Macam-macam Desain Dapur yang Cocok untuk Rumah Minimalis

Keberadaan dapur sebagai “pabrik”nya makanan yang dikonsumsi setiap hari jelas sangat penting diperhatikan bagaimana desainnya. Ya, dapur memang jadi salah satu yang amat penting untuk diperhatikan jika sebuah rumah ingin disebut representatif. Tidak hanya soal interiornya saja yang mesti jadi perhatian. Namun, dimulai dari memilih konsep dapur seperti apa yang akan Anda terapkan.

Ada banyak macam-macam desain dapur yang bisa diadopsi ke dalam rumah minimalis Anda. Desain viktoria, gaya klasik, modern hingga model desain dapur terbuka sangat bisa untuk Anda terapkan. Kuncinya ada pada pemilihan tema, gaya, dan konsep dasarnya. Jika pemilihan tema dan konsepnya sudah tepat maka soal interiornya akan lebih mudah diatur.

Mengenal Macam-macam Desain Dapur

Kami akan bagi dua pembahasan macam-macam desain dapur yang banyak dikenal. Yakni, berdasarkan model gayanya dan satu lagi bentuk penataan furniturenya.

Desain Dapur Berdasarkan Gaya

Saat ini, semakin berkembangnya teori desain rumah minimalis, semakin banyak pula ide desain yang berkembang. Pada desain dapur ada setidaknya dua model gaya yang dikenal dan biasa diterapkan pada rumah minimalis modern. Kita akan bahas pada uraian di bawah ini.

Macam-macam Desain Dapur, desain dapur minimalis 3x3, macam macam desain dapur dan bentuknya, desain dapur victoria, desain ruang makan mewah, desain interior rumah klasik eropa

desain dapur victoria kental dengan elemen kayu – diminimalis.com

Desain Dapur Victoria

Satu dari sekian macam-macam desain dapur yang cukup populer adalah gaya victoria. Model ini tidak fokus pada penataan furniture namun pada perpaduan warna interiornya. Dapur bergaya Victoria merupakan desain dengan nuansa ningrat ala kerajaan Inggris di masa lalu.

Desain dapur victoria sejatinya tidak selalu berukuran besar untuk menampung banyak furniture. Karena, pada umumnya konsep dapur victoria ini tidak tampil terpisah, melainkan menyatu dengan ruang lain seperti ruang makan dan keluarga. Konsep santai tanpa sekat inilah yang membuat desain Victoria cocok untuk diterapkan pada rancangan rumah minimalis.

Untuk menguatkan gaya Victoria di ruang dapur, kabinet bisa dibuat bercorak warna putih dan ditambahkan elemen material kayu. Sedangkan pada area makan, bisa dicoba dengan menambahkan meja dapur minimalis berkaki besi yang disandingkan dengan kursi berbahan kayu.

Untuk aksen warna pada furniture, akan lebih cocok bila Anda mencampurkan warna abu-abu agar terkesan “calm”. Sedangkan untuk meja yang ada di tengah-tengah dapur akan lebih tepat bila diberikan warna gelap.

desain dapur klasik, desain dapur klasik minimalis, gambar kitchen set

dapur klasik yang menyatu dengan ruang makan dengan gaya formal – diminimalis.com 

 

Desain Dapur Klasik

Selanjutnya, desain dapur klasik juga cocok untuk diterapkan pada rumah minimalis modern saat ini. Konsep ini sangat cocok untuk keluarga yang menyukai tema kolosal dan nuansa masa lampau.

Alasan lain dapur klasik banyak digemari adalah karena tata interiornya yang bisa lebih tertata dan dapat disesuaikan dengan berbagai ukuran rumah. Banyak ibu rumah tangga memilih desain dapur klasik dengan alasan kenyamanan dan kesan megah dalam penataannya.

Berbeda dengan victoria, umumnya dapur klasik memang tetap cukup bagus bila berdiri sendiri. Namun dalam pola penataan interiornya akan lebih bagus lagi secara tampilan jika digabung dengan ruangan lain. Jangan kahwatir, kesan klasik tetap akan bisa didapatkan meski menyatu dengan ruangan lain seperti ruang makan.

Untuk menambahkan kesan klasik pada dapur minimalis, bisa diusahakan dengan menambahkan beberapa komponen material berupa elemen batu alam. Bisa juga dengan melengkapi sentuhan lantai berbahan keramik motif aksen pastel yang bercorak. Untuk lebih menguatkan nuansa klasik, tambahan lukisan bertema alam pada dinding dapur atau ruang makan.

Desain Dapur Berdasarkan Bentuk Penataannya

Selain berdasarkan gaya, ada juga pembagian macam-macam desain dapur berdasarkan model penataan interiornya, yaitu:

1. Dapur Linear

Tipe desain dapur yang satu ini menyerupai bentuk garis linear dan cocok untuk ruang sempit serta memanjang. Bentuk dapur ini terbilang yang paling sederhana dibanding lainnya.

Susunan kitchen set memanjang dalam satu garis linear termasuk peletakan elemen furniture dapur sehat seperti keranjang sampah. Adapun hal yang perlu diperhatikan agar model dapur jenis ini bisa berfungsi maksimal adalah mengatur strategi penempatan kompor dan kitchen set.

Letakkan kitchen set di bagian tengah antara kompor dan kulkas. Tujuannya ialah agar tetap bagus dan memudahkan pergerakan meski secara tampilan tersusun dalam satu baris.

Kelebihan utama dari tipe dapur ini adalah desainnya yang hemat tempat, yang artinya sangat bisa diterapkan pada rumah dengan dapur minimalis. Hanya saja, memang ruang geraknya menjadi sangat terbatas.

2. Tipe Dapur U

Tipe dapur ini cocok diaplikasikan pada rumah minimalis yang sedikit lebih luas. Bentuknya yang membentuk huruf U mengitari ruangan, memang membuatnya hanya punya satu akses masuk. Namun, kelebihan dapur tipe U adalah mampu menciptakan ruang penyimpanan yang lebih luas dan lapang.

Pada umumnya, dapur tipe U tidak hanya hanya terdiri dari furniture dan meja hidangan saja. Namun juga bar di rumah minimalis biasanya diadopsi untuk menghasilkan kesan yang fleksibel, santai, mewah, dan elegan.

3. Dapur Island

Dapur tipe ini sangat populer di rumah-rumah bergaya Eropa dan Amerika. Konsep dasarnya ialah dapur yang tergabung langsung dengan ruang makan. Alasan kenapa dapur jenis ini dikenal dengan tipe island (pulau) adalah karena tampilannya yang seperti membentuk suatu pulau.

Hal ini lantaran furniturenya yang mengelilingi empat sisi dinding dan meja makan di tengah area dapur. Meja yang berada di tengah-tengah ini fungsinya cukup beragam. Mulai dari sekedar tempat menyiapkan bahan masakan, sajian hidangan, hingga bersantap.

4. Dapur L

Dapur tipe ini adalah hasil dari penataan interior sedemikian rupa sehingga membentuk huruf L. Dapur jenis ini memiki dua buah kabinet dapur yang disusun tegak lurus sehingga membentuk sudut 90 derajat.

Dapur model ini mampu menciptakan sistem sirkulasi udara yang optimal dan ruang gerak yang maksimal untuk melakukan berbagai aktivitas di dapur. Bentuknya yang menyiku dengan salah satu sudut bebas pakai  akan memberikan space khusus untuk meletakkan benda-benda dapur tertentu.

5. Dapur Koridor

Dapur jenis ini cocok untuk ruangan berbentuk persegi yang biasanya dimiliki jika tinggal di apartemen. Lay out desain-nya menonjolkan pada kedua sisi dinding yang saling berhadapan. Tipe dapur ini terbilang efisien karena area kerjanya terbagi menjadi dua sisi yang saling berhadapan.

Dengan model seperti ini, Anda bisa mengatur dapur menjadi dua bagian yang berbeda fungsi, satu sisi untuk area memasak dan satunya lagi untuk penyimpanan. Tentu ini hanya sekedar saran, Anda bisa pertimbangkan hal lain sesuai keinginan.

6. Dapur double line

Dapur tipe ini membentuk dua garis sejajar. Hal ini dibuat untuk mempermudah aktivitas memasak di dapur. Dimana dua sisinya bisa difungsikan sebagi dapur bersih dan kotor.

Pada awalnya, model ini diadopsi dari kabin pesawat, kemudian dalam perkembangannya ternyata cocok untuk diterapkan pada dapur minimalis. Kelebihan dari dapur ini ialah pemisahan antara area dapur bersih dan kotor jadi lebih jelas sehingga tidak campur aduk. Sementara kekurangannya, kurang efisien dari sisi tenaga untuk bolak balik mencapai satu sisi ke sisi lainnya.

Mungkin demikian penjelasan dan uraian dari kami tentang macam-macam desain dapur untuk rumah minimalis. Apapun pilihan Anda, kami sarankan pertimbangkan banyak hal dengan baik dan bijak. Semoga bisa jadi referensi terbaik untuk Anda menentukan model dapur yang tepat. (ls) editted by RN02052020


Comment