Mengetahui berbagai jenis lantai carport merupakan elemen penting yang perlu dirancang dengan baik agar kendaraan tidak slip karena licin. Selain konstruksi lantai, hal berikutnya yang tak kalah penting adalah material penutup lantai. Ada beragam jenis material penutup lantai yang tersedia di pasaran, mulai dari beton cetak hingga keramik. Masing-masing material memiliki tampilan serta keunggulan yang berbeda.

Lantai Carport dan Aneka Bahan Pelapisnya

lantai carport, lantai carport batu alam, cara membuat lantai carport
lantai carport batu alam dengan motif yang indah – diminimalis.com

Jika Anda hendak memilih material penutup lantai carport, pastikan permukaannya bertekstur kasar, sehingga tidak licin saat tersiram air. Selain itu, pilih bahan yang memiliki daya tahan yang kuat karena akan menahan beban kendaraan. Terakhir, pertimbangkan pula tentang perawatannya. Di bawah ini beberapa material penutup lantai carport yang bisa Anda pilih:

Semen Cetak

Adukan semen ini terdiri dari campuran pasir, semen, dan koral kecil. Lantai semen cetak dapat berupa lembaran atau lempengan dengan ketebalan 3 cm hingga 5 cm. Proses pencetakan pun bisa dilakukan dengan cor ditempat atau cor di tempat lain kemudian di pasang di lantai carport Anda. Agar tampilannya menarik, Anda bisa mengisi nat antar semen dengan material koral sikat atau rumput.

Semen Plesteran

Lantai semen plesteran merupakan jenis material yang paling sederhana dan murah. Cara pengerjaannya sangat sederhana, hanya dengan memberi plesteran pada permukaan lantai kemudian sebagai finishing, diberi aksen garis dengan menggunakan alat khusus yang disebut trowel.

Beton Cetak

Ada dua jenis beton cetak yang tersedia di pasaran. Beton cetak yang bentuknya padat disebut paving block, sementara beton cetak yang bagian tengahnya berongga adalah grass block. Material ini disebut ramah lingkungan sebab rongga di bagian tengah grass block dapat ditanami rumput yang mampu menyerap air hujan untuk menjadi cadangan air tanah.

Koral atau Batu Sikat

Koral sikat cara pengerjaan bahan ini hampir sama dengan semen cetak. Tetapi bedanya, di setiap permukaan semen ditaburi batu koral sikat, lalu pada saat setengah kering permukaan semen disikat dengan sikat kawat supaya tekstur dari koral sikat lebih muncul. Untuk material jenis ini membutuhkan perawatan berkala untuk mencegah timbulnya jamur, yang terutama disaat musim hujan.

lantai carport, lantai carport batu alam, cara membuat lantai carport
lantai carport batu alam dengan motif yang indah – diminimalis.com

Batu Alam

Lantai carport dengan batu alam memiliki daya tarik tersendiri karena dapat dibentuk dengan motif yang unik dan beragam sesuai selera. Material batu alam yang lazim digunakan sebagai penutup lantai carport adalah batu andesit dan batu kali lempeng. Warnanya yang cenderung gelap menyamarkan noda dan terkesan alami. Untuk mencegah jamur, lapisi permukaan batu alam dengan cairan coating.

Rabat Beton

Apabila Anda ingin keramik dengan lantai yang kuat, Anda dapat menggunakan carport rabat beton. Material ini terkenal mempunyai kekuatan untuk menahan bobot berbagai kendaraan dengan jumlah yang banyak. Rabat beton yang terbuat dari semen, pasir, kerikil akan memberikan kekuatan pada lantai carport Anda. Selain itu, jenis rabat beton yang mempunyai tekstur kasar sangat cocok untuk diaplikasikan pada carport outdoor untuk tambah mempercantik tampilan rumah Anda.

Keramik Hitam

Jenis lantai carport selanjutnya yang sangat cocok untuk digunakan sebagai hiasan lantai rumah Anda adalah keramik hitam. Anda dapat memilih keramik hitam dengan ukuran 20×30 atau 30×30. Harga dari keramik hitam ini juga cukup terjangkau, apabila dibandingkan dengan warna lainnya. Tentunya pemilihan lantai carport ini sangat pas, karena tidak mudah kotor dan kusam sehingga dapat meminimalisir perawatannya.

Vinyl

Inpirasi desain lantai berikutnya adalah material yang terbuat dari vinyl. Meskipun terlihat mempunyai desain seperti lantai kayu, namun lantai vinyl sama sekali tidak memiliki unsur kayu sedikitpun. Kelebihan yang dimiliki oleh lantai ini adalah tahan terhadap air dan tidak mudah memuai apabila terpapar oleh sinar matahari. Selain itu, lantai ini juga antilecet dan tahan terhadap gesekan. Anda dapat memilih motif yang cantik dan menarik.

Marmer Putih

Desain selanjutnya adalah marmer putih yang sangat elegan dan cocok untuk rumah minimalis. Marmer putih ini dapat Anda jadikan sebagai desain lantai dengan nuansa netral. Namun, Anda perlu hati-hati apabila ingin menggunakan material ini. Anda perlu melakukan perawatan ekstra karena jenis lantai ini mudah kotor.

Grass Brick

Grass brick atau grass block merupakan desain carpot yang sangat cocok untuk Anda pecinta lingkungan. Jenis keramik ini selain mempunyai kekuatan yang baik juga memberikan ruang untuk daerah resapan air yang dapat memunculkan warna cerah secara alami. Pada bagian lubangnya terdapat rumput-rumput yang tumbuh, sehingga membuat indah pandangan mata. Carport semacam ini dapat Anda kombinasikan dengan cahaya yang meneranginya waktu malam hari.

Tips Perawatan Lantai Carport yang Benar

Carport memang digunakan untuk menahan beban kendaraan yang cukup berat setiap harinya. Anda harus menggunakan material yang baik agar lantai tetap awet dan tahan lama. Selain itu, Anda juga harus melakukan perawatan yang baik agar lantai carport tetap dalam kondisi baik. Berikut diminimalis sajikan beberapa tips melakukan perawatan lantai yang benar:

1. Menggosok dengan Sikat

Langkah pertama untuk melakukan perawatan pada lantai carport Anda adalah dengan membersihkannya dengan sikat secara berkala. Anda dapat menggunakan sikat lantai apabila kotorannya tidak terlalu sulit. Namun, apabila terdapat kotoran yang sulit dihilangkan, Anda dapat menggunakan sikat kawat.

Anda dapat menggunakan cairan pembersih keramik agar lebih mudah menghilangkan kotoran. Gosoklah secara merata sehingga tidak meninggalkan noda. Bilas keramik dengan air bersih setelah selesai membersihkannya.

2. Rutin Menyapu Lantai

Perlu Anda ketahui bahwa kotoran atau debu yang sering menempel di lantai ternyata dapat membuat keramik menjadi kasar. Kotoran tersebut yang mengering dapat membuat keramik tidak halus lagi. Selain itu juga, pasir yang berada di atas lantai dapat memberikan goresan keramik sehingga teksturnya menjadi kasar.

Oleh karena itu, Anda harus rutin menyapu lantai setiap hari atau setiap terdapat kotoran yang menempel. Cara ini akan membuat keramik selalu bersih dan pastinya dapat menjaga kualitas dari lantai dari carport itu sendiri.

3. Mengepel Setiap Hari

Cara perawatan selanjutnya adalah mengepelnya setiap hari. Cara ini dilakukan untuk membersihkan keramik yang kasar. Gunakan pembersih yang tidak mengandung asam sangat tinggi. Ini dikarenakan kandungan asam yang tinggi dapat mengikis lapisan glazur pada keramik, sehingga dapat mengakibatkan lantai menjadi kusam.

Gunakan juga kain yang lembut dan tidak mempunyai sifat abrasive. Penggunaan kain yang kasar, justru dapat menggores keramik lebih dalam dan dapat membuat permukaan lantai menjadi kasar. Selanjutnya, seringlah mengganti air yang digunakan untuk mengepel. Air yang sering diganti tidak akan menularkan pencemaran pada keramik lain, sehingga tidak membuat tekstur keramik lainnya menjadi kasar.

Demikian ulasan kami tentang berberapa jenis lantai carport yang ideal untuk rumah minimalis Anda, Anda juga bisa membaca ulasan terkait kami lainnya tentang cara mendesain carport yang aman sebagai pelindung mobil Anda. Semoga bermanfaat. (ls) editted by AL110421.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *