Lantai Garasi Rumah Sebaiknya Didesain Bagaimana?

lantai carport semen cetak - diminimalis.com

Lantai garasi merupakan elemen penting yang perlu dirancang dengan baik agar kendaraan tidak slip karena licin. Keberadaannya menjadi tempat pijakan roda kendaraan yang Anda miliki. Kekuatan struktur lantai menjadi penting agar saat dipijak roda kendaraan, lantai carport rumah minimalis tetap kokoh.

Lantai Garasi, Lantai Garasi batu alam, lantai carport keramik, lantai carport minimalis
lantai garasi semen cetak – diminimalis.comantai carposr

Lantai Garasi dan Cara Mendesainnya

Lantai garasi minimalis memiliki peran yang penting dalam sebuah struktur carport. Selain kokohnya struktur lantai, ada hal penting lain yang perlu Anda perhatikan ketika hendak membuat sebuah carport, hal tersebut adalah elemen penutupnya.

Material penutup lantai carport memang memiliki fungsi yang cukup penting. Selain sebagai alas lantai, keberadaan penutup ini juga bisa menjadi pemanis tampilan eksterior rumah Anda, tentunya dengan pemilihan yang tepat. Ada banyak jenis material penutup lantai carport yang bisa Anda gunakan, dan keramik adalah salah satu diantaranya.

Selain konstruksi lantai, hal berikutnya yang tak kalah penting adalah material penutup lantai. Ada beragam jenis material penutup lantai yang tersedia di pasaran, mulai dari beton cetak hingga keramik. Masing-masing material memiliki tampilan serta keunggulan yang berbeda.

Namun, apapun jenis material yang hendak Anda gunakan sebagai material penutup lantai carport minimalis, pilihlah jenis material yang tidak hanya kuat menahan beban kendaraan, namun juga memiliki permukaan yang kasar. Pemilihan material berpermukaan kasar dimaksudkan agar saat lantai carport terkena air tidak menjadikannya licin, sehingga tidak membahayakan saat Anda hendak memarkir kendaraan.

Jika Anda hendak memilih material penutup lantai carport, pastikan permukaannya bertekstur kasar, sehingga tidak licin saat tersiram air. Selain itu, pilih bahan yang memiliki daya tahan yang kuat karena akan menahan beban kendaraan. Di bawah ini ada dua material penutup lantai carport yang bisa Anda pilih:

Semen Cetak

Adukan semen ini terdiri dari campuran pasir, semen dan koral kecil. Lantai semen cetak dapat berupa lembaran atau lempengan dengan ketebalan 3cm hingga 5cm. Proses pencetakan pun bisa dilakukan dengan cor ditempat atau cor di tempat lain kemudian di pasang di lantai carport Anda. Agar tampilannya menarik, Anda bisa mengisi nat antar semen dengan material koral sikat atau rumput.

lantai carport minimalis
lantai semen plesteran – diminimalis.com

Semen Plesteran

Lantai semen plesteran merupakan jenis material yang paling sederhana dan murah. Cara pengerjaannya sangat sederhana, hanya dengan memberi plesteran pada permukaan lantai kemudian sebagai finishing, diberi aksen garis dengan menggunakan alat khusus yang disebut trowel.

Demikian penjelasan dan uraian kami tentang lantai garasi dan cara mendesainnya. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang tips garasi aman untuk anak-anak di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Tips garasi aman untuk anak-anak pada rumah minimalis Anda

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.