Lantai Kayu Anti Rayap: Parket atau Vinyl?

Ada berbagai macam jenis lantai kayu anti rayap yang bisanya digunakan oleh masyarakat sebagai pilihan lantai rumahnya. Nah, bagi Anda yang sedang bingung memilih lantai kayu, Anda dapat menggunakan lantai kayu anti rayap sebagai pilihan tepat.

Kenapa lantai kayu anti rayap? Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa kayu merupakan bahan yang dapat dengan mudah rusak karena dimakan rayap. Jadi keputusan menggunakan lantai kayu menjadi sangat berisiko.

Namun, bagi Anda yang tetap menghendaki untuk menggunakan lantai kayu, Anda harus benar-benar memilih kayu terbaik agar meminimalisir risiko tersebut. Nah, untungnya sekarang sudah muncul produk parket dan vinyl yang dikenal sebagai lantai kayu anti rayap.

lantai kayu anti rayap
Lantai kayu anti rayap via setileconnection.com

Bagi, Anda yang penasaran, Anda dapat mendapatkan informasi terkait kedua hal tersebut pada artikel ini. Berikut informasinya untuk Anda:

Lantai Kayu Anti Rayap: Parket dan Vinyl?

Perkembangan jaman membuahkan hasil dari kreatifitas masyarakat. Hasil kreatifitas tersebut bermacam-macam, termasuk parket dan vinyl. Dua produk kreatifitas masyarakat yang berupa lantai kayu.

Lantai kayu parket dan vinyl merupakan produk yang termasuk sudah muncul lama. Namun, masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Maka, sangat perlu dibahas terkait parket dan vinyl.

Parket merupakan lantai kayu yang berasal dari kumpulan kepingan kayu yang sudah dipress sehingga berbentuk papan siap pasang untuk lantai rumah. Nama parket berasal dari bahasa asing, yaitu parquette yang memiliki arti menyusun potongan kayu yang digunakan sebagai lantai.

Parket berasal dari kayu yang memiliki komposisi 100% kayu original. Parket biasanya berasal dari kayu yang bagus, seperti kayu jati. Jadi sangat kuat dan bagus jika digunakan sebagai lantai rumah.

Sedangkan vinyl merupakan salah satu jenis lantai kayu yang berasal dari Korea yang dibuat dengan menggunakan teknologi moderen sehingga bisa tahan terhadap air dan rayap.

Lantai Kayu Anti Rayap
Lantai parket via miro.medium.com

Vinyl merupakan salah satu produk yang terkenal di Indonesia. Produk ini juga termasuk dalam produk sintesis yang bisa menyerupai produk jenis lantai apapun. Vinyl juga mempunya beraneka ragam motif, sehingga jika Anda tertarik dengan produk vinyl, Anda dapat memilih motif dengan leluasa.

Kelebihan lantai kayu anti rayap parket dan vinyl

Memilih pilihan yang tepat tidak akan terlepas dari berbagai pertimbangan, termasuk informasi terkait kelebihan produk. Nah, untuk itu,sekarang kita akan membahas kelebihan dari lantai kayu parket dan vinyl yang akan membantu menyakinkan Anda dalam memilih.

Suatu pertimbangan akan sangat membantu keputusan yang akan dipilih. Selain itu, pertimbangan juga akan membantu Anda dalam memutuskan pilihan yang tepat dan sesuai dengan keinginan serta kebutuhan Anda.

Sekarang kita akan membahas kelebihan parket sebagai lantai kayu. Parket memiliki berbagai kelebihan, antara lain:

Pertama, lantai parket memiliki banyak variasi. Banyaknya variasi motif dari parket akan membuat Anda lebih leluasa memilih jenis lantai parket yang tepat untuk Anda.

Ke dua, lantai parket mudah dibersihkan. Jadi Anda tidak memerlukan biaya yang banyak untuk merawatnya. Perawatan lantai parket dapat dilakukan dengan perawatan yang sama dengan perawatan lantai biasa. Anda dapat membersihkannya dengan menyapu dan mengepelnya.

Ke tiga, lantai parket termasuk lantai yang memiliki umur ekonomis yang lama. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan kekokohan dan ketahanlamaan lantai parket.

Ke empat, lantai parket terbuat dari bahan non alergen. Jadi, bagi Anda yang memiliki masalah alergi, Anda tidak perlu khawatir dalam menggunakan lantai parket.

Ke lima, lantai parket memiliki harga yang sangat terjangkau. Sehingga sangat ramah dengan kantong Anda dan Anda tidak perlu khawatir dengan harga lantai parket. Karena lantai parket memiliki berbagai macam motif yang juga akan mempunyai harga yang bervariasi juga. Jadi Anda dapat menyesuaikan dengan kemampuan finansial Anda.

Selanjutnya adalah kelebihan dari lantai vinyl. Berikut informasinya untuk Anda:

Pertama, lantai vinyl merupakan lantai yang tahan lama. Jadi Anda dapat menggunakannya dalam jangka waktu yang lama, tanpa khawatir akan rayap yang akan merusaknya.

Ke dua, harga lantai vinyl sangat murah dan terjangkau. Anda dapat mengecek harga di internet atau melalui online store. Sehingga Anda dapat menyesuaikan antara keuangan dan harga yang ada.

Ke tiga, pemasangan lantai vinyl termasuk dalam hal yang sangat mudah. Jadi Anda dapat memasangnya sendiri dengan mengikuti prosedur yang benar.

Kekurangan lantai kayu anti rayap parket dan vinyl

Pembahasan selanjutnya adalah kekurangan dari lantai kayu parket dan vinyl. Jadi untuk memutuskan pilihan, Anda perlu mempertimbangkan kekurangannya terlebih dahulu.

Sehingga Anda bisa mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dan Anda bisa memahami dengan semua hal yang terjadi jika Anda telah memutuskan pilihan yang tepat.

Kekurang yang akan dibahas yang pertama adalah kekurangan dari lantai parket. Berikut beberapa kekurangan lantai parket yang perlu Anda ketahui:

Lantai Kayu Anti Rayap
Lantai vinyl via sigmakresindotamasentosa.co.id

Pertama, persiapan pemasangan. Pemsangan lantai parket membutuhkan permukaan lantai yang benar-benar rata. Jadi Anda perlu membuat lantai menjadi lantai yang memiliki permukaan rata terlebihdahulu sebelum Anda memasang lantai parket.

Ke dua, lantai parket menimbulkan bunyi pada saat ditapak. Sehingga akan membuat lebih bising jika banyak orang yang menginjak lantai parket ini.

Ke tiga, lantai parket termasuk lantai yang licin. Jadi, jika terkena air Anda harus berhati-hati agar tidak tergelincir.

Ke empat, adanya potensi kerusakan pada lantai parket. Potensi kerusakan ini dapat terjadi dengan mudah, seperti terkena goresan. Jadi keindahan lantai akan berkurang karena terkena goresan.

Selanjutnya adalah kekurangan dari lantai vinyl. Berikut informasinya untuk Anda:

Pertama, lantai vinyl memiliki potensi kerusakan. Jadi perlu berhati-hati jika suatu saat ada suatu kerusakan pada lantai vinyl.

Kedua, lantai vinyl mudah merusak benda yang tajam. Jadi Anda perlu berhati-hati jika menggunakan benda yang tajam di atas lantai vinyl.

Ke tiga, lantai vinyl menggunakan bahan dasar PVC yang berbahaya. Hal ini dikarenakan PVC akan mengeluarkan VOC ke udara. Sehingga kualitas udara akan menurun dan tercemar.

Demikian informasi terkait lantai kayu anti rayap parket dan vinyl. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda dalam menentukan pilihan Anda dalam menggunakan lantai kayu.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan informasi di atas sebagai bahan referensi dan semoga menambah pengetahuan Anda khususnya terkait lantai kayu anti rayap parket dan vinyl.

Jangan lupa untuk selalu cerdas dalam menentukan pilihan. Pertimbangkan baik dan buruknya serta selalu sesuaikan dengan kemampuan finansial Anda. Dengan demikian, Anda tidak akan menyesal dikemudian hari. (fy)


Comment