjaan/pembuatan lebih cepat

Salah satu kelebihan baja ringan sebagai rangka atap ialah cenderung lebih cepat dibuat dibandingkan rangka kayu yang memerlukan penghalusan dan sebagainya. Baja ringan hanya memerlukan pengukuran yang presisi dan bentuknya pas lalu disambungkan sudah cukup bisa dipakai.

• Tidak perlu pengecatan

Perawatan rangka atap baja ringan tidak memerlukan pengecatan sehingga budget bisa dialokasikan ke yang lain. Karakteristik baja ringan yang tahan terhadap karat membuatnya tidak perlu dilakukan pengecatan.

• Baja ringan material yang ramah lingkungan

Rangka atap baja ringan lebih ramah lingkungan daripada kayu karena jadi mengurangi penggunaan kayu yang diambil dari hutan.

Selain itu, baja ringan bekas atap juga masih bisa didaur ulang untuk dibuat kerajinan tertentu seperti gerobak dan sebagainya.

Baca juga: Jenis-jenis Kayu untuk Konstruksi Rumah Rekomendasi Diminimalis

Kesimpulan:

Sepertinya sudah banyak yang tahu kegunaan dan manfaat baja ringan untuk atap rumah. Meski belum semasif kayu karena memang sudah turun temurun dipakai namun baja ringan tak kalah pamornya.

Bisa dilihat pada berbgai konstruksi bangunan rumah minimalis modern yang tidak sedikit memakai baja ringan sebagai material atapnya. Ini membuktikan bahwa manfaat baja ringan sebagai material yang bagus untuk atap sudah diakui banyak orang.

Tinggal Anda sekarang apakah akan mengikuti jejak mereka-mereka yang sudah memakai baja ringan untuk atap atau tidak. Selain kelebihan, pertimbangkan juga kelemahan baja ringan untuk rangka atap ya.

Mungkin itu saja ulasan dari kami tentang kelebihan dan manfaat baja ringan untuk konstruksi rumah. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa. (ls) editted by RN02102021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *