Ini Dia 6 Manfaat Akuarium untuk Kesehatan Psikis

Sepertinya tidak perlu diragukan lagi bahwa para pemilik akuarium adalah tipikal pecinta hewan air. Selain karena ingin mendapatkan sensasi keindahan ruangan dari adanya akuarium tersebut, ada juga beberapa yang memanfaatkannya untuk treatment khusus. Tidak heran, jika beberapa orang bahkan rela merogoh kocek hingga jutaan rupiah untuk membeli akuarium dan isi-isinya.

Ternyata, memang ada lho beberapa manfaat akuarium untuk kesehatan yang jadi incaran sebagian orang. Tentu saja bukan manfaat fisik ya, melainkan secara psikis. Orang yang gemar memelihara hewan, dalam hal ini ikan hias biasanya punya semangat yang berbeda dalam menjalani hidup dibanding dengan mereka yang tidak. Hal ini tersirat dari kepeduliannya merawat dan menjaga hewan tersebut agar tetap hidup, bukan?

Poin pokok yang akan kita bahas kali ini adalah seberapa berpengaruh sih adanya akuarium di rumah dengan kondisi kesehatan psikis pemiliknya? Benarkah ada korelasi yang kuat antara keduanya? Apa saja manfaat akuarium untuk kesehatan psikologis? Mari kita diskusikan.

Tidak Sekedar Agar Ruangan jadi Manis, Akuarium juga Bermanfaat untuk Kesehatan Psikis

Ada banyak manfaat akuarium untuk kesehatan yang bisa didapatkan jika memilikinya. Memang tidak selalu sebanding sih dengan budget yang akan dikeluarkan dari awal, namun setidaknya rasa senang akan tersalurkan.

Selain bisa menjadi sarana untuk mengekspresikan kreativitas, memiliki akuarium juga membantu menghilangkan stres karena sekalian menyalurkan hobi. Dari sisi kesehatan psikis, tentu penat Anda bisa jadi akan langsung hilang jika sudah melihat aktivitas ikan yang bergerak lembut di akuarium.

 manfaat akuarium untuk kesehatan, manfaat akuarium bagi kesehatan, fungsi akuarium, akuarium indah, aquarium indah, membuat akuarium indah

meja dengan akuarium berisi ikan hias – diminimalis.coma

Ditambah lagi, gemericik air juga bisa jadi pemidu mood yang bagus saat berada di dekat akuarium tersebut. Secara visual, akuarium juga menyumbang kesejukan ruangan dan membuat udara jadi lebih lembab.

Lain lagi dari sisi seni, Anda dapat mengeksplorasi nilai-nilai artistik pada akuarium sesuka hati. Merencanakan mulai dari memilih bentuk dan ukurannya, jenis hewan hias yang dipelihara, hingga penataan elemen dasar akuarium sebagai interiornya sesuai nuansa yang diinginkan. Hal-hal yang menyenangkan seperti itu bisa mempengaruhi mood baik dan pikiran lho.

Suasana hati dan pikiran yang tenang akan mampu memberikan manfaat pada kestabilan jantung. Dalam keadaan tenang dan rileks, maka tekanan darah menjadi normal dan otot-otot syaraf jantung menjadi lemas. Tentu Anda ingin aktivitas harian Anda serba menenangkan bukan? Maka cobalah untuk memiliki akuarium jika belum punya.

Baca juga: Cara Memelihara Ikan di Akuarium dan Kolam Hias Rumah Anda

5 Manfaat Akuarium untuk Kesehatan Pikiran

Pada umumnya, tujuan banyak orang memiliki akuarium adalah untuk mendapat berbagai manfaat keindahan hewan hias yang dipelihara di dalamnya. Namun, untuk memaksimalkan keindahan tersebut tidak selalu hanya bertumpu pada jenis ikan dan hewan hias yang dipelihara saja. Akuarium sebagai representasi habitat hewan-hewan hias juga perlu dibuat dengan desain yang indah agar manfaat lain bisa tercapai.

akuarium indah, aquarium indah, membuat akuarium indah
akuarium dengan tampilan vertikal dilengkapi jam diatasnya – diminimalis.com

Berikut ini beberapa manfaat akuarium untuk kesehatan psikis yang akan Anda dapatkan jika punya akuarium di rumah minimalis Anda:

1. Mampu memberi inspirasi positif

Untuk sebagian orang, adanya akuarium hanya sebatas hiasan yang tidak berdampak apapun pada psikologis. Padahal, bagi sebagian yang lain, hanya dengan melihat keindahan yang terpancar dari visualisasi akuarium ternyata berdampak positif seperti menemukan inspirasi.

Apalagi jika akuarium tersebut diletakkan di dekat jendela maka pasti akan bekerja lebih baik dalam memberi inspirasi lebih. Tinggal beri saja hiasan secukupnya dan melakukannya seperti layaknya para pecinta aquascape profesional.

2. Menjernihkan pikiran

Keindahan akuarium beserta ikan hias di dalamnya memiliki efek positif bagi kesehatan pikiran. Gerakan ikan yang mendayu-dayu kerap kali memberi daya tarik tersendiri sehingga mampu menghanyutkan hati dan pikiran dalam kedamaian.

Dengan memandang gerakan ikan di akuarium, pikiran akan terasa damai dan jernih, sejernih air dalam akuarium tersebut. Tak perlu pergi jauh-jauh lagi untuk merefresh pikiran, dengan memiliki akuarium, kita bisa mendapatkan kesegaran pikiran kapanpun kita mau.

3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi & Jantung

Berdasarkan penelitian medis, keindahan yang terpancar dari dalam akuarium dapat mengontrol dan meredakan ledakan emosi yang berlebihan. Seperti yang telah kami sebutkan di atas, melihat indahnya pemandangan dalam akuarium bisa membuat seseorang menjadi tenang dan rileks. Hal ini tentunya menjadi obat alami untuk mengatasi stres yang dapat menurunkan tingkat kecemasan.

4. Belajar menjadi orang yang berkasih sayang tinggi

Memiliki akuarium berarti wujud kepedulian Anda untuk belajar bertanggung jawab dengan hewan peliharaan. Hal ini akan memacu Anda untuk belajar membangkitkan semangat berkasih sayang kepada sesama makhluk hidup.

Dengan adanya akuarium, anda akan tergerak untuk selalu bersikap baik dan menjaga hewan peliharaan tidak hanya sebagai hiasan, tapi juga bagian dari diri sendiri. Percayalah, Anda akan mendapati diri Anda berbeda dari yang lain secara psikologsi. Ya, hanya dengan memiliki hewan peliharaan, khususnya ikan hias di akuarium.

5. Mengoptimalkan hobi dan menambah kesibukan di waktu luang

Untuk orang-orang yang sudah berusia lanjut atau banyak waktu luang, memiliki akuarium indah di rumah menjadi lebih punya kesempatan untuk punya waktu berkualitas. Kesibukan yang banyak dihabiskan untuk sekedar duduk-duduk manis misalnya, bisa terarahkan untuk memelihara ikan hias dengan suasana hati yang senang.

Secar psikologis, hobi yang bisa tersalurkan menjadi kesibukan harian akan memacu semangat untuk tetap produktif sepanjang hari. Tidak percaya? Silahkan dicoba sendiri ya!

6. Bermanfaat sebagai terapi alzeimer, autis, dan ADHD

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan kepada pasien Alzheimer ketika diminta untuk mendekat ke akuarium dengan ikan-ikan  hias di dalamnya, ada reaksi positif yang timbul. Perilaku pasien alzheimer yang sering agresif berubah menjadi lebih rileks dan tenang.

Ini membuktikan bahwa akuarium yang berisi ikan berwarna-warni dan penuh dengan karang serta koral buatan bisa berefek positif untuk pasien alzheimer. Ternyata, hal yang sama berlaku juga pada pasien penderita autis, efek positif yang timbul dari keindahan akuarium ialah mampu membuat si pasien lebih aktif.

Pada penderita ADHD dimana si pasien sering mengalami kesulitan fokus, akuarium mampu membuatnya mencapai kondisi psikis yang lebih baik. Jadi, memang ada banyak manfaat akuarium untuk kesehatan fisik dan psikis lho. Tunggu apa lagi, jika belum punya segera rencanakan untuk buat yang bagus ya!

Dai sekian manfaat akuarium yang bisa didapatkan, masih ragu untuk memilikinya di rumah? Setelah membaca ini tidak perlu ragu lagi ya. Anda bisa cari tahu dari teman-teman terdekat tentang bagaimana tips terbaik mulai memelihara ikan di akuarium. Semoga sukses.

Mungkin demikian saja penjelasan dan uraian dari kami tentang beragam manfaat akuarium untuk kesehatan psikis. Semoga Anda secepatnya ikut tertular semangat ber-akuarium dari yang lain. Sampai jumpa. (ls) editted by RN13052020


Comment