Tips Instalasi Listrik Rumah Minimalis yang Aman

Meski tidak selalu berhubungan dengan listrik, nyatanya rumah perlu diatur sedemikian rupa agar instalasi kelistrikannya berfungsi dengan baik. Salah satu yang penting soal instalasi dan penataan listrik rumah minimalis adalah jaminan keamanannya untuk semua anggota keluarga. Listrik adalah bahaya tak terlihat yang hanya bisa dicegah dengan kedisiplinan mengatur instalasinya.

Di artikel kali ini, diminimalis akan coba memberikan tips mengatur penataan listrik rumah minimalis yang baik. Tujuannya tentu saja bagaimana agar sumber dan aliran listrik yang ada di rumah bisa berfungsi dengan baik dan tidak berpotensi membahayakan siapapun di rumah.

Pentingnya Sumber Listrik dan Instalasinya

Listrik merupakan hal yang wajib ada di dalam sebuah hunian. Keberadaannya sangat dibutuhkan untuk keperluan sehari-hari. Bahkan, bagi sebagian orang keberadaan listrik menjadi ‘nyawa’ ke dua, mati sebentar saja dunia seperti sudah ‘kiamat’. Oleh karena itu, untuk kelistrikan di rumah, Anda dituntut untuk menggunakannya dengan bijak, agar penggunaannya bisa maksimal.

Lampu-lampu dan alat elektronik modern saat ini juga tak bisa lepas dari listrik. Ada banyak jenis lampu untuk interior yang hemat listrik namun tetap saja tidak bisa tanpa aliran listrik. Jadi memang sangat penting.

Listrik rumah minimalis
listrik anman untuk anak – diminimalis.com

Namun terkadang entah karena faktor ketidaktahuan atau karena kecerobohan pemakainya, listrik bisa menjadi sumber musibah. Kebakaran yang sering melanda pada pemukiman padat menjadi berita yang sering kita dengar. Biasanya kebakaran terjadi dikarenakan hubungan arus pendek listrik atau pemasangan instalasi listrik yang tidak sesuai standar. Maka, ketahuilah dengan baik terlebih dahulu tips aman mengatur instalasi listrik rumah minimalis yang benar. Kita akan membahasnya kali ini, jangan lewatkan dan baca sampai selesai.

Tips penataan listrik rumah minimalis

Tersengat aliran listrik juga menjadi masalah yang sering kita jumpai dalam masyarakat. Bagi orang yang sudah dewasa tentunya bisa menghindari agar tidak tersengat aliran listrik dikarenakan sudang mengetahui bahanya. Tapi, bagaimana dengan anak-anak yang notabenya belum memahami bahayanya. Diminimalis yakin Anda tidak menginginkan putra-putri kesayangan Anda menjadi korbannya. Jadi, kewaspadaan Anda sebagai orang tua dan penempatan instalasi listrik yang benar wajib diperhatikan.

Berikut beberapa langkah yang dapat Anda usahakan guna menghindarkan si buah hati dari terkena sengatan aliran listrik:

Listrik rumah minimalis
jenis-jenis kabel – diminimalis.com

Pertama, perhatikan penempatan kabel.

Anda bisa menempatkan kabel di dalam tembok atau dengan menanamnya di bawah tanah. Sebelum di tanam di dalam tembok maupun tanah, terlebih dahulu bungkus kabel menggunakan pipa pralon khusus. Dengan begitu kabel akan terhindar dari sentuhan tangan anak Anda maupun gigitan tikus yang dapat mengakibatkan putusnya kabel.

Jika Anda merasa kesulitan jika harus menanam kabel di dinding maupun di dalam tanah Anda bisa saja membiarkannya terurai di luar. Agar aman dan tidak bisa terjangaku anak-anak maka kabel tersebut harus Anda letakan di sudut-sudut plafon. Anda bisa mengikatnya dengan penjepit khusus kabel yang bisa dibeli di toko elektronik agar kabel tidak jatuh dan terlihat lebih rapi.

Kedua, minimalkan sambungan kabel.

Kabel yang memiliki banyak sambungan menjadi rawan putus kembali dikarenakan sambungan yang tidak kuat. Dikhawatirkan juga sambungan tersebut bocor dan mengakibatkan tersengat listrik pada siapa saja yang dengan tidak sengaja menyentuhnya. Banyaknya sambungan instalasi listrik rumah minimalis juga bisa menggangu tampilan interior rumah Anda.

Ketiga, pilihlah material kabel berkualitas baik.

Seumpama air di dalam pipa, listrik di dalam kabel dapat mengalir dengan baik jika kualitas kabel yang digunakan baik dan tidak mudah bocor maupun rusak. Semakin besar daya listrik yang melalui kabel juga harus diimbangi dengan besarnya material kabel, agar aliran listrik tidak terhambat.

Pilihlah kabel yang memiliki label SNI (Standar Nasional Indonesia) agar lebih terjamin keawetannya. Jika tidak ada label SNI pada kabel maka belilah di toko listrik kepercayaan Anda ataupun Anda menyuruh orang yang berpengalaman untuk membelinya.

Keempat, sesuaikan besaran listrik dengan MCB.

Penggunaan MCB yang tepat akan mencegah terbakarnya instalasi listrik rumah minimalis. MCB ini ibarat pengaman yang akan membantu mencegah terjadinya korsleting dan bahaya kelistrikan lain yang tidak diinginkan. Alat ini juga bisa berfungsi sebagai saklar saat hendak memutus lairan listrik sementara. Jadi, jangan lupa pemilihan MCB nya juga harus yang sesuai spesifikasi.

Listrik rumah minimalis
pemeriksaan rutin – diminimalis.com

Kelima, gunakan penangkal petir.

Petir yang sering terjadi ketika hujan akan membahayakan peralatan elektronik yang sedang Anda gunakan. Untuk mencegah rusaknya peralatan elektronik saat petir menyambar, pakailah penangkal petir pada rumah Anda.

Keenam, lakukan pemeriksaan rutin pada instalasi listrik.

Pemeriksaan rutin yang Anda lakukan akan dapat mengantisipasi jika ada kerusakan pada instalasi listrik yang dapat membahayakan penghuni rumah. Penanganan segera pada kerusakan akan dapat menghemat pengeluaran biaya rumah minimalis setiap bulannya.

Jadi memang sebegitu pentingnya instalasi listrik rumah minimalis agar aman dan tidak menimbulkan bahaya. Kedisiplinan adalah kunci. Jika terjadi apa-apa dengan kelistrikan rumah, sebaiknya segera hubungi petugas. Jika mau ditangani sendiri jangan lupa gunakan alat tespen dan pengaman tubuh/tangan. Berhati-hatilah selalu.

Demikianlah uraian singkat yang bisa diminimalis berikan mengenai beberapa tips penataan listrik rumah minimalis yang aman untuk buah hati Anda. Semoga bermanfaat, salam diminimalis. (am.) editted by RN12012021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.