by

Listrik Rumah Padam Sendiri, Jangan Panik! Ikuti 5 Solusinya Berikut ini..

-Umum-177 views
Listrik Rumah Padam Sendiri
Listrik Rumah Padam Sendiri

Pemadaman listrik secara bergiliran di seluruh wilayah Indonesia sering terjadi, tetapi kejadian yang jarang terjadi adalah listrik rumah padam sendiri secara tiba tiba sedangkan anda sedang melakukan pekerjaan yang sangat penting atau anda sedang di rumah sendirian, jangan panik dulu & jangan terburu buru memanggil petugas dari PLN.

Bagi anda yang awam dengan kelistrikan, ada baiknya anda mempelajari sedikit tentang penyebab terjadinya listrik rumah padam sendiri.

Karena dengan anda mengetahui penyebab istrik rumah padam sendiri maka anda tidak perlu memanggil petugas PLN, dan jika penyebab matinya listrik belum di temukan baru lah anda bisa memanggil petugas PLN.

Tetap Tenang Ketika Listrik Rumah Padam Sendiri

Jika terjadi listrik mati yang dari PLN biasanya listrik rumah tetangga anda juga mati. Tetapi kali ini sesuatu yang jarang terjadi, yaitu listrik dirumah anda saja yang mati. Tentu ini akan membuat anda bingung jika anda tidak memahami tentang kelistrikan.

Berikut beberapa hal yang harus anda lakukan jika listrik rumah padam sendiri

Kita semua pasti tahu jika sering listrik rumah padam sendiri bisa berdampak pada kerusakan alat elektronik yang kita punya. Bila kita tahu solusinya maka tidak perlu lagi untuk repot memanggil teknisi listrik untuk memperbaiki listrik rumah padam sendiri secara tiba tiba.

1. Segera cek listrik rumah tetangga anda

Jika listrik rumah tetangga anda juga mati, berarti memang listrik dirumah anda padam dari PLN, tetapi jika yang mati hanya dirumah anda berarti listrik dirumah anda bermasalah, dan sebaiknya segera dicarikan solusinya agar listrik dirumah anda yang padam sendiri dapat segera menyala kembali.

2. Segera cek sakelar MCB listrik rumah anda

Listrik Rumah Padam Sendiri
Listrik Rumah Padam Sendiri, MCB

Jika listrik rumah anda padam sendiri secara tiba tiba yang ditandai dengan berubahnya posisi sakelar Miniatur Circuit Breaker ( MCB ) dari “ON” ke “OFF” maka anda jangan panik, biarkanlah dalam posisi seperti itu dulu dengan tujuan untuk memberi waktu temperatur komponen di dalam MCB menjadi dingin dulu kemudian cobalah untuk menyalakannya kembali ke posis ( ON ).

3. Cek display meteran listrik rumah anda

Listrik Rumah Padam Sendiri
Listrik Rumah Padam Sendiri

Langkah ketiga ini anda lakukan jika listrik rumah padam sendiri hanya terjadi dirumah anda saja, coba anda cek display meteran listrik rumah anda menyala atau mati, juga bisa dilihat di lampu LED indikator, jika mati total itu berarti gangguan dari PLN, anda juga bisa mengecek Kwh di display apakah masih atau habis.

Jika habis segera isi ulang token pulsa nya supaya listrik dirumah anda menyala kembali. Dan jika Kwh masih dan listrik tetap mati, berarti ada penyebab lainnya yang membuat listrik rumah padam sendiri secara tiba tiba tersebut.

4. Saklar MCB sering kembali ke posisi “OFF”

Jika setelah dibiarkan beberapa saat menjadi dingin & sudah dicoba ke posisi “ON” tetapi saklar Miniatur Circuit Breaker ( MCB ) kembali ke posisi “OFF” ( Mati ), maka segera cabut colokan barang barang elektronik yang masih tersambung ke stop kontak supaya beban listrik di rumah anda menjadi berkurang & sisakan satu lampu yang menyala sebagai indikator anda.

Jika MCB tidak kembali ke posisi “OFF” maka nyalakan & colokan lah kembali barang barang elektronik yang tadi anda cabut dari stop kontak kemudian diikuti menyalakan lampu satu persatu.

Biasanya penyebab listrik rumah padam sendiri secara tiba tiba dapat diketahui saat kita menyalakan satu persatu peralatan listrik diikuti turun nya tombol ke posisi “OFF” pada Miniatur Circuit Breaker ( MCB ), maka kemungkinan alat itulah penyebab terjadinya listrik rumah mati tiba – tiba.

Jika Miniatur Circuit Breaker ( MCB ) kembali turun ke posisi “OFF”, periksalah kembali semua Stop kontak mungkin ada yang terbakar sehingga terjadi Konslet ( Hubungan Singkat ).

Jika semua stop kontak setelah diperiksa semua ternyata dalam keadaan baik baik saja kemungkinan ada yang konslet pada jalur utama instalasi listrik anda, periksalah instalasi listrik yang ada pada rumah anda mungkin ada kabel yang terkelupas oleh tikus atau rapuh karena usia sehingga terjadi hubungan singkat atau Konslet.

Apabila ada masalah dengan instalasi listrik rumah anda segera hubungi jasa atau teknisi instalasi listrik terdekat ( Bukan Pihak PLN ).

Penyebab lainnya adalah Miniatur Circuit Breaker ( MCB ) anda sudah rusak dan harus diganti baru, untuk masalah tersebut anda tidak dapat menghubungi sembarang teknisi, anda di wajibkan untuk segera hubungi PLN ( 123 ) atau kantor PLN terdekat agar Miniatur Circuit Breaker ( MCB ) anda diganti dengan yang baru.

5. Cek Sekering Listrik Rumah anda

Listrik Rumah Padam Sendiri
Sekering Listrik Rumah Padam Sendiri

Ketika terjadi listrik rumah padam sendiri secara tiba tiba, dan anda telah mengecek satu persatu yang menjadi penyebab padamnya listrik, ternyata normal semua.

Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mengecek sekering listrik, biasanya arus listrik rumah padam sendiri secara tiba tiba karena terjadi kerusakan di sekering listrik bisa berupa putusnya kabel didalam sekering listrik tersebut.

Jika terjadi putus kabel didalam sekering listrik anda bisa menggantinya dengan kabel baru, atau anda juga bisa membeli sekering baru yang terjamin mutunya dan berstandar nasional.

Jika anda telah melakukan poin 1 – 5 kemudian listrik dapat menyala normal hanya beberapa menit kemungkinan penggunaan listrik di rumah anda melebihi batas daya yang diberikan oleh PLN, maka cobalah untuk mengurangi penggunaan listrik rumah anda dengan mematikan sebagian peralatan listrik yang menyedot daya/watt besar di rumah anda seperti AC, Lemari Es/ Kulkas , Pompa Air , Komputer, dan lain sebagainya.

Dan jika anda merasa daya/ watt listrik di rumah kurang besar, anda dapat melakukan tambah daya/ watt dengan cara menghubungi pihak PLN ( 123 ) atau mendatangi kantor PLN terdekat dari rumah anda.

Demikianlah 5 solusi yang dapat diminimalis paparkan jika suatu saat terjadi listrik rumah padam sendiri secara tiba-tiba dan yang padam hanya di rumah anda sendiri, semoga dari 5 solusi diatas dapat menjadi tambahan pengetahuan untuk anda ketika terjadi kasus listrik rumah padam sendiri secara tiba tiba.

Untuk tetangga-tetangga anda yang belum mengetahuinya, dapat pula anda ajarkan tips atau solusi di atas jika terjadi pemadaman seperti diatas, supaya ilmu yang anda miliki bermanfaat dan dapat membantu orang lain. (br)


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.