Membangun rumah tidak mungkin bisa dilakukan sendiri, sekalipun Anda adalah tukang yang sudah bolak balik mengerjakan projek bangunan. Disinilah pentingnya layanan jasa arsitek untuk dipakai agar hasilnya sesuai harapan. Layanan seperti ini akan membantu siapapun termasuk Anda yang sedang merencanakan pembangunan rumah dari nol ataupun renovasi.

Ada banyak keuntungan memakai layanan jasa arsitek yang tidak banyak orang tahu. Manfaat paling minimal adalah rumah Anda jelas tidak akan “asal jadi”. Menyerahkan pengerjaan projek pengerjaannya ke pemborong biasa terlalu beresiko sebab selalu ada potensi kerugian secara kualitas hasilnya.

Untuk itulah, rekomendasi terbaik dari kami adalah dengan menggunakan jasa layanan arsitek yang akan mengatur jalannya projek pembangunan rumah impian Anda.

Nah, sekarang kira-kira apa saja keuntungan dari menggunakan layanan jasa arsitek? Apa kelebihan dan kekurangannya sehingga layak untuk Anda pertimbangkan? Mari kita bahas di artikel kali ini ya.

Mengetahui Pentingnya Jasa Arsitek untuk Bangun Rumah Impian Anda

Pentingnya menggunakan jasa arsitek harus disadari oleh siapa saja yang ingin membangun rumah dengan hasil rancangan terbaik. Sebab, arsitek sesuai keahliannya akan berupaya mendesain setiap detail bangunan dengan perhitungan konstruksi yang matang.

Apalagi, arsitek pun juga banyak yang memiliki spesialisasi desain, misal desain rumah minimalis, klasik, gothic, hingga tema modern yang kekinian. Melalui internet, Anda tinggal memilih jasa arsitek mana yang cocok sesuai gaya rumah yang Anda inginkan.

pentingnya layanan jasa arsitek, jasa arsitek murah, harga jasa arsitek
Pentingnya layanan jasa Arsitek untuk merancang rumah Anda dengan berbagai perhitungan yang konkrit – diminimalis.com

Alasan Pentingnya Memakai Layanan Jasa Arsitek

Seperti yang kita tahu bahwa arsitek adalah orang yang punya spesialisasi di bidang arsitektur bangunan. Arsitek sudah biasa menangani projek pembangunan rumah dari yang biasa sampai yang bertingkat bahkan apartemen.

Jika Anda berniat membangun rumah, sudah pasti butuh bantuan baik berupa ide, rancangan konsep, hingga mengurus pembangunannya sampai jadi. Peran-peran inilah yang biasa dilakukan oleh seorang arsitek baik yang perorangan maupun atas nama badan usaha.

Tanpa berlama-lama berikut ini diminimalis akan berikan gambaran pada anda tentang pentingnya menggunakan layanan jasa arsitek untuk merancang rumah minimalis Anda.

1. Tahap Awal Lebih Terencana

Anda tentu butuh bantuan konsultasi dan sharing terkait tahap awal pembangunan rumah Anda. Untuk itulah, sebagai permulaan, arsitek akan melakukan brainstorm dengan Anda tentang apa saja ruangan yang dibutuhkan, berapa jumlahnya, bertingkat atau tidak dan hal-hal terkait lainnya.

Anda bisa memamparkan semua detail konsep model rumah yang Anda inginkan. Sampaikan detail gambaran tentang modelnya untuk setiap ruangan. Termasuk soal desain interior rumah untuk ruang tamu, ruang tengah, kamar tidur, dapur, kamar mandi, hingga taman-nya jika ada.

Arsitek akan mencarikan solusi ideal sesuai keinginan dan budget yang anda siapkan. Dari situ, arsitek akan membuatkan sketsa dan juga draft visual berbentuk gambar 3 dimensi untuk Anda. Biasanya layanan ini akan bagus pada jasa arsitek profesional yang mengorbitkan diri melalui nama perusahaan.

 Di tahap ini, Anda bisa merevisi kembali jika ada hal-hal yang perlu ditambahkan atau dikurangi. Jadi pada intinya, tahap awal justru adalah masa paling urgent untuk Anda karena harus mengambil berbagai keputusan. Dengan adanya arsitek tadi maka proses pembangunan tahap awal akan lebih mudah dan terencana dengan matang.

pentingnya layanan jasa arsitek, jasa arsitek murah, harga jasa arsitek
Pentingnya layana jasa arsitek – diminimalis.com

2. Tata Letak Ruang Lebih Efisien

Secara keseluruhan, arsitek akan memikirkan dengan matang berapa luasan untuk setiap ruangnya, di mana letak jendelanya, berapa tinggi pintunya, bagaimana hubungan antar-ruang dan hal-hal detil lainnya.

Selain itu, hal-hal lain yang jarang dipikirkan orang awam juga akan diperhatikan oleh sang arsitek. Misalnya untuk selokan atau resapan rumah, instalasi listrik, dan lain-lain akan dipikirkan dan dibuat oleh arsitek sejak awal perancangan rumah minimalis Anda.

Bila dalam jangka panjang Anda berencana untuk merenovasi rumah menjadi dua tingkat atau lebih, arsitek tentu juga akan mempertimbangkannya sejak awal. Misal dengan mengukur kualitas pondasi, kekuatan struktur bangunan dinding, hingga penentuan posisi tangga yang ideal.

3. Paska Terbangun, Rumah Anda Lebih Terjaga

Pada tahapan akhir pembangunan, arsitek akan mengawasi dan mengontrol setiap prosesnya, memastikan gambar kerja terbangun dengan presisi. Sehingga setelah terbangun, Anda akan mendapatkan file-file gambar yang dibutuhkan. Seperti denah, site plan (gambar bangunan dan lingkungan sekitar), gambar detil struktur dan lainnya.

Gambar-gambar ini akan berfungsi jika suatu hari nanti Anda ingin melakukan renovasi sehingga tahu lay out rumah Anda secara umum untuk pengembangan yang tepat. Arsitek juga biasanya akan memberi referensi desainer interior, ahli taman, bahkan desainer pencahayaan (lighting) jika dibutuhkan.

4. Bebas Pilih Fee sesuai Budget

Meski kami merekomendasikan Anda untuk pakai layanan jasa arsitek dalam membangun rumah, namun bukan berarti Anda manut saja dengan tarifnya. Anda mesti mempertimbangkan banyak hal sebelum memutuskan menggunakan jasa layanan arsitek sebab ini kaitannya dengan fee dan budget Anda.

Kenali jasa arsitek yang akan Anda pakai, sekaligus tentukan juga poin layanan apa saja yang ingin Anda dapatkan dari si arsitek. Untuk lebih mudahnya, coba kenali jenis fee yang berlaku dalam sewa menyewa layanan jasa arsitek.

Ada dua jenis fee atau tarif yang diberlakukan bagi arsitek, yaitu:

Pertama, jika hanya memesan jasa desain saja, maka Anda akan dikenakan biaya pengerjaan per meter persegi. Misal desain rumah Anda adalah seluas 70 m2 dengan tarif yang diminta Rp 250.000/m2, maka Anda harus membayar Rp 17.500.000.

Kedua, jika Anda mengambil paket desain dan built, maka umumnya Anda dikenakan 7% dari nilai fisik bangunan atau konstruksi sesuai RAB (Rencana Anggaran Belanja). Contoh jika nilai rumah Anda pada RAB adalah Rp 200.000.000, maka arsitek akan mendapatkan imbalan sebesar Rp 14.000.000 untuk mengurus pembangunannya sampai jadi.

Jadi kesimpulannya, apakah penting menyewa layanan jasa arsitek? Jawaban kami, iya. Dengan mempertimbangkan banyak hal tentunya, seperti track record si arsitek atau profil perusahaan yang menaunginya, hingga tarif yang diminta.

Jika dirasa masuk akal di hitung-hitungan Anda, silahkan pesan dan pakai jasanya. Prioritaskan secara matang soal kualitas hasilnya karena rumah Anda akan dipakai bertahun-tahun. Merencanakan desain dan mensukseskan progres pemmbangunan bersama ahlinya tentu akan lebih menenangkan.

Jadi, mau pakai layanan jasa arsitek atau tidak, tentukan sendiri ya. Semoga bermanfaat. (ls) editted by RN16032021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *