Pada rumah minimalis modern, sirkulasi udara adalah bagian yang cukup penting untuk diprioritaskan. Tidak ada alasan lain selain bahwa dengan pergantian udara keluar masuk yang bagus, maka kesehatan rumah akan lebih terjaga.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk media akses udara keluar masuk rumah adalah dengan menambahkan loster. Mendesain loster rumah minimalis sendiri sebetulnya tidak ada yang susah/rumit, yang membedakan hanyalah bentuk dan bahannya. Yang mana harus dipilih yang paling sesuai.

Nah, dari bentuk dan bahannya inilah nanti akan tercipta desain loster rumah minimalis yang benar-benar membuat hunian nampak berbeda. Tidak hanya berfungsi sebagai media sirkulasi udara saja, loster ini tujuannya untuk membantu berkontribusi mempercantik sebuah ruangan.

Namun sebelum kita bicara soal bagaimana desain loster rumah minimalis yang bagus, kita bahas yang lain dulu. Kita gali pengertian apa itu loster dan keuntungannya ketika ada pada rumah minimalis.

Apa itu Loster?

Loster sendiri adalah semacam dinding yang tersusun atas balok-balok berlubang kecil beraturan. Loster ini merupakan lawan dari dinding tanpa lubang sirkulasi. Loster banyak dipakai pada rumah minimalis sebagai penguat kesan hunian yang sehat.

Keberadaan loster sendiri belum terlalu dikenal sebagai tren desain. Sebab penerapannya lebih banyak cocok pada rumah minimalis modern. Sehingga, tidak haran jika baru bebrapa dekade terakhir saja konsep ini mulai terlihat. Meskipun dulu pernah ada, namun belum seperti sekarang.

Keuntungan Menambahkan Loster

Di daerah beriklim tropis yang cenderung panas seperti Indonesia ini jelas sangat cocok jika rumah minimalis dipasangi loster. Rumah yang menggunakan loster akan berbeda secara fungsi dan tampilan. Kesan yang didapat juga tentu saja berbeda karena memang sebagai pembeda.

Baiklah, mari kita bahas apa saja keuntungan yang akan Anda dapatkan jika menambahkan loster.

Pertama, loster sebagai media sikulasi udara

Seperti yang sudah sedikit kita singgung di atas, bahwa loster ini bisa berfungsi sebagai media sirkulasi udara. Misalnya jika dibuat sebagai salah satu dinding ruangan, maka bisa dipastikan ruangan tersebut akan terasa lebih sejuk lantaran udara jadi sering berganti keluar masuk.

Kedua, loster sebagai partisi

Sebagai salah satu bagian dari jenis dinding, loster ini bisa dimanfaatkan sekaligus sebagai partisi. Membuat dinding bertema loster ini cukup mudah karena memang tinggal menyusunnya membentuk dinding seperti halnya batu bata/batako.

Ketiga, loster sebagai penunjang keindahan

Fungsi ini secara otomatis ada jika Anda tepat dalam memilih model dan material loster yang sesuai. Loster sendiri ada banyak macamnya. Jika Anda bisa memilih yang tepat, loster ini akan berperan besar dalam menciptakan ruangan yang indah. Bayangkan saat siang hari, matahari akan masuk ke dalam ruangan melalui celah-celah kecil. Estetika semacam ini hanya bisa didapat dari pemasangan loster bukan?

loster rumah minimalis
loster rumah minimalis – diminimalis.com

Bentuk, Material, dan Contoh Loster Rumah Minimalis

Bahan pembuat desain loster rumah minimalis sendiri saat ini sudah cukup beragam. Loster beton, kayu, dan tanah liat yang dibakar menjadi bahan yang paling sering ditemui di toko-toko bangunan. Fungsinya yang cukup banyak menjadikannya sering dipilih untuk melengkapi desain rumah minimalis masa kini. Tidak hanya bisa dipasang pada area indoor saja, loster juga bisa dipakai material penyusun pagar yang berarti outdoor.

Penggunaannya yang berbeda tentu saja jenis loster yang dipilih juga lain. Antara penggunaan indoor dengan outdoor tentu memiliki bahan dan bentuk yang berbeda. Ketepatan Anda dalam menentukan bahan dan bentuk loster itu sendiri akan semakin memperindah tampilan rumah. Jadi, kuncinya adalah memilih material loster terbaik.

Mengenal Material Loster Rumah Minimalis yang Sering Dipakai

Seperti kita ketahui bahwa ada beberapa material pembuat loster yang ada di pasaran. Semuanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Mari kita kenali satu-satu beberapa diantaranya.

Loster kayu

Loster rumah minimalis berbahan kayu ini saat ini masih menjadi primadona. Bentuknya yang sangat variatif dan kesan natural yang ditimbulkan menjadi nilai lebih dibanding bahan loster lainnya. Loster jenis ini tidak hanya cocok dipakai pada rumah minimalis saja, rumah modern hingga klasik pun cocok menggunakannya.

Kekurangan bahan kayu yang tidak tahan terhadap air harus benar-benar dipertimbangkan. Loster ini tidak cocok dipakai pada area outdoor yang mana sering terkena air hujan. Jika dipaksakan maka jangan heran, akan cepat rusak. Jadi, loster kayu paling cocok untuk dipakai dalam rumah (indoor).

Loster beton

loster rumah minimalis
desain loster beton – diminimalis.com

Jika Anda hanya memiliki sedikit anggaran untuk membeli loster kayu yang sedikit lebih mahal, loster  beton bisa jadi alternatif pilihannya. Loster yang terbuat dari campuran pasir dan semen ini tergolong murah namun memiliki ketahanan yang lebih baik dibandingkan bahan lainnya.

Jika Anda memilih loster beton ini, Anda hanya tinggal memolesnya dengan cat agar tampilannya semakin terlihat indah.

Loster keramik

Sesuai dengan namanya, loster jenis ini memang terbuat dari bahan keramik. Rumah berkonsep klasik dan mewah paling sering menggunakan loster jenis ini untuk area ventilasinya. Rumah minimalis Anda akan tampak elegan jika menggunakan loster bahan keramik ini.

Meski harga loster keramik paling mahal, namun jika hasil desainnya bagus, tidak ada salahnya dicoba.

Jadi pada kesimpulannya, jika Anda memiliki rumah berkonsep minimalis, penggunaan loster ini akan sangat membantu. Anda lihat saja fungsinya yang sudah dibahas di atas. Meski bagus, tetap saja penggunaannya tidak boleh terlalu over agar agar hasilnya bisa tetap sesuai dengan harapan.

Hal lain yang tidak boleh dilupakan adalah penyesuaian dengan budget yang Anda miliki. Pilih loster terbaik dengan biaya seminimalis mungkin.

Sebelum diakhiri, ada satu jenis loster yang sudah lama dipakai orang Indonesia yaitu loster minimalis tanpa pengisi. Loster ini tidak begitu kami rekomendasikan untuk loster rumah minimalis Anda dikarenakan bentuknya yang monoton dan berdimensi terbatas (tidak lebih dari 15 cm). Anda pilih saja salah satu yang jenis loster rumah minimalis yang sudah kami rekomendasikan di atas. Sesuaikan dengan budget Anda agar biaya pembuatan tetap terkontrol. Semoga bermanfaat, salam diminimalis (am). Editted by RN03022021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *