by

Lantai yang Ideal untuk Menetralkan Suhu Ruangan

Beragam Jenis Lantai yang Ideal untuk Menetralkan Suhu Ruangan
Rumah selalu identik dengan berbagai macam ornamen vital yang mau tidak mau harus ada di dalamnya. Genteng, pagar, hingga lantai yang ideal seperti harus terlengkapi disana.

Nah, bicara soal lantai yang ideal bisa berperan untuk menetralkan suhu rumah minimalis ternyata ada beberapa macam yang bisa Anda adopsi. Diantaranya adalah lantai marmer, granit, tegel, dan lain sebagainya. Anda bisa memilih salah satu diantaranya yang sesuai dengan kriteria yang cocok untuk rumah minimalis Anda.

lantai marmer, lantai marmer rumah, harga lantai marmer per meter
lantai marmer dapat mendinginkan suhu ruangan – diminimalis.com

Material Lantai yang Ideal untuk Menetralkan Suhu Ruangan

Suhu ruangan yang seringkali berubah ternyata tidak lepas dari pengaruh lantai rumah yang kurang ideal. Selain tinggi dinding rumah ideal yang memang harus ada untuk menunjang hal tersebut, Anda juga perlu memperhatikan lantai.

Bicara soal lantai yang ideal, di bawah ini kami ulas untuk Anda beberapa jenis lantai yang bisa menetralkan suhu ruangan rumah minimalis Anda.

1. Lantai Marmer

Lantai marmer memang sangat disukai banyak orang karena memiliki karakter yang khas serta mampu menampilkan desain rumah minimalis yang lebih berkelas.

Marmer adalah jenis batu kristalin kasar yang terbuat dari gamping atau dolomit. Bahan marmer begitu kuat untuk menahan beban di atasnya dan juga terasa dingin meski udara di atasnya panas.

Oleh karenanya tidak heran jika lantai marmer terkesan lebih mahal. Hal ini karena memang secara tampilan lebih bagus dan kualitasnya terlihat saat dipakai.

Baca juga: Lantai marmer, elemen yang membuat rumah Anda nampak mewah

2. Lantai Granit

Lantai berbahan batu granit mempunyai daya serap yang lebih kecil, yakni hanya kurang dari 0,05%, sehingga tidak perlu dipel dengan sering. Hal ini disebabkan karena lantai granit memiliki pori-pori yang lebih rapat, sehingga sulit dimasuki kororan.

Sifat dari Granit yang dingin dan juga kokoh, membuat lantai ini sangat cocok untuk memberikan kesejukan pada ruangan Anda. Harga granit lebih murah dibandingkan lantai marmer dan memiliki motif yang beragam. Lantai granit cocok bagi Anda yang ingin memberikan efek sejuk di rumah dengan desain yang variatif.

Kekurangan granit sebagai lantai rumah adalah pori-porinya yang kecil sehingga sulit untuk menyerap air. Selain itu, permukaan granit juga akan terlihat kasar namun sebenarnya cukup halus.

3. Lantai Tegel

Lantai tegel merupakan jenis lantai dari campuran pasir dan semen yang memiliki motif dan pewarnaan yang cantik. Jenis lantai tegel cocok untuk menciptakan kesan tradisional, klasik dan antik untuk sebuah rumah minimalis.

Bila masih baru, lantai tegel masih terasa kasar saat kita menginjaknya. Namun ada cara yang cukup mudah untuk menghaluskan. Anda bisa mengepelnya mengunakan ampas kelapa. Anda bisa melakukan setiap 2 minggu sekali supaya lantai tegel menjadi mengkilap dan terasa dingin saat diinjak.

Jika Anda ingin menjumpai penggunaan lantai jenis tegel bisa Anda datang ke rumah-rumah dengan bangunan lama. Jenis lantai ini sudah banyak ditinggal sebab telah ada inovasi bahan lantai seperti keramik, porselin dan lain-lain.

lantai yang ideal, rumah kayu minimalis
lantai kayu – diminimalis.com

4. Lantai Kayu

Lantai kayu mampu memberi kesan modern, alami dan natural pada sebuah ruangan. Lantai kayu cocok bagi Anda yang tinggal di daerah bersuhu dingin karena lantai ini mampu memberikan efek hangat pada ruangan.

Lantai kayu ini dapat memberi efek isolasi, yakni: Saat udara dingin maka lantai kayu tetap hangat, dan sebaliknya saat suhu udara panas lantai rumah kayu ini akan dingin.

5. Lantai Keramik

Lantai keramik saat ini menjadi pilihan favorit kebanyakan orang. Lantai keramik terbuat dari tanah liat yang dipanaskan.

Kurangnya beban elektron bebas pada keramik membuat keramik menjadi konduktor panas yang buruk. Dengan kata lain, bahan keramik tidak meneruskan panas yang diterimanya, dan bisa membuat ruangan di atasnya terasa sejuk.

Dari beragam jenis bahan lantai di atas mana yang Anda pilih? Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Demikian ulasan kami tentang lantai yang ideal untuk menetralkan suhu rumah minimalis Anda, Anda juga bisa membaca artikel kami tentang kelebihan dan kekurangan lantai marmer pada rumah minimalis di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls) -editted by RN02042019

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.