Dunia anak-anak tidak akan pernah bisa dipisahkan dengan yang namanya mainan meskipun terkadang membahayakan dirinya. Wajar sih, asalkan yang diberikan padanya adalah jenis mainan anak yang aman maka kemungkinan ia akan baik-baik saja.

Kenapa perlu memilihkan mainan anak yang aman? Sebagai orang tua tujuannya tentu sebagai upaya melindunginya dari potensi bahaya. Alih-alih ia sedang bermain dengan mainannya, malah bisa-bisa ia terluka dan naasnya berujung celaka.

Jika Anda baru menyandang sebagai orang tua, nampaknya perlu tahu apa saja mainan anak yang aman diberikan padanya.

Di artikel kali ini, diminimalis akan coba memberikan tips mudah membelikan mainan anak yang aman. Mengapa penting? Nanti akan kita bahas juga di bawah ini.

Intinya, saat Anda memfasilitasinya mainan yang aman nantinya saat Anda tinggal Anda bisa aman dan tenang melihat ia bermain dengan mainannya.

Pentingnya Memilih Mainan Anak yang Aman

mainan anak yang aman, tips memilih mainan anak, mainan anak yang berbahaya
mainan anak yang aman haruslah tumpul dan ringan – diminimalis.com

Dari kata terakhirnya saja sudah jelas bahwa tujuan utamanya adalah menjamin keamanan si kecil saat bermain dengan mainannya.

Bukan tidak penting, sebab Anda mungkin juga sering mendengar ada kasus anak mengalami kecelakaan/terluka saat bermain dengan mainannya.

Selain tujuan keamanan, anak-anak jug jadi tidak mudah terbawa arus budaya mainan yang kurang edukatif. Mainan yang tidak aman biasanya kurang/tidak ada nilai edukasinya sehingga perlu diganti dengan yang lebih baik.

Apalagi, anak-anak terutama usia balita perlu sekali dilatih agar motoriknya terus terasah. Dengan memberinya mainan yang bermanfaat, edukatif, dan aman maka ia akan jadi lebih terdidik untuk punya selera bermain yang bagus.

Terutama untuk anak-anak usia kurang dari 5 tahun (balita) yang belum atau masih sulit membedakan mainan tersebut bahaya atau tidak untuk dirinya.

Baca dulu: Tips Menata Mainan Anak untuk para Orang Tua di Rumah

Tips Memilih Mainan Anak yang Aman dan Nyaman untuk Si Buah Hati

Bagi Anda yang masih bingung dan belum yakin saat memilih mainan yang tepat bagi anak Anda, maka tips berikut mungkin bisa membantu Anda.

mainan anak yang aman, tips memilih mainan anak, mainan anak yang berbahaya
mainan anak harus terbuat dari bahan yang aman – diminimalis.com

1. Pilih mainan berukuran besar karena lebih baik daripada yang berukuran kecil

Mainan anak yang berukuran besar umumnya lebih baik dibandingkan mainan yang berukuran lebih kecil. Apalagi jika mengingat seorang bayi/balita yang sangat gemar untuk measukkan apapun ke dalam mulutnya tak terkecuali mainan.

Jika mainan yang diberikan berukuran kecil maka lebih beresiko untuknya. Oleh karenanya, disarankan untuk memilih mainan anak yang berukuran besar supaya tidak mudah dimasukkan muliut dan tertelan oleh buah hati Anda.

2. Pilihlah mainan yang secara bobot ringan

Selain ancaman tersedak akibat mainan berukuran kecil, berat atau ringannya sebuah mainan juga menjadi salah salah pertimbangan yang penting sebelum membeli.

Pilihlah mainan yang bobotnya ringan, sehingga apabila terjatuh tidak beresiko untuk menciderai si anak.

3. Pilihlah mainan dengan bentuk yang tumpul

Sebelum membeli, pastikan jika mainan tersebut tidak memiliki bagian tepi yang tajam sehingga dapat membahayakan keselamatan anak Anda.

Usahakan juga mainan tersebut tidak memiliki bagian-bagian kecil seperti kancing, mata, jahitan kecil dan lain sebagainya yang dapat dengan mudah rusak atau copot karena bisa membahayakan bayi Anda.

4. Pilih mainan edukatif

Pilihlah mainan yang informatif dan edukatif yang mengandung unsur pembelajaran bagi anak Anda. Dengan memberikan mainan dengan model seperti ini, maka otak motoris anak akan semakin terlatih untuk berkembang.

Contoh mainan-mainan edukatif yang bisa Anda pilih misalnya mainan berbentuk hewan dan tulisan yang mampu mendorong mereka untuk berpikir kritis serta melibatkan koordinasi semua anggota tubuhnya.

Baca juga: Ini harus diketahui sebelum menentukan desain ruang bermain anak

5. Lakukan inspeksi sebelum membeli

Lakukanlah inspeksi terhadap mainan yang akan dibeli. Caranya adalah dengan menyesuaikan usia dengan mainan untuk anak Anda.

Anak balita mungkin akan menggigit cukup sering saat gigi mereka mulai tumbuh. Jadi sebaiknya pilihlah mainan dengan bahan yang aman, kuat dan lentur serta tidak membahayakan.

Jadi, bisa ditarik kesimpulan bahwa memilih mainan anak yang aman juga menjadi bagian penting perhatian orang tua terhadap anaknya.

Jika anak aman dalam bermain maka orang tua juga tidak perlu risau saat meninggalkannya asyik bermain. Tidak hanya memilih yang aman, rekomendasi kami juga Anda bisa memberikan mainan yang edukatif agar ia bisa bermain sambil belajar.

Mungkin demikian saja ulasan kami tentang tips memilih mainan anak yang aman dan edukatif untuk buah hati Anda di rumah. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa. (ls) editted by RN07102021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *