Macam-macam obat kolam renang cukup banyak, namun kali ini diminimalis akan mengulas 3 jenis obat yang umum digunakan untuk water treatment.

Dengan mengenal jenis obat kolam renang tersebut, Anda bisa melakukan perawatan kolam renang sendiri. Dengan melakukan perawatan kolam renang secara mandiri, Anda akan bisa menjaga kestabilan air supaya tetap aman digunakan untuk berenang.

Macam-macam obat kolam renang untuk water treatment

Beberapa obat-obatan kolam renang yang umum digunakan untuk perawatan kolam renang diantaranya.

1. HCL

HCL adalah bahan kimia dari struktur molekul atom yang terdiri dari atom Hidrogen (H) dan klorin atom (Cl). Karena reaksi kimia antara H dan Cl electronegatif maka HCl bisa larut ke dalam air.

Hcl digunakan untuk menurunkan pH dalam air atau kaporit yang berlebihan agar air kolam tetap bersih. Kadar pH dipengaruhi cuaca atau obat kimia lain yang kurang seimbang, karena dapat menstabilkan pH, HCL berperan penting dalam pengobatan air kolam.

Bahaya HCL pada air kolam renang, bahan kimia yang digunakan dalam pengobatan kolam renang pada umumnya sangat berbahaya bila tidak sesuai dengan dosis yang dibutuhan air kolam.

Karena hal ini dapat merusak lapisan HCL dinding kolam, terutama nat pada porselen tepi kolam renang.

Pada dosis tertentu, HCL dapat menyebabkan lantai kolam renang menjadi kuning seperti bintik-bintik. Dalam waktu yang lama, HCL bisa membuat pipa atau logam yang berada di dalam air menjadi rapuh dan rusak.

2. TERUSI

 macam-macam obat kolam renang, harga obat kolam renang, obat kolam renang dan fungsinya, obat pembersih kolam renang
terusi – (macam-macam obat kolam renang)

Terusi atau dengan nama lain adalah senyawa trivia CuSO4, memiliki bentuk kristal kebiruan. Terusi berfungsi sebagai algesite untuk mencegah pertumbuhan lumut, juga digunakan untuk membirukan air kolam renang.

Terusi bisa mengendalikan organisme pembunuh mikro di kolam air, sehingga air bisa tetap jernih.

3. Tawas

Tawas merupakan bahan lain untuk menjernihkan air, yang berfungsi untuk membentuk flokulasi dalam air sehingga pengendapan partikel-partikel lebih cepat.

 macam macam obat kolam renang, harga obat kolam renang, obat kolam renang dan fungsinya, obat pembersih kolam renang
tawas -(macam-macam obat kolam renang)

Demikian ulasan kami tentang macam-macam obat kolam renang. Baca juga efek samping kaporit untuk kolam renang untuk menambah referensi Anda terkait seputan kolam renang dan cara merawat kolam renang yang tepat, semoga bermanfaat. (ls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *