Banyak orang tidak sadar bahwa menempati lokasi rumah yang ideal adalah sama dengan investasi. Baik itu investasi kenyamanan maupun nilai jual di masa yang akan datang.

Saat berburu hunian, agar setidaknya Anda akhirnya menemukan lokasi rumah yang ideal, perlu ada beberapa poin yang harus diperhatikan.

Di postingan kali ini Diminimalis akan coba membahasnya dalam beberapa hal penting tersebut. Harapannya bisa Anda jadikan gambaran dasar tentang bagaimana kiat terbaik membangun atau membeli rumah jadi di lokasi terbaik.

Pentingnya Memiliki Rumah dengan Lokasi Ideal [Strategis]

Perlu dipahami bersama bahwa rumah yang berada di lokasi ideal berarti dari sisi manapun menguntungkan. Ideal disini bisa disamakan dengan strategis secara lokasi, sebab artinya punya keistimewaan dalam posisi letak dan lingkungan sekitarnya.

Berikut ini beberapa alasan penting kenapa perlu mencari lokasi rumah yang ideal alias strategis.

1. Rumah adalah tempat tinggal jangka panjang

Tentu tujuan Anda membangun/membeli rumah adalah agar bisa dijadikan tempat tinggal puluhan tahun bukan? Nah, kalau dari sisi lokasinya saja kurang ideal bagaimana mungkin akan membawa kenyamanan hingga beberapa tahun kedepan.

2. Akses kemanapun jadi lebih mudah

Untuk Anda yang tinggal di daerah yang cukup jauh dari jalan raya atau keramaian pasti merasakan sendiri tidak enaknya mau kemana-mana.

Ya, punya rumah yang seperti terisolir bisa jadi hal yang tidak nyaman sama sekali. Utamanya ketika Anda punya rutinitas yang mengharuskan keluar rumah setiap hari.

Dengan punya rumah di lokasi yang ideal maka hal-hal seperti ini kecil kemungkinannya untuk anda alami.

3. Bisa menjadi aset investasi jangka panjang

Rumah yang Anda miliki meskipun berniat menempatinya dalam waktu yang lama pasti tidak selamanya jadi rumah Anda. Sebab bisa jadi ada hal yang menyebabkan Anda perlu pindah seperti ingin beli rumah baru yang lebih bagus atau sekedar ingin dijual untuk menutup kebutuhan.

Nah, jadi salah satu tips memilih lokasi rumah yang ideal dan strategis. Dengan memiliki rumah di lokasi ideal dan strategis maka ketika mematok harga jual/sewa bisa lebih tinggi.

Calon pembeli atau penyewa juga akan memaklumi dengan patokan harga dari Anda mengingat kestrategisan rumah tersebut.

Dari tiga alasan itu sepertinya cukup untuk membuat Anda meluangkan waktu untuk bagaimana caranya mendapatkan lokasi rumah yang ideal.

 Menentukan lokasi rumah yang ideal, tips memilih posisi rumah di perumahan, tips memilih letak rumah di perumahan
Menentukan lokasi rumah yang ideal haruslah dilakukan dengan pertimbangan yang matang – diminimalis.com

Tips Mencari Hunian dan Kriteria Lokasi Rumah yang Ideal dan Strategis

Bagi seorang yang sudah dewasa atau telah berumah tangga, rumah pertama adalah salah satu target yang perlu dipersiapkan dengan matang, setidaknya dari pemilihan lokasinya.

Lalu apa sajakah hal yang harus Anda pertimbangkan dalam penentuan lokasi rumah? Berikut pembahasannya.

Kestrategisan dan kemudahan akses

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan dalam mencari lokasi rumah adalah kecermatan dalam mengamati perkembangan potensi lingkungan.

Saat memilih lokasi hunian Anda dapat mempertimbangkan akses jalan, fasilitas umum, kemudahan transportasi umum, lokasi sungai besar terdekat, dan lain sebagainya.

Anda pun dapat mencari informasi secara online maupun langsung bertanya pada rekan-rekan yang memahami daerah yang akan Anda pilih sebagai lokasi hunian.

Dengan mempertimbangkan hal ini maka kedepannya rumah Anda ketika sudah dihuni akan mudah ketika hendak kemana-mana.

Aspek legalitas

Hal penting berikutnya yang perlu Anda pertimbangkan saat mencari hunian adalah aspek legalitasnya. Anda dapat bertanya pada pihak developer mengenai copy sertifikat induk terkait tanah dan hunian yang akan Anda pilih.

Hal ini untuk memastikan keabsahan status kepemilikan tanah yang akan dikembangkan. Pemecahan Sertifikat Induk menjadi SHM atau SHGB atas kavling yang dipilih tentunya tidak jadi masalah.

Anda pun dapat menanyakan hal ini pada kantor kelurahan atau kecamatan setempat. Untuk rumah yang sedang atau sudah dibangun Anda dapat bertanya lebih terperinci tentang AJB, PHTB, SHM/SHGB, IMB, dan lainnya.

Sarana dan Prasarana

Sarana dan prasarana ini lebih familiar disebut dengan istilah fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial. Diantara fasilitas umum yang perlu ada ialah sumber air bersih, jalan lingkungan, penerangan jalan sekitar dan saluran drainase di sekitar hunian.

Sedangkan untuk fasilitas sosial, diantaranya adalah tempat ibadah, pos keamanan, taman, lapangan, dan area terbuka lainnya. Fasilitas-fasilitas tersebut penting untuk dipastikan ada agar aktivitas Anda dan keluarga nantinya lebih terjamin kenyamanannya.

 Menentukan lokasi rumah yang ideal, tips memilih posisi rumah di perumahan, tips memilih letak rumah di perumahan
kondisi hunian yang bagus, akan membuat Anda nyaman saat tinggal di dalamnya – diminimalis.com

Kondisi bangunan

Hal yang perlu dipertimbangkan berikutnya saat membeli rumah selain lokasi adalah kondisi dari rumah yang akan Anda beli.

Anda perlu memperhatikan lokasi, umur bangunan serta material bangunannya, supaya Anda dapat memahami hal apa saja yang diperlukan ketika Anda menghuninya.

Beberapa hal di atas layak untuk Anda perhatikan ketika akan membeli rumah baru siap huni. Bahkan, jika akan membangun rumah dari nol pun, lokasi tetap menjadi hal penting yang harus dipertimbangkan.

Mungkin itu saja dulu ulasan singkat tentang tips menemukan lokasi rumah yang ideal dan strategis. Semoga bermanfaat. (ls) editted by RN09092021

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *