Lampu Hias Ruang Tamu Menjadikan Interior Semakin Tampak Shine

Lampu hias ruang tamu menjadi salah satu elemen yang penting di dalam ruang tamu. Keberadaan lampu ini akan semakin menjadikan interior ruang tamu Anda menjadi semakin berkesan indah. Apalagi jika nyala lampu memiliki sorot yang sesuai dengan tema ruangan, akan semakin menambah suasana malam Anda bersama tamu dan kolega menjadi semakin ‘bercahaya’.

lampu hias ruang tamu
ragam lampu hias ruang tamu – diminimalis.com

Ruang tamu merupakan ruang yang paling sering Anda dan orang lain singgahi, sehingga pengaturan interiornya harus diperhatikan dengan baik. Tidak hanya dalam pemilihan furnitur dan aksesoris dekoratif di dalamnya yang harus Anda pilah dengan baik, namun juga dari segi pencahayaannya juga tidak boleh terlupa. Apalah artinya memiliki interior ruang tamu yang indah namun tidak bisa dinikmati dengan maksimal dikarenakan pencahayaan yang buruk.

Jenis-jenis Lampu Hias Ruang Tamu

Selain memperhatikan hal-hal teknis, Anda juga perlu mengetahui jenis lampu untuk interior rumah minimalis khususnya ruang tamu yang umumnya dipakai.

1. Chandelier

Chandelier meruapakn pilihan yang sangat tepat untuk dijadikan sebagai lampu hias ruang tamu. Jenis ini akan menarik perhatian banyak orang di ruangan. Anda bisa memilih chandelier yang berbentuk seperti lilin sederhana, atau yang berbentuk juntaian kristal berkilauan.

2. Lampu gantung

Lampu gantung juga takan luput dari perhatian, dengan ketinggian mendekati mata dan kabel atau kawat yang memanjang. Lampu gantung ini cocok untuk menerangi meja ruang tamu secara langsung, membuat ruangan semakin cerah.

3. Lampu hias langit-langit

Jika Adnda ingin memberikan efek dekorasi yang lebih sederhana, Anda dapat memilih lampu hias yang diletakkan pada plafon ruangan.

4. Lampu dinding

Lampu hias seperti ini berguna untuk menambah efek seni. Anda dapat memilih opsi lampu hias yang sesuai dengan nuansa dinding ruangan Anda. Dengan demikian, tidak hanya akan bersifat fungsional, tetapi juga dekoratif.

5. Lampu meja dan lantai

Baik itu lampu hias di meja ataupun lantai, jenis lampu tipe ini menjadi aksesoris akan mampu memberikan efek indah yang berbeda. Ukurannya yang berbeda juga akan menghasilkan daya tarik tersendiri untuk ruangan.

Lampu hias ruang tamu minimalis

Keberadaan lampu hias di pasaran bak cendawan yang muncul dimusim penghujan, Anda akan disuguhi beragamnya model hingga variasi harga lampu hias, mulai dari yang murah hingga berharga mahal. Setiap model menawarkan kesan yang berbeda dalam penggunaannya. Lampu hias dalam ruang tamu memang tidak hanya akan menambah nyaman penghuninya, namun juga akan menjadikan interior ruang tamu semakin menarik.

Memasang lampu hias dalam ruang tamu memang menjadi pilihan yang tepat jika Anda menginginkan suasana yang nyaman dalam ruang tamu. Tapi, tahukah Anda ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda hendak menggunakan lampu hias ruang tamu. Berikut diantaranya:

• Ukuran

Memilih ukuran lampu hias yang sesuai dengan luasan ruang akan menjadikan ruangan terkesan tidak sempit. Ukuran lampu yang sesuai dengan besaran furnitur juga akan menghasilkan perpaduan yang indah.

• Model

lampu hias ruang tamu
lampu ruang tamu – diminimalis.com

Untuk urusan model memang relatif, disesuaikan dengan konsep ruangan. Ada lampu hias ruang tamu dari barang bekas yang memberikan kesan unik pada ruangan. Jika ruang tamu Anda berkonsep minimalis, ada baiknya pilihlah lampu hias yang memiliki model sederhana dan natural agar lebih terkesan menyatu dengan ruangan dan menjadikan kesan lebih luas pada ruangan.

• Warna

Lampu hias pada umumnya memiliki dua macam warna cahaya yang dihasilkan, yaitu warna lampu secara keseluruhan dan warna lampu yang dihasilkan. Memang tidak semua jenis lampu hias akan menghasilkan warna yang sama, maka dari itu sesuaikanlah warna dengan konsep ruang tamu yang diinginkan.

• Efek cahaya

Setiap lampu hias ruang tamu memang memiliki perbedaan pada efek cahaya yang dihasilakan. Ada yang memiliki efek cahaya yang kuat dan ada pula yang berefek lembut. Sorot yang dikeluarkan pun berbeda-beda, ada yang kecil dan ada pula bersorot besar. Jadi, sesuaikan dengan tema ruangan yang diinginkan, agar ruangan menjadi semakin menarik.

Demikian pemabahasan singkat mengenai lampu hias ruang tamu beserta tips memilihnya. Semoga bisa menjadikan panduan Anda saat memilihnya. Salam diminimalis (am). editted by RN11012020


Comment