Merawat Lantai Kayu Apartemen dengan 6 Cara Ini!

Lantai kayu apartemen sangat perlu dirawat dan dijaga kebersihannya. Hal ini akan membuat lantai kayu lebih awet dan dapat digunakan dalam waktu yang lebih lama.

Bagi Anda yang tinggal di apartemen yang menggunakan lantai kayu, Anda wajib tahu cara merawat kayu apartemen. Merawat lantai kayu dengan rajin akan membuat Anda lebih nyaman berada di dalam apartemen Anda.

lantai kayu apartemen
Lantai kayu apartemen via 1.bp

Nah, bagi Anda yang penasaran, Anda dapat membaca artikel ini sampai selesai karena artikel ini akan membahas tentang cara merawat lantai kayu di apartemen. Berikut informasinya untuk Anda:

Menyapu lantai kayu apartemen

Hal pertama yang harus sering Anda lakukan adalah dengan menyapu lantai kayu apartemen. Cara ini merupakan cara yang paling simpel dan mudah serta wajib dilakukan setiap hari. Minimal pada pagi dan sore hari.

Lantai Kayu Apartemen
Lantai kayu via www.akrindoland.com

Anda dapat menyapu lantai dengan sapu seperti pada umumnya. Namun, Anda juga dapat membersihkan lantai dengan vacum cleaner, sehingga kotoran akan terangkat dengan baik dengan menggunakan vacum cleaner.

Hal terpenting adalah Anda harus membersihkan lantai kayu pada apartemen yang Anda miliki. Sehingga lantai kayu di apartemen Anda tetap dalam keadaan bersih dan nyaman untuk Anda.

Mengepel lantai kayu apartemen

Hal kedua yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengepel lantai kayu di apartemen. Anda dapat mengepel dengan menggunakan kain pel kering. Sebisa mungkin Anda harus menghindari kain pel basah.

Kain pel basah memiliki risiko yang akan membuat lantai kayu cepet rusak. Hal ini karena kain pel basah akan meninggalkan air pada lantai yang bisa menyerap kedalam lantai dan akan membuat lantai cepat rapuh.

Oleh karena itu, penggunaan kain pel kering sangat disarankan untuk Anda yang memiliki apartemen dengan lantai kayu. Setelah Anda menggunakan kain pel jangan lupa untuk membersihkan kain pel itu juga, sehingga tetap dalam keadaan bersih saat Anda menyimpannya.

Lepas sepatu saat masuk ke dalam apartemen

Hal yang ke tiga adalah dengan melepas sepatu saat Anda masuk ke dalam apartemen. Hal ini perlu Anda lakukan karena alas sepatu memiliki berbagai macam model dan tekstur. Sehingga dikhawatirkan akan merusak lantai kayu.

Selain itu, melepas sepatu sebelum masuk kedalam apartemen akan membantu Anda dalam menjaga kebersihan lantai apartemen Anda. Sehingga lantai kayu pada apartemen Anda akan tetap terjaga keindahannya dan akan membuat Anda tetap nyaman didalamnya.

Hindari goresan di lantai kayu apartemen

Cara yang ke empat adalah dengan menghindari goresan pada lantai kayu. Goresan-goresan yang muncul pada lantai kayu akan menjadikan lantai terlihat kurang bagus.

Oleh karena itu, menghindari goresan pada lantai adalah cara paling tepat untuk mencegah munculnya goresan yang tidak bagus untuk lantai kayu dalam apartemen Anda.

Anda sebaiknya menghidari kemungkinan benda-benda tajam membuat goresan pada lantai. Anda dapat melakukannya dengan menjauhkan benda tajam dari lantai kayu. Sehingga lantai kayu akan terjaga keindahnya.

Baca juga: Pilih Lantai Kayu atau Keramik yang Bagus untuk Rumah?

Gunakan karpet dan keset

Cara yang ke lima adalah dengan menggunakan karpet dan keset. Karpet dapat Anda gunakan di atas lantai kayu, sehingga lantai kayu akan tertutu karpet dan akan mengurangi kemungkinan terjadinya goresan pada lantai.

Sedangkan keset akan membantu Anda dalam menjaga kebersihan. Sebelum Anda masuk ke dalam apartemen Anda perlu membersihkan kaki pada karpet. Sehingga kotoran atau debu yang menempel di kaki Anda tidak akan terbawa masuk ke dalam apartemen.

Lantai Kayu Apartemen
Lantai kayu via lifestaticflicker.com

Dengan begitu, karpet dan keset akan sangat membantu Anda. Sehingga penyediaan kedua barang ini sangat disarankan untuk Anda dan wajib ada di dalam apartemen.

Melalui karpet dan keset, lantai kayu akan terjaga kebersihan dan keindahannya yang implikasi akhirnya akan membuat Anda lebih merasa nyaman di dalam apartemen dengan adanya lantai kayu yang sepurna dan terjaga kebersihannya.

Kebersihan dan keindahan akan tercipta dengan melengkapi karpet dan keset pada apartemen Anda. Jangan lupa untuk memilih karpet dan keset yang tepat, sesuai dengan keinginan Anda dan jangan lupa untuk memilih karpet dan keset yang memiliki harga yang sesuai dengan keinginan Anda.

Segera lakukan perbaikan jika ada masalah dengan lantai kayu

Cara yang terakhir dalam merawat lantai kayu adalah dengan sering melakukan perbaikan jika ada masalah dengan lantai kayu yang Anda miliki. Perbaikan dapat Anda lakukan dengan mengundang orang yang profesional dalam bidangnya.

lantai kayu apartemen
Jasa profesional interior via 99.co

Sehingga perbaikan akan memberikan hasil yang maksimal dengan menggunakan jasa profesional. Perbaikan dapat Anda lakukan secara rutin sehingga Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal dan akan membuat Anda tetap suka dengan lantai kayu yang Anda miliki.

Demikian informasi terkait cara merawat lantai kayu apartemen. Cara di atas dapat Anda lakukan secara rutin. Sehingga hasilnya akan maksimal dan Anda akan lebih puas dengan hasil perawatan lantai kayu yang sudah Anda lakukan.

Namun, jika Anda terlalu sibuk dengan kegiatan Anda, sehingga Anda tidak bisa untuk merawatnya secara rutin, Anda bisa memilih apartemen dengan lantai kayu anti rayap. Atau dapat juga menggunakan jasa perawatan rumah yang dapat diundang ke apartemen Anda.

Jasa perawatan rumah sudah banyak di Indonesia, sehingga Anda bisa mendapatkan/menemukan perusahaan jasa ini dengan mudah baik secara online ataupun offline pada perusahaan jasa terdekat.

Semoga informasi di atas bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam perawatan lantai kayu di apartemen Anda. Semoga Anda bisa merawatnya secara rutin, sehingga akan membuat Anda lebih nyaman berada di apartemen. (fy)


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.