Loster merupakan salah satu material bangunan yang dipakai untuk mengalirkan udara dari luar ke dalam ruangan atau sebaliknya agar terasa lebih sejuk. Loster minimalis juga memiliki nama yang berbeda pada daerah tertentu seperti, kerawangan, batu angin, jalusi hingga ventilation block dalam bahasa inggris.

Secara umum, loster memiliki rongga di bagian tengahnya sebagai tempat keluar masuknya udara dengan bentuk yang beragam. Di pasaran akan dengan mudah Anda menemukan model loster, tinggal pilih sesuai keinginan karena tentu harganya juga berbeda.

loster minimalis
loster minimalis sebagai elmen dekoratif – diminimalis.com

Loster biasanya memiliki bentuk unik yang akan semakin terlihat indah jika terpapar sinar matahari. Bayangan loster yang estetik akan menambah kesan dan nilai tersendiri pada rumah Anda. Bahan pembentuk loster juga sangat beragam, ada loster berbahan beton hingga dari material kayu minimalis yang akan mengesankan kesan alami pada rumah minimalis Anda.

Fungsi Loster pada Rumah Minimalis

Rumah yang memiliki tambahan loster akan berbeda secara fungsi dan tampilannya. Baiklah, kira-kira apa saja keuntungan dari menambahkan loster?

Sebagai media sirkulasi udara

Fungsi pertama dari loster ialah sebagai media sirkulasi udara. Pentingnya sirkulasi udara seperti kita ketahui bersama sangatlah urgent, apalagi jika bicara soal kesehatan selama menempati rumah tersebut.

Penempatannya di salah satu dinding ruangan akan membuat ruangan panas tersebut terasa lebih sejuk. Tentu ini jadi keuntungan tersendiri buat Anda dan keluarga.

Sebagai media partisi

Sebagai salah satu bagian dari elemen dinding, loster juga bisa dimanfaatkan sebagai elemen partisi. Anda bisa membuat dinding bertema loster dan kesannya akan cukup indah dilihat. Jika disusun dengan baik maka akan membentuk dinding yang estetis seperti halnya batu bata/batako.

Sebagai penunjang estetika

Fungsi ini secara otomatis Anda dapatkan jika Anda tepat dalam memilih model dan material untuk loster yang sesuai. Loster sendiri macamnya ada banyak. Jika Anda bisa memilih yang tepat, loster ini akan berperan besar dalam menciptakan ruangan yang indah.

Saat siang hari, matahari akan masuk ke dalam ruangan melalui celah-celah kecil loster yang Anda buat. Ruangan jadi tidak terasa gelap lagi, bukan?

Tips Memilih Loster Minimalis

Desain dan bentuk loster yang beragam tentunya akan memudahkan Anda dalam pemilihannya, namun Anda harus hati-hati. Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut agar loster yang Anda gunakan tidak sekedar berfungsi sebagai ventilasi namun juga sebagai aksen dekoratif yang akan menambah kesan indah pada rumah.

  • Jenis dan motif

Ketepatan Anda saat memilih jenis bahan dan motif loster berperan besar dalam menciptakan rumah yang segar dan indah. Untuk rumah minimalis yang Anda miliki sebaiknya gunakan loster minimalis berbentuk sederhana yang terbuat dari beton. Model loster beton ini selain awet juga memiliki bentuk desain banyak yang akan memudahkan Anda.

Untuk desain rumah lainnya bisa menyesuaikan dengan bentuk loster yang diinginkan. Satu tips untuk Anda yang memilih loster kayu untuk rumahnya. Lapisi dengan cairan anti rayap pada loster agar tidak mudah rusak oleh rayap.

  • Mendukung tampilan dinding

Membuat ventilasi di dalam rumah tidak harus menggunakan loster. Hal ini dikarenakan faktor tampilan dinding yang berbeda pada rumah. Jangan sampai Anda memaksakan diri menggunakn loster pada dinding rumah yang tidak cocok dikarenakan akan merusak tampilan interior rumah.

Untuk menyiasati tampilan dinding yang tidak mendukung pemasangan loster Anda bisa membuat lubang langsung yang dibuat sedemikian rupa sebagai ventilasi ruangan.

  • Ukuran
loster minimalis
ukuran yang sesuai – diminimalis.com

Selain jenis dan bentuk, loster juga memiliki ukuran yang berbeda-beda juga. Anda tinggal menyesuaikan ukuran loster dengan kebutuhan ruangan. satu hal yang perlu diperhatikan saat memilih ukuran loster adalah kesan yang ingin dihadirkan. Jika Anda menginginkan kesan terbuka pada ruangan, pemilihan loster minimalis berukuran besar bisa menjadi pilihan.

Pada prinsipnya, dalam menciptakan loster minimalis yang efektif dan berfungsi dengan baik perlu perencanaan yang matang. Dimulai dari memahami fungsi dan perannya, hingga mempertimbangkan berbagai model yang ada. Semoga apa yang Anda impikan dari sebuah rumah minimalis bisa tercapai dengan baik.

Mungkin itu saja ulasan singkat dari kami mengenai tips memilih loster minimalis yang tepat sebagai elemen dekoratif. Semoga menginspirasi, salam diminimalis (am) editte by RN17052021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *