Lantai carport minimalis memiliki peran yang penting.. Keberadaannya menjadi tempat pijakan roda kendaraan yang Anda miliki. Kekuatan struktur lantai menjadi penting agar saat dipijak roda kendaraan, lantai carport rumah minimalis tetap kokoh.

Selain kokohnya struktur lantai, ada hal penting lain yang perlu Anda perhatikan ketika hendak membuat sebuah carport, hal tersebut adalah elemen penutupnya.

lantai carport minimalis
lantai carport minimalis – diminimalis.com

Material penutup lantai carport memang memiliki fungsi yang cukup penting. Selain sebagai alas lantai, keberadaan penutup ini juga bisa menjadi pemanis tampilan eksterior rumah Anda, tentunya dengan pemilihan yang tepat. Ada banyak jenis material penutup lantai carport yang bisa Anda gunakan, dan keramik adalah salah satu diantaranya.

Namun, apapun jenis material yang hendak Anda gunakan sebagai material penutup lantai carport minimalis, pilihlah jenis material yang tidak hanya kuat menahan beban kendaraan, namun juga memiliki permukaan yang kasar. Pemilihan material berpermukaan kasar dimaksudkan agar saat lantai carport terkena air tidak menjadikannya licin, sehingga tidak membahayakan saat Anda hendak memarkir kendaraan.

Pembuatan Material Penutup Lantai Carport Minimalis

Beragamnya material penutup lantai yang ada di pasaran akan memudahkan Anda dalam pemilihannya, masing-masing material menawarkan kelebihan yang berbeda-beda. Saran kami, pilihlah material penutup lantai yang mudah perawatannya, sehingga mudah dibersihkan dan tidak cepat kotor.

Keramik

Material jenis ini paling banyak digunakan sebagai penutup lantai carport minimalis dikarenakan warna yang variatif, tekstur serta motif yang unik. Letak carport yang umumnya di area luar rumah, Anda dapat mengunakan bahan keramik yang memiliki tekstur kasar yang umumnya digunakan untuk area outdoor, sehingga tidak licin saat terkena air. Agar material lebih awet dan kuat menampung beban kendaraan yang berat, gunakan keramik yang memiliki dimensi kecil, seperti 30cm x 30cm.

Batu Alam

Area carport yang relatif lebih mudah kotor bisa Anda siasati menggunakan batuan alam sebagai penutup lantainya. Batu jenis andasit dan batuan kali yang memiliki warna gelap akan sedikit menyamarkan lantai, sehingga lantai carport tidak terlihat kotor.

Semen Plesteran

Jika Anda terkendala biaya, material jenis ini bisa dipilih. Pembuatannya cukup sederhana, Anda hanya tinggal mencampur semen, air dan pasir yang kemudian dituangkan di area carport. Sebagai finishing, cukuplah Anda membuat aksen garis pada permukaannya. Mudah bukan?

Semen Cetak

lantai carport minimalis
lantai carport semen cetak – diminimalis.com

Jenis material ini cukup mudah dibuat untuk menutup lantai carport. Anda hanya tinggal mencampur semen, pasir, koral serta air yang dicetak langsung di atas area carport atau di area lain yang jika telah mengering kemudian Anda pindahkan pada area carport. Pada sela-sela nanti bisa Anda gunakan rumput ataupun koral sikat sebagai pemanisnya.

Koral Sikat

Secara umum pembuatanya sama seperti membuat semen cetak, hanya saja pada permukaan atasnya Anda taburi dengan koral sikat. Saat semen hampir mengering, sikat permukaannya dengan sikat kawat agar tekstur koral sikat bisa terlihat dengan jelas.

Beton Cetak

Anda pastinya tidak asing dengan nama paving block, ya.. material yang satu ini terbuat dari beton cetak yang bisa digunakan sebagai penutup lantai carport minimalis Anda. Namun tahukah Anda grass block? Material ini hampir serupa dengan paving block, perbedaannya terletak pada rongga yang dimiliki grass block yang bisa Anda gunakan sebagai media tumbuh rumput. Jadi, lantai carport minimalis tetap terlihat segar.

Jenis Keramik Cantik Carport Rumah Minimalis

Pemilihan carport harus dilakukan dengan teliti, salah satunya memperhatikan jenis material yang digunakan. Material yang akan digunakan harus mempunyai fungsional yang baik. Anda dapat mengkombinasi motif dan warna.

Mari simak beberapa tipe model cantik keramik carport untuk rumah minimalis Anda!

1. Keramik dari Batu Alam

Batu alam merupakan jenis material yang baik untuk mempercantik carport Anda. Penggunaan jenis keramik ini akan menimbulkan kesan netral, sederhana, dan alami.

Jenis batu alam yang dapat Anda gunakan adalah andesit dan batu lempeng. Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan keramik ini dengan cairan coating agar tidak berlumut dan berjamur.

2. Keramik dari Marmer

Keramik dengan material marmer mempunyai peminat paling banyak. Selain mempunyai harga murah, keramik ini juga mudah dalam perawatannya. Anda dapat menggunakan marmer ukuran 30×30 cm untuk menghasilkan marmer yang kuat dan tidak licin.

3. Keramik dari Vinyl

Jenis keramik selanjutnya adalah keramik jenis vinyl. Keramik ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki mobil besar dan anti selip. Anda dapat mengkombinasi dua warna pada pemasangannya agar tampak lebih cantik dan menarik.

4. Keramik dari Rabat Beton

Anda yang mempunyai kendaraan banyak, pastinya membutuhkan carport yang kuat dan tahan lama. Keramik dengan bahan rabat beton sangat cocok dipasang di carport Anda.

Keramik ini kuat karena terbuat dari campuran semen dan pasir yang kemudian ditambahkan adukan semen. Tak heran jika keramik ini mampu menahan beban banyak dan berat.

5. Keramik dari Batu Sikat

Jenis keramik carport terakhir yang dapat Anda gunakan adalah batu sikat. Material ini paling sering digunakan mayoritas pemilik rumah. Batu sikat mempunyai kelebihan yaitu permukaan yang kasar dan tahan kuat.

Anda bisa memadukan beberapa warna untuk mendapatkan hasil yang bagus, seperti monokrom, motif bunga, dan batu-batuan yang bergerigi. Pilihlah warna yang sesuai dengan keramik rumah Anda.

Tips Membersihkan Lantai Carport

Apabila carport sudah terlalu lama digunakan pastinya terjadi penumpukan kotoran dan debu hingga lantai menjadi lembab. Lantai tidak lagi berfungsi dengan baik dan tidak layak untuk di pandang. Ada banyak tips untuk membersihkan lantai carport Anda.

1. Menggosok dengan Sikat

Membersihkan noda yang ada di lantai carport tergantung dengan jenis carport dan jenis kotoran. Anda dapat menggunakan sikat plastik apabila kotorannya sedikit dan lembek. Sedangkan apabila kotorannya cukup banyak dan keras, Anda dapat menggunakan sikat kawat.

Anda juga harus memperhatikan jenis carportnya. Sikat plastik baik digunakan untuk keramik marmer, batu sikat, dan vinyl. Sedangkan, sikat kawat hanya disarankan untuk keramik dari batu alam dan rabat beton.

2. Menggunakan Pembersih Lantai

Kotoran yang sulit hilang seperti cat dapat dihilangkan menggunakan cairan keras atau HCL. Anda hanya perlu menuangkan secukupnya cairan ini. Namun, jika kotoran tidak terlalu sulit, Anda cukup menggunakan cairan pembersih WC saja.

3. Menjaga Kebersihan Lantai

Langkah terakhir yaitu menjaga kebersihan lantai carport agar terhindar dari jamur. Anda bisa menggunakan cairan coating untuk mendapatkan hasil lantai yang kinclong.

Selain menggunakan cairan ini, Anda juga harus rutin membersihkan lantai apabila sudah mulai tumbuh lumut atau jamur. Sapu setiap pagi dan sore agar kotoran tidak menumpuk.

Demikian ulasan mengenai lantai carport minimalis. Anda dapat berkreasi sendiri untuk menghasilkan keindahan pada lantai idaman Anda. Semoga bermanfaat. Selamat mencoba. (Is) editted by AL262020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *