Siapa bilang meja-meja lama dari kayu tua tidak layak dipajang dan dipakai lagi. Kalau Anda mau, Anda bisa memakeover meja lama menjadi tampilan baru dengan beberapa langkah mudah.

Tidak perlu memanggil tukang untuk melakukan makeover meja lama tadi. Sebab kami yakin Anda bisa melakukannya sendiri tanpa harus banyak keluar biaya membayar tenaga tukang.

Artikel diminimalis kali ini akan coba membantu Anda menemukan ide terbaik bagaimana memakeover meja lama menjadi seperti baru lagi dengan biaya seminimal mungkin.

Tips Sederhana Menyulap Meja Lama jadi Baru

Membuat meja lama yang sudah terlihat tua dan kusam agar terlihat layak digunakan kembali memang bukan perkara mudah.

Setidaknya butuh keterampilan khusus untuk membuat meja yang tampak kusam termakan usia tadi menjadi seperti baru lagi.

Meski begitu, bukan hal yang muskil untuk Anda melakukannya sendiri lho. Semuanya bisa asalkan Anda punya kemauan dan siap budget dengan segala amunisi yang dibutuhkan.

Ketelatenan dan ketelitian dalam mengerjakannya adalah salah dua kunci keberhasilan dari projek ini. Tidak jarang lho yang akhirnya memilih membeli meja baru dibanding memakeover meja lamanya karena alasan tidak punya waktu dan tidak berbakat, sehingga keduanya memang penting.

Makeover meja lama
makeover meja lama – diminimalis.com

Membeli yang baru sebenarnya bukan solusi terbaik karena belum tentu akan seawet meja lama yang sudah ada. Meja lama yang tampak kusam sebetulnya masih bisa digunakan kok, terlebih jika kondisinya masih utuh dan kuat.

Meja yang mungkin sudah turun temurun diwariskan orang tua Anda dulu pastinya memiliki nilai historis yang tidak ternilai. Tugas Anda adalah menjaganya.

Jadi, sayang sekali bukan jika meja yang ‘bernilai’ tersebut dibiarkan tergeletak sia-sia di sudut ruangan begitu saja. Untuk itulah, melakukan makleover atau memolesnnya menjadi seperti baru adalah salah satu jalan alternatif terbaiknya.

Langkah Mudah Makeover Meja Lama

Jika dibanding dengan membeli baru, memakeover tentu punya kelebihan yang di luar perkiraan, diantaranya yaitu biaya yang lebih murah dan Anda jadi punya selingan.

Projek makeover ini akan mengasah kreativitas dan imajinasi Anda dalam menentukan desain barunya.

Untuk Anda yang belum begitu faham dengan apa yang harus silakukan saat makeover meja, silakan ikuti panduan langkahnya berikut ini.

Bersihkan dan cek seluruh bodi meja

Meja yang telah lama digunakan biasanya meninggalkan noda yang sulit dihilangkan begitu saja. Agar meja terlihat rapi dan siap dipoles, bersihkanlah dulu noda tersebut menggunakan cairan pembersih maupun amplas jika kotorannya membandel.

Selain dibersihkan, periksalah kaki-kaki meja tersebut apakah masih kuat atau terbilang sudah rapuh. Jika rapuh sebelum dipoles sebaiknya ganti dulu dengan yang baru agar aman saat hendak dipakai lagi.

Lakukan perubahan atau pembaruan warna

Setelah seluruh bodi meja sudah terlihat bersih dan rapi, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mewarnainya.

Jika meja lama Anda terbuat dari kayu, Anda bisa menggunakan plitur untuk mengubah warnanya jadi baru. Ataupun jika kurang cocok dengan plistur saja, Anda juga mengaplikasikan warna cat kayu favorit Anda.

Agar tidak terkesan monoton dan membosankan, Anda bisa memadukan beberapa warna agar hasil makeover meja lama tadi hasilnya lebih indah.

Tambahkan elemen storage/loker penyimpanan

Bagian bawah meja jika belum ada apapun sebaiknya tidak Anda biarkan kosong. Menambah storage minimalis di bagian bawah meja bisa Anda pertimbangkan lho.

Storage ini bisa Anda fungsikan sebagai tempat menyimpan alat tulis, majalah, atau barang lainnya yang bisa Anda gunakan sewaktu-waktu tanpa harus repot mencarinya.

Selain storage di bagian bawah meja, Anda juga bisa menambahkan vas bunga ataupun hiasan meja berupa miniatur buah-buahan di atasnya agar terkesan lebih ‘hidup’.

Beri tulisan semacam kutipan inspiratif/quotes motivasi

Makeover meja lama
meja dengan quotes – diminimalis.com

Anda tipikal orang yang mudah terpengaruh dengan perkataan orang lain? Jika iya, meja lama Anda bisa Anda tambahkan tulisan quotes/kutipan yang menginspirasi.

Selain mendapatkan suntikan motivasi setelah membacanya, ini juga bisa dijadikan hiasan meja interior ruangan sehingga mengurangi potensi cepat bosan.

Quotes-quotes dari orang terkenal atau publik figur favorit Anda bisa jadoi ide terbaik. Jika sulit menuliskannya secara manual, Anda bisa membuatnya secara online kemudian dicetak dalam bentuk stiker dan menempelkannya di atas permukaan meja.

Permukaan meja bisa jadi papan notulensi

Terkadang mungkin Anda lupa dengan susunan agenda kegiatan yang akan dilakukan. Anda akan sangat terbantu jika di sudut meja difungsikan papan pengingat layaknya whiteboard kecil.

Ini tentu berlaku untuk meja-meja yang dipakai secara khusus di ruangan pribadi Anda ya termasuk dapur atau meja makan minimalis di ruang makan keluarga.

Untuk meja ruangan yang bisa diakses umum seperti ruang tamu, sepertinya kurang tepat karena bisa jadi ada catatan yang bersifat privasi.

Lakukan finishing sebaik dan sebagus mungkin

Langkah terakhir sebagai penutup ialah pekerjaan finishing yang juga merupakan salah satu kunci mendapatkan hasil maksimal dari projek makeover meja lama yang Anda lakukan.

Bila pewarnaan baru dirasa kurang cukup untuk menjadikan meja Anda kurang bagus, Anda bisa coba ide lain yang berkaitan dengan finishing furniture. Browsing di Youtube atau media lainnya yang membahas tentang projek memoles furniture kayu.

Dengan cara itu maka besar kemungkinan hasil kerja Anda akan jauh lebih baik.

Baca juga: Tips Menghias Meja Ruangan [Ruang Kerja] di Rumah

Oke mungkin itu saja sedikit inspirasi untuk Anda yang hendak melakukan makeover meja lama agar menjadi terlihat baru lagi. Anda bisa mengembangkan lagi ide kreatif lain dengan konsep Anda sendiri. Semoga bermanfaat dan semoga berhasil. Salam diminimalis (am). Editted by RN17102021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *