Tips Membuat Lantai Teras Rumah Minimalis Semakin Cantik dengan 4 Material Ini

Teras merupakan salah satu bagian terluar dari rumah yang bisa jadi cerminan kondisi bagian dalam rumah. Untuk itu lantai teras rumah setidaknya harus bagus. Jika tidak bisa memperbagus dengan material lantai terbaik. Anda bisa membuat area ini menjadi terlihat lebih indah dengan beragam cara. Adapun cara yang paling umum dilakukan untuk membuat lantai teras terlihat indah adalah dengan melapisinya menggunakan material keramik maupun marmer.

Pelapisan lantai keramik menggunakan keramik dan marmer memang akan dapat mempercantik tampilan teras rumah namun tentunya butuh biaya yang tidak sedikit. Belum lagi jika Anda termasuk orang yang mudah bosan, motif keramik yang monoton akan membuat Anda cepat bosan. Lalu bagaiamana solusinya?

Percantik Lantai Teras Rumah dengan 4 Material Ini

Lantai teras rumah
Lantai teras rumah minimalis – diminimalis.com

Bagi Anda yang menginginkan suasana berbeda setiap waktunya di area teras namun juga tidak membuat kantong terkuras ada sekitar 4 alternatif material penutup lantai yang bisa dipilih. Keempat material ini sangat mudah Anda dapatkan dan harganya juga relatif murah. Apa sajakah material yang dimaksud? Berikut diantaranya.

Karpet

Material yang satu ini paling banyak memiliki motif unik dan indah. Anda bisa memilih motif favorit yang serasi dengan warna dinding teras. Sebaiknya Anda memilih karpet khusus outdoor yang memiliki bahan lebih kuat dan tahan air sehingga mudah dibersihkan. Namun jika lantai teras rumah Anda berbahan parket kayu ada baiknya tidak menggunakan karpet dikarenakan akan membuat lantai lembab cepat rusak.

Lantai Kayu

Lantai berbahan kayu atau yang lebih sering disebut parket cukup familiar digunakan sebagai material penutup lantai. Kesan kayu yang hangat sangat cocok digunakan di daerah dingin. Jika konsep rumah Anda menggunakan konsep tradisional penggunaan lantai teras rumah bermaterial kayu akan semakin menambah kesan etnik dan juga natural.

Lantai Busa

Anak-anak biasanya senang jika bermain di teras rumah. Anda bisa menggunakan karpet berbahan busa agar anak Anda bisa bermain dengan nyaman dan aman tanpa takut terjatuh yang dapat membuatnya terluka. Namun Anda harus teliti dalam memilih bahan busa ini dikarenakan umumnya menggunakan bahan kimia sebagai bahan pembuatnya. Dengan begitu kesehatan Anda dan keluarga juga tetap terjaga.

Rumput Sintetis

Lantai teras rumah
rumput sintetis untuk teras – diminimalis.com

Anda menginginkan kesan natural tapi tidak mau repot merawatnya? Rumput sintetis bisa menjadi pilihan. Harga rumput sintetis cukup terjangkau sehingga Anda bisa membelinya. Anda hanya tinggal mengukur seberapa luas teras yang ingin Anda tutup dengan rumput ini agar sesuai dengan kebutuhan.

Rumput sintetis bukan tanpa kekurangan, bahan pembuatnya biasanya menggunakan bahan kimia yang cenderung panas diinjak pada siang hari bisa menjadi pertimbangan tersendiri jika Anda ingin menggunakanya sebagai material penutup lantai teras depan rumah atau belakang rumah.

Tips Memilih Lantai Teras Rumah Idaman Anda

Mempercantik rumah idaman Anda dapat dilakukan dengan berbagai cara. Pemilihan keramik yang baik dapat membuat halaman rumah minimalis modern milik Anda menjadi lebih menawan. Diminimalis akan menyajikan lebih lengkap cara memilih keramik teras idaman Anda. Berikut pembahasannya.

1. Ketahui Ukuran Keramik

Ukuran keramik yang digunakan untuk teras rumah biasanya sudah ditentukan. Umumnya di pasaran keramik teras berukuran 30×30 cm, 40×40, sampai ukuran 100×100 cm. Anda dapat memilih keramik sesuai dengan kebutuhan atau luas lahannya.

Sebelum memilih keramik, alangkah baiknya Anda menghitung luas lahan. Setelah itu, Anda dapat menentukan ukuran keramik, motif, dan warna yang dapat disesuaikan dengan desain rumah Anda. Mintalah tenaga ahli untuk memasangnya agar terpasang dengan baik dan benar.

2. Pilih Permukaan Keramik yang Tidak Licin

Lantai teras rumah biasanya akan cepat kotor atau licin jika musim hujan atau musim kemarau. Meskipun ditutupi dengan atap air dan sinar matahari tetap bisa masuk di teras. Lebih lagi jika musim hujan, lumpur dapat mengotori lantai teras rumah minimalis Anda.

Anda tidak perlu khawatir untuk mengantisipasi permasalahan tersebut Anda dapat memilih keramik dengan permukaan kasar. Ini bertujuan untuk mengurangi risiko terpeleset dan lebih mudah dalam perawatannya. Tapi jika lokasi rumah Anda tidak terpapar sinar matahari atau air hujan. Anda bisa menggunakan keramik dengan permukaan glossy.

Selanjutnya, disarankan untuk Anda dapat memasang keramik ini ketika musim kemarau. Sebab ketika musim kemarau keramik dapat melekat dengan sempurna. Bila dibandingkan jika Anda memasangnya saat musim hujan.

3. Tentukan Warna dan Motif

Pemilihan warna dan motif pada lantai teras rumah juga harus diperhatikan. Anda dapat menyelaraskan dengan desain atau gaya bangunan rumah Anda. Bila Anda tidak terlalu memahami tentang hal ini, Anda dapat berkonsultasi dengan ahlinya. Berikut motif keramik lantai paling favorit.

Motif Mosaik

Lantai mosaik ini dapat menghadirkan nuansa kontras namun tidak berlebihan dan tetap unik. Anda dapat mengkombinasikan lebih dari satu warna misalnya putih dan biru.

Motif Kayu

Motif kayu memang menjadi karakter lantai teras rumah yang mengesankan. Menonjolkan warna natural, elegan, dan hangat. Anda dapat mencobanya di kamar mandi atau teras.

Motif Diamond Tiles

Motif diamond tiles merupakan metode yang digunakan untuk pemasangan lantai keramik yang sama tetapi menyamping. Sangat cocok untuk dipasang di kamar mandi atau dekat kolam.

Motif Penny Tiles

Motif penny tiles adalah motif dengan pemasangan yang dibuat teratur, sehingga bisa menimbulkan kesan unik dan cantik. Motif ini berbentuk heksagonal dengan ukuran kecil. Anda dapat memasangnya di dapur atau kamar mandi.

Motif Polos

Motif dengan tema polos sangat digemari banyak orang. Ukuran keramik yang besar dan polos dapat mendukung ruangan yang terkesan besar. Anda dapat mengkombinasikannya dengan berbagai warna tapi pastinya disesuaikan dengan interior rumah Anda.

Sedangkan untuk warna, Anda dapat mengkombinasikan warna-warna keramik teras rumah yang mencolok seperti biru muda, hijau muda, kuning, merah muda, dan lain-lain. Anda dapat mengkombinasikan warna tersebut dengan warna putih agar detail teras menjadi semakin cantik. Jangan lupa selaraskan warna tembok Anda dengan warna teras.

Diharapkan dengan kombinasi yang tepat, maka keindahan teras dapat memanjakan mata. Tidak hanya akan tampak cantik, teras rumah Anda akan memberikan kenyamanan. Dengan begitu, teras rumah bisa menjadi tempat favorit selama berada di rumah.

4. Beli Keramik di Toko Bangunan Terpercaya

Membeli keramik memang bisa dimana saja. Namun, cukup sulit menemukan produk dengan motif dan ukuran yang sesuai keinginan Anda. Jangan khawatir, Anda dapat membeli di toko keramik terpercaya dengan pelayanan yang memuaskan.

Sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi, Anda bisa membeli keramik secara online. Selain menghemat dari segi harga, Anda juga tidak perlu repot-repot untuk datang ke toko bangunan. Anda bisa dengan mudah mendapatkan produk yang sesuai.

Demikianlah ulasan singkat mengenai material yang bisa Anda pakai untuk mempercantik lantai teras rumah. Selalu usahakan yang terbaik untuk rumah Anda karena dampak positifnya akan kembali pada Anda. Semoga bermanfaat. (Is) editted by AL020221.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.