Rumah idaman tentu tidak hanya berdasarkan ukurannya yang mungkin besar dan megah. Akan tetapi ada juga tambahan dekorasi yang turut menunjangnya dikatakan sebagai hunian yang nyaman.

Salah satu bagian dari dekorasi bagian adalah lampu eksterior rumah yang biasa kita lihat di bagian taman, dekat pintu gerbang, dan tangga-tangga.

Lampu yang dipasang eksterior rumah sendiri bisa dibuat dan diposisikan pada titik-titik tertentu sesuai keinginan. Tinggal bagaimana pemilik rumah memolesnya menjadi sebuah konsep penerangan yang tidak hanya berfungsi menerangi tapi juga turut mempercantik hunian.

Mengenal Jenis Lampu Eksterior Rumah Minimalis

Meski kelihatannya benda sepele, namun lampu eksterior rumah juga ada beragam jenisnya. Yaitu dibagi menjadi dua: armatur wall light (lampu dinding) dan armatur step light (lampu tangga).

Armatur wall light biasanya diletakan pada sekitaran daerah kolam renang, baik di bagian dinding luarnya maupun area sekitar. Termasuk jika di kolam renang tersebut ada taman, maka lampu-lampu yang dipasang di area taman dan kolam renang tersebut disebut armatur wall light.

Sementara itu, armatur step light (lampu tangga) biasa dipakai pada anak tangga. Biasanya dipasang pada bagian sisi-sisi bawah atau dinding samping bordes.

Ada juga jenis lainnya, yaitu armatur suspension (lampu gantung) dan armatur spot light.

Armatur supension atau lampu gantung sangat baik dipakai untuk penerangan teras rumah. Hasil pencahayaan yang terang dan mampu menyebar dengan baik bisa menjadikan teras rumah nampak indah berkilau.

Sementara armatur spot light (lampu sorot) lebih didesain untuk memunculkan aura keindahan dari sebuah objek seperti tanaman, hiasan air mancur, dan lain sebagainya.

Apapun jenis lampu apa saja yang Anda pilih, tentunya tujuan utamanya adalah untuk membuat rumah makin cantik.

Jika ada budget lebih, mengalokasikan dana untuk membeli lampu-lampu tersebut itu lebih baik. Tapi jika tidak, lebih baik prioritaskan saja untuk lokasi-lokasi yang memang penting.

Contoh Gambar Desain Lampu Eksterior Rumah dengan Konsep yang Indah

lampu eksterior, lampu otudoor, pencahayaan eksterior
Lampu eksterior yang dirancang dengan cantik – Diminimalis.com

Tentu akan terasa indah bila bagian luar rumah minimalis Anda dilengkapi beberapa lampu eksterior untuk membuat kesan elegan di malam hari. Terlebih bila Anda bisa merancang pengaturan tata cahaya pada landscape taman minimalis Anda, maka saat malam hari, rumah Anda akan nampak menawan dilihat dari luar.

Di bawah ini kami sajikan beberapa contoh eksterior rumah minimalis yang indah di malam hari, berkat adanya lampu hias yang dirancang begitu apik dan mempesona.

lampu eksterior, lampu otudoor, pencahayaan eksterior
Lampu di landscape taman yang nampak indah di malam hari. Anda bisa memasangnya di beberapa titik yang memungkinan taman rumah Anda makin indah dilihat – Diminimalis.com
lampu eksterior, lampu otudoor, pencahayaan eksterior
Lampu hias yang membuat koram renang nampak indah. Ide ini juga bisa Anda terapkan jika Anda punya kolam renang dengan taman di rumah – Diminimalis.com
lampu eksterior, lampu otudoor, pencahayaan eksterior
Taman dengan lampu hias yang memperindah tanaman. Pilih tanaman yang sekiranya bagus untuk diberi hiasan lampu – Diminimalis.com
lampu eksterior, lampu otudoor, pencahayaan eksterior
Perpaduan taman dan lampu hias yang cantik dan menawan. Ingin sekedar taman rumah Anda cantik, lampu bisa dipasang di beberapa dahan pohonnya – Diminimalis.com
lampu eksterior, lampu otudoor, pencahayaan eksterior
Eksterior rumah dengan lighting yang cantik – Diminimalis.com
Rumah Tampil Indah di Malam Hari, lampu eksterior, lampu eksterior malam
rumah yang tampil indah di malam hari – diminimalis.com
Menata lampu eksterior, Menata lampu eksterior rumah, tata lampu rumah minimalis
lampu pada eksterior yang indah di taman rumah minimalis – diminimalis.com
lampu eksterior minimalis, lampu eksterior minimalis modern, lampu eksterior rumah, Menata lampu eksterior, Menata lampu eksterior rumah, tata lampu rumah minimalis
lampu eksterior minimalis yang indah- diminimalis.com
lampu eksterior, lampu otudoor, pencahayaan eksterior
Lampu hias di pergola rumah yang nampak canti. Jika Anda punya pergola pribadi di rumah, memasang lampu di sekitarnya bisa jadi ide yang epic lho – Diminimalis.com

Kesimpulan:

Lampu eksterior memang bukanbarang primer yang harus ada pada sebuah hunian. Namun bila ingin menghadirkan suasana pemandangan baru yang indah saat malam hari, bisa dengan menerapkan ide ini.

Hal terpenting seputar pemilihan desain lampu eksterior rumah adalah menyesuaikan lokasi penempatan dengan jenis lampunya. Termasuk juga soal jumlah bola lampu yang dipasang agar bekerja maksimal memberikan penerangan sekaligus mempercantik hunian.

Demikian rangkuman kami tentang galeri berbagai penataan lighting yang sangat indah di eksterior rumah. Semoga galeri tersebut dapat menginspirasi Anda untuk mendesain lampu eksterior yang indah dan menawan rumah minimalis Anda, semoga bermanfaat. (ls) editted by AL08092021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *