Lampu eksterior rumah minimalis selain sebagai penerang, juga bisa dijadikan penghias rumah yang indah. Tak terbayang kan jika lampu yang dipasang berjejeran dapat menghasilkan kondisi yang hangat dan nyaman. Apalagi para kreativitas designer yang kian meningkat seiring berkembangnya zaman.

Lampu eksterior banyak sekali jenisnya yang diantaranya yaitu armatur wall light (lampu dinding) biasanya diletakan pada sekitaran daerah kolam renang, armatur step light (lampu tangga) anak tangga yang dihiasi oleh lampu ini akan semakin menambah suasana harmonis karena umumnya lampu armatur jenis ini menggunakan intesitas cahaya yang sayu sehingga visual eksterior semakin romantis.

Lampu Eksterior Rumah Minimalis

lampu eksterior minimalis, lampu eksterior minimalis modern, lampu eksterior rumah, Menata lampu eksterior, Menata lampu eksterior rumah, tata lampu rumah minimalis
lampu eksterior minimalis yang indah- diminimalis.com

Selain jenisnya, dalam mendesain suatu lahan atau ruangan supaya memperindah lahan tersebut dengan lampu eksterior. Haruslah tau berapa anggaran yang akan dikeluarkan. Bayangan anggaran tersebut dapat diketahui dengan merinci seluruh item armatur yang digunakan baik dalam merk, daya, spesifikasi dan posisi penempatannya. Kemudian perkirakan biaya pemasangannya.

Menata lampu eksterior, Menata lampu eksterior rumah, tata lampu rumah minimalis
lampu eksterior yang indah di taman rumah minimalis – diminimalis.com

Cara mendesain agar tempat yang punya semakin indah yaitu pilihlah outdoor yang cocok dan sesuai dengan jenis lampu. Gunakan lampu yang tidak terlalu terang karena pada dasarnya lampu ini akan sangat terlihat indah pada malam hari. Salah satu hal pokok yang perlu Anda ketahui yaitu bentuk dan benda yang akan ditonjolkan dalam tatanan taman.

Dengan menempatkan lampu di low-angle dekat pada permukaan tanah merupakan tips rahasia dari sang desain arsitektur. Karena lampu – lampu tersebut akan membuat sebuah siluet yang sangat unik dari pohon ataupun tanaman dan hewan kecil yang bertebangan disekitaran taman.

Tips Menata Lampu Eksterior Rumah Anda

Pencahayaan memang membuat kita lebih nyaman dan memberikan kesan yang hangat untuk pemilik rumah dan para tamu. Pencahayaan yang diletakkan di taman, depan rumah, ataupun di sekitar kolam renang atau teras. Pencahayaan itu akan membuat suasana lebih menyenangkan dan menghidupkan rumah penuh gaya dan selera. Berikut tips menerangi eksterior rumah Anda dengan berbagai ide.

1. Pencahayaan Detail dari Material

Tips pencahayaan yang pertama adalah pencahayaan lampu eksterior rumah yang diletakkan di teras rumah dan ruang depan tempat bersantai. Anda dapat memberikan pencahayaan di bagian luar ruangan pada bagian kanan yang dapat membuat para penghuni dan pengunjung lebih nyaman melihatnya. Anda dapat menyoroti karakteristik masing-masing material tersebut hingga desainnya terlihat lebih menarik.

2. Dekorasi Dinding dengan Lampu yang Menakjubkan

Sebelum masuk ke dalam rumah, pasti terdapat dinding teras yang mempunyai bagian kosong dan sangat cocok untuk diberikan sentuhan pencahayaan. Anda dapat menggunakan lampu yang memancarkan cahaya ke bawah dan atas yang membuat atsmosfer lebih modern. Letakkan lampu di bagian samping kanan dan kiri pintu atau jendela.

3. Pencahayaan yang Membuat Hangat dan Nyaman

Lampu eksterior rumah yang selanjutnya adalah lampu yang mempunyai variasi material seperti besi. Material ini membuat fokus cahaya semakin terlihat. Selain itu wadah lampu juga bisa memberikan kesan seni pada lingkungan dan membuat efek yang menarik. Anda dapat meletakkan beberapa lampu di samping kolam renang atau tempat bersantai Anda.

4. Memberikan Kesan Atmosfer yang Spesial

Lampu eksterior rumah ternyata bisa memancarkan sinar yang sangat bermanfaat untuk lingkungan di sekitar. Pencahayaan dapat dibuat dengan lebih dekoratif. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan aksen cahaya untuk membuat atmosfer menjadi lebih spesial.

Anda dapat meletakkan lampu-lampu ini di kolam ikan taman Anda. Berikan lampu yang menyorot ke atas untuk menonjolkan keindahan ikan-ikan yang berenang. Selain itu, Anda juga bisa meletakkan lampu disamping kiri dan kanan kolam untuk memperlihatkan keindahan taman dan kola ikan Anda.

5. Memberikan Keindahan Taman

Apabila Anda mempunyai taman yang luas dengan berbagai macam pohon sebagai daya tarik utama. Anda dapat meletakkan lampu untuk difokuskan pada pohon-pohon tersebut. Anda dapat menggunakan gaya dekoratif yang tinggi. Pencahayaan akan semakin menarik jika lampu-lampu yang digunakan berbagai warna untuk menciptakan keindahan taman Anda.

Namun, apabila Anda tidak mempunyai pohon-pohon yang difokuskan untuk meletakkan lampu. Anda dapat menggunakan lampu taman hias di depan rumah Anda. Pencahayaan ini sudah cukup membuat keindahan rumah Anda semakin terlihat menarik di malam hari.

6. Mempercantik Aksen Rumah

Tips selanjutnya adalah mempercantik aksen rumah. Lampu diletakkan pada area masuk rumah. Anda dapat menggunakan desain lampu dengan gaya, lampu tersembunyi, lampu LED yang diletakkan di lantai sepanjang jalan menuju pintu masuk. Tips ini sangat bermanfaat untukk memberikan aksen pencahayaan yang hangat dan sempurna.

7.Cahaya di Rooftop

Tips lampu eksterior rumah selanjutnya adalah menggunakan cahaya lampu yang diletakkan di rooftop rumah. Anda dapat menggunakan lampu LED atau lampu hiasan warna-warni yang diletakkan di sudut ruangan. Nah, untuk menambah kesan cantik, Anda juga bisa menambahkan furniture berupa meja dan kursi.

Keindahan gemerlap bintang akan semakin cantik apabila Anda menikmatinya saat malam hari. Tambahkan juga beberapa tanaman hias di belakang meja dan kursi. Nikmati suasana sejuk nan indah bersama teman dan keluarga.

8. Cahaya di Kolam Renang

Pencahayaan kolam renang biasanya diberikan sentuhan yang tidak begitu diperhatikan. Namun, apabila Anda suka berenang saat malam hari, pencahayaan menjadi penting. Anda dapat menggunakan lampu kombinasi tersembunyi dan lampu dinding yang dapat merefleksikan cahaya langsung dan tidak langsung.

Kolam renang Anda akan semakin cantik dengan pancaran cahaya. Anda pun tidak perlu risau lagi apabila ada hewan yang tiba-tiba masuk tanpa sepengetahuan. Selamat menikmati kesegaran air kolam.

9. Cahaya di Depan Pintu Rumah

Pintu merupakan akses secara langsung untuk menuju ke dalam rumah. Pencahayaan di dekat pintu rumah sangat penting karena untuk memberikan penerangan utama pada bagian lubang kunci yang digunakan untuk membuka pintu. Anda dapat meletakkan lampu eksterior rumah di bagian langit-langit untuk memberikan efek yang nyaman dan aman.

10. Sedikit Cahaya di Lantai Teras

Teras memang menjadi pemandangan utama ketika memasuki sebuah rumah. Pencahayaan di area teras jangan sampai ketinggalan karena akan sangat mempengaruhi keindahan rumah Anda. Selain lampu menuju pintu masuk, Anda juga bisa menambahkan lampu-lampu kecil di lantai teras.

Anda dapat menggunakan lampu LED di belakang tanaman hias atau lampu-lampu kecil di atas lantai. Lampu eksterior rumah ini akan memberikan kesan menarik dan eksotik. Menambah keindahan rumah Anda.

Demikian penjelasan dan uraian kami tentang cara mengoptimalkan fungsi lampu eksterior rumah. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang cara membuat lampu hias sendiri dengan bahan-bahan sederhana di link membuat lampu hias sendiri dengan bahan-bahan sederhana, semoga bermanfaat. (ls) editted by AL090821.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *