Menggali Potensi Manfaat Aquascape Agar Tak Hanya Sebagai Penghias Interior Saja

Bagi para penggemar hiasan air tentu sudah tahu berbagai manfaat aquascape dari berbagai sisi. Selain sebagai penghias ruangan, manfaat aquascape lainnya juga berdampak positif secara psikologi. Nah, agar manfaat-manfaat tersebut bisa didapat secara maksimal maka ada skenarionya.

Ada banyak cara mengekspresikan hobi membuat landscape mini yang sering dikenal dengan istilah aquascape. Objek aquascape sendiri selain untuk mengakomodasi hobi, juga bisa membantu menghias interior ruangan. Manfaat aquascape seperti inilah yang banyak menjadi motif seseorang mau mengeluarkan modal besar untuk mewujudkannya.

Jika diamati, hobi aquascape ini tidak hanya digandrungi oleh orang-orang dewasa saja, atau segelintir kalangan “beruang” saja. Namun saat ini kalangan anak-anak hingga remaja sudah banyak yang mendeklarasikan diri pecinta aquascape.

Meski jika sudah bicara soal hobi, biasanya akan cukup susah untuk bilang tidak. Seperti halnya akuarium yang seringkali perlu beli keperluan ini itu yang butuh budget, aquascape juga kurang lebih sama. Tapi tidak ada yang mengeluhkan ini, kira-kira kenapa? Mari kita bahas lebih jauh di artikel kali ini.

Sisi Lain Menggeluti Hobi Aquascape

Mungkin sebagian dari Anda masih penasaran, apa bedanya aquascape dan akuarium? Apakah keduanya sama? Jika beda, apa manfaat aquascape yang tidak bisa didapat dari aquarium dengan segala elemen air di dalamnya?

Perlu diketahui bahwa pada dasarnya, aquascape dan akuarium memiliki kesamaan, yaitu hiasan dalam bentuk wadah yang terbuat dari kaca. Bedanya, bila akuarium diperuntukkan untuk memajang atau memelihara hewan-hewan air seperti ikan hias, aquascape lebih pada landscape taman di dalam air.

 Manfaat aquascape, Manfaat aquascape di dalam rumah, perbedaan aquascape dan akuarium

Aquascape nampak indah dengan penampakan landscapa taman di dalam air – diminimalis.comAquascape juga bisa diartikan sebagai konsep tanaman hias dalam aquarium yang disusun dengan kreatif sehingga menjadikan tanaman tersebut unik dan indah. Elemen aquascape umumnya terdiri dari batu-batuan, kayu, dan ornamen hias lainnya.

Untuk tujuan keindahan, aquascape biasanya dilengkapi dengan hewan air. Ikan hias, udang, kura-kura, atau hewan lain yang berwarna-warni dan punya khas untuk dijadikan hiasan. Meski biasanya ini tidak berlaku sama untuk setiap orang. Ada juga yang hanya ingin menambahkan tanaman di aquascape mereka saja tanpa adanya hewan air, ini justru lebih banyak yang eperti ini.

Beberapa Manfaat Aquascape dan Mengapa Anda Perlu Membuatnya

Meski belum tentu pecinta hewan air suka dengan aquascape, namun biasanya mereka lebih cenderung bertujuan untuk menghias ruangan. Untuk membantu Anda memilih alasan yang tepat perlu membuat aquascape atau tidak di rumah, berikut beberapa manfaatnya:

1. Sebagai elemen untuk memperindah interior rumah

 Manfaat aquascape, Manfaat aquascape di dalam rumah, perbedaan aquascape dan akuarium
Aquascape dapat memperindah interior rumah – diminimalis.com

Sebagaimana akuarium, aquascape juga merupakan elemen yang dapat memberikan efek keindahan tersendiri pada interior rumah minimalis.

Untuk mendapatkan suasana baru yang sejuk dan damai, aquascape bisa Anda adopsi untuk menemani vas bunga di rumah. Jika ingin mendapatkan tema custom, rencanakan saja pembelian perlengkapan aquascape sesuai keinginan.

Jika ingin manfaat aquacspace didominasi batu karang atau pemandangan laut, bisa perbanyak tambahan eksosistem lautnya. Koral, rumput laut, dan kerang bisa Anda pilih untuk ada di dalam aquascape Anda.

2. Dapat dijadikan sebagai media terapi

Menurut penelitian, beberapa penyakit yang melibatkan pikiran dan otak bisa diatasi dengan media terapi tertentu. Nah, apa hubungannya dengan aquascape?

Ternyata, manfaat aquascape di sisi keindahan saat dilihat dapat menetralkan pikiran khususnya bagi orang yang sedang mengalami tekanan/stress. Selain itu, aquascape juga mampu memberikan efek terapi yang efektif bagi penderita autis dan hiperaktif. Bahkan dalam studi tertentu, melihat sesuatu yang tenang mampu membantu menjaga kesehatan jantung.

3. Bisa menjadi sarana penenang pikiran

Manfaat aquascape lainnya juga masih seputar kesehatan psikologis. Siapa sangka bahwa keberadaan aquascape di dalam ruangan rumah juga mampu membuat pikiran jadi tenang. Ketika pikiran Anda kacau, coba saja duduk manis sembari melihat keindahan aquascape di depan mata.

Manfaat aquascape ini tidak hanya akan dirasakan oleh Anda saja sebagai pemilik rumah. Namun juga tamu istimewa yang mungkin berkunjung ke rumah.

4. Melatih kreativitas dan jiwa seni

Seperti halnya sisi positif yang didapat apabila merawat tanaman seperti bonsai, aquascape juga demikian. Anda akan terlatih menjadi pribadi yang sabar dan penuh kreativitas. Selain itu, jiwa seni Anda akan terekspos secara maksimal.

Gerakan yang tenang dan lembut oleh tanaman di dalam air akan membuat perasaan Anda semakin damai dan rileks. Semakin indah Anda merancang aquascape Anda, maka jiwa seni Anda akan semakin terasah.

5. Melengkapi Elemen Interior yang kurang

Tidak jarang para pemilik rumah minimalis kehabisan ide ingin menambahkan elemen interior apa lagi pada rumah mereka. Padahal, ada banyak ide yang bisa diterapkan, salah satunya dengan menambahkan aquascape. Jika Anda mengalami demikian coba saja beralih ke aquascape. Manfaat aquascape akan bekerja sempurna memperindah interior rumah Anda.

Dengan mengadopsi aquascape justru ruangan tidak akan teralihat monoton lagi. Kebanyakan orang mengisi interior dengan benda-benda bernilai mahal namun kurang memberi nilai. Anda bisa cari alternatif lain. Nah, aquascape ini bisa jadi alternatif terbaik untuk mengisi interior ruangan Anda.

Tips Mengatur Penataan Aquascape Agar Berfungsi Maksimal

Memiliki sesutau dalam bentuk hiasan yang sesuai dengan hobi memang menyenangkan. Namun, bukan berarati bisa diatur seenaknya saja. Sebab keeberadaan aquascape dalam ruangan seharusnya mampu berkombinasi dengan elemen lainnya.

Minimal, Anda bisa mengatur dengan baik dimana posisi peletakkannya. Ini berkaitan dengan ukuran aquascape yang nanti akan diletakkan disitu.

Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar aquascape minimalis Anda mampu memberikan dampak positif yang besar.

Memilih Ukuran dan Penempatan Terbaik

Anda bisa membeli ukuran aquascape yang kecil atau besar sesuai dengan selera Anda. Namun, yang tidak kalah penting untuk dipehatikan adalah coba lihat dulu lokasi penempatannya. Jika mau di ruang tamu yang ukurannya lumayan sempit maka tidak perlu ukuran aquascapenya besar.

Ingat tujuan penempatan aquascape Anda sejak awal agar semuanya terencana dengan baik. Kalau sekedar untuk memaksimalkan hobi, penempatan di kamar pribadi Anda pun tidak masalah asal benar-benar aman dari kemungkinan kerusakan.

Baca: Kesalahan Merawat Aquascape ini Jangan Sampai Anda Lakukan

Tambahkan Pencahayaan yang Cantik

Agar kesan aquascape minimalis Anda nampak lebih anggun dan menarik, Anda bisa menambahkan pencahayaan yang cantik di sekitarnya. Pencahayaan ini juga bertujuan agar keindahannya lebih mudah terekspos saat malam hari.

Pilih saja jenis lampu yang diinginkan untuk menerangi area aquascape Anda. Tidak harus yang berharga mahal, asal mampu bekerja sempurna mempercantik ruangan maka tidak masalah.

Jadi sebenarnya tidak sulit jika ingin mengadopsi aquascape ke dalam salah satu ruangan di rumah Anda. Tidak harus hobi dulu memulainya atau sudah lama menggelutinya bertahun-tahun. Anda bisa ikut komunitas aquascape lover lalu coba buat karya maka manfaat aquascape akan lebih dari yang Anda harapkan. (ls) editted by RN17062020

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.