Lampu Hias Rumah Minimalis Yang Menambah Indah Interior Ruangan

Lampu hias rumah merupakan salah satu elemen yang bisa Anda manfaatkan sebagai penghias interior rumah. Banyaknya pilihan yang tersedia di pasaran semakin memudahkan Anda dalam pemilihannya. Mulai dari jenis klasik yang akan mengesankan antik pada ruangan, hingga desain lampu hias minimalis yang akan mengesankan ruangan luas dan elegan. Sorot lampu yang dikeluarkan juga akan semakin menambah hangat suasana ruangan.

lampu hias rumah
ragam lampu hias rumah – diminimalis.com

Lampu hias pada rumah biasanya terletak pada ruang tamu yang penggunaannya dimaksudkan untuk mempercantik ruangan, sehingga menjadikan betah tamu yang berkunjung. Namun, ruangan lain juga tidak kalah berkesan jika ditambahi di dalamnya lampu hias rumah. Ruangan lain seperti kamar dan ruang keluarga bisa Anda coba berikan sentuhan lampu hias, akan lebih menarik tentunya.

Lampu hias rumah minimalis klasik

Semakin berkembangnya bisnis properti pada akhir-akhir ini lebih didominasi dengan banyaknya bermunculan rumah dengan konsep minimalis. Sejalan dengan itu semua, lampu sebagai salah satu elemen penting di dalam hunian juga turut menyesuaikan dengan memunculkan desain lampu hias minimalis. Keberadaan lampu rumah minimalis pada ruangan hunian Anda akan semakin mempercantik tampilan interiornya.

Desain lampu hias rumah minimalis sendiri begitu banyak, dan salah satu model yang cukup digandrungi adalah lampu hias minimalis klasik. Lampu bermodel klasik memang sudah ada sejak jaman dulu, keberadaanya pada sebuah rumah menjadi cerminan status ningrat pada masa itu. Sekarang, jika Anda memilih lampu klasik untuk penerang ruang dalam rumah Anda, akan semakin menarik tentunya.

lampu hias rumah
ragam lampu klasik rumah – diminimalis.com

Lampu hias klasik biasanya terletak menggantung pada plafon ataupun menempel pada dinding rumah. Lampu hias klasik biasanya memiliki bentuk batangan lampu yang melengkung disertai berberapa dudukan lampu di ujungnya. Anda harus ekstra hati-hati ketika hendak membersihkan lampu ini. Desain rumit serta material lampu yang mungkin sudah lapuk akan sedikit mempersulit saat proses pembersihannya.

Tips Memilih Almpu Hias Rumah Minimalis

Dalam menentukan lampu hias rumah minimalis perlu perencanaan yang matang. Jika Anda memilih lampu gantung minimalis misalnya, maka perimbangan jarak plafon dengan lantai perlu dipertimbangkan. Nah, 4 hal berikut bisa Anda jadikan pedoman dalam emmilih  lampu hias dalam rumah.

Sesuaikan dengan konsep ruang

Apa pun jenisnya, baik itu lampu LED, lampu belajar, atau lampu meja, cobalah untuk menyesuaikannya dengan mempertimbangkan konsep ruangan. Sebagai contoh, satu ruangan yang berkonsep minimalis tentu akan sesuai dengan model lampu yang cenderung simpel dengan warna-warna yang kalem enak dipandang mata. Selain itu, cari tahu juga kebutuhan pencahayaan dalam ruangan tersebut. Apakah lampu tersebut berfungsi sebagai penerangan plafon, hiasan dinding, atau justru hanya sebagai elemen dekoratif biasa, cari tahu kebutuhan ruang Anda.

Rancanglah suasana berbeda untuk setiap ruang

Setidaknya, kita mengenal tiga lapis fungsi pencahayaan pada sebuah ruangan. Fungsi tersebut, yaitu menciptakan kenyamanan penghuninya, membentuk nuansa baru, serta menambah nilai estetika. Untuk mencapai fungsi yang kedua, Anda dapat memisahkan bagian ruang di dalam rumah Anda terlebih dulu kemudian pilihlah lampu yang sesuai dengan fungsi tersebut.

Tentukan Posisi lampu

Rumah yang nyaman bisa diwujudkan dengan beragam cara. Soal lampu, satu tips yang paling penting adalah memastikan posisi atau letak lampu tersebut. Dalam hal ini, segera tentukan titik-titik pencahayaan yang berguna untuk menunjang fungsi utamanya. Contohnya, penggunaan lampu pada ruang foyer tidak hanya dimaksudkan untuk menerangi ruangan itu saja, melainkan juga untuk menyambut tamu agar memberikan kesan yang lebih hangat dan ramah.

Perhatikan Ukuran lampu.

Untuk ruangan berukuran kecil, tentu akan lebih cocok jika Anda menggunakan lampu berukuran yang sama. Tujuannya, untuk menghindari kesan ramai dan sesak yang mana juga akan memengaruhi mood penghuninya secara psikologis.

Jika Anda tidak mau direpotkan dengan masalah lampu yang sulit saat dibersihkan, tidak ada salahnya untuk Anda pilih lampu hias rumah minimalis modern yang memiliki bentuk lebih sederhana namun elegan. Lampu hias ini biasanya memiliki bentuk persegi dengan bermacam variasinya yang akan semakin menyemarakkan suasana ruangan. Suasana malam di dalam rumah Anda akan semakin indah dan elegan ketika lampu ini dinyalakan.

Ada satu tips jika Anda hendak memilih lampu hias ruang tamu, yaitu pilihlah lampu yang memiliki ukuran sesuai dengan ruangan, agar pemakaian lampu ini tidak menjadikan ruangan terkesan sempit dikarenakan ukuran lampu hias rumah yang terlalu besar. Salam diminimalis (am). editted by RN04012020


Comment