Raih Manfaat Lampu Dinding Yang Menarik Dengan 3 Langkah Mudah

Pencahayaan dalam rumah, dihasilkan dari beberapa sumber, alami dari matahari melalui jendela dan buatan dari sorot lampu. Pemanfaatan cahaya alami bisa dengan memperlebar bukaan jendela. Sementara, lampu ruangan bisa dipasang menggantung atau menempel pada dinding.

Lampu menjadi bagian penting yang harus ada di dalam rumah agar aktivitas penghuninya bisa berjalan lancar tanpa terkendala gelapnya ruangan. Bicara soal lampu dinding, ini bisa jadi alternatif terbaik untuk Anda yang menginginkan nuansa penerangan yang anti-mainstream. Bisa diterapkan pada ruangan mana saja dan tidak ada pedoman khusus dalam pemasangannya menjadikan model lampu ini istimewa.

Fungsi Lampu Dinding untuk Pertegas Nuansa Rumah

Lampu jenis ini memang biasanya digunakan pada area outdoor, namun tidak ada salahnya Anda gunakan pada area indoor. Lampu dinding bisa Anda manfaatkan sebagai media sumber pencahayaan rumah yang sekaligus membantu mengekspos keindahan dindingnya.

lampu dinding
lampu dinding minimalis – diminimalis.com

Hampir semua ruangan di rumah Anda akan jadi terlihat berbeda bila dipasang lampu dinding ini. Misalnya pada ruang tamu, Anda tetap disarankan untuk menggunakan lampu gantung sebagai sumber penerangan utama. Hanya saja, akan jauh lebih menarik lagi jika pada dindingnya Anda aplikasikan beberapa lampu untuk menambah kesan hangat.

Sementara itu, untuk kamar tidur, lampu ruangan yang biasanya membutuhkan meja sebagai dudukannya sekarang ada alternatif lain yaitu dipasang di dinding. Anda bisa menempelkan lampu model khusus pada dinding sementara mejanya bisa untuk meletakkan buku ataupun aksesoris kamar.

3 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Akan Memasang Lampu Dinding

Sudah bukan rahasia lagi bahwa di era modern saat ini, keberadaan lampu pada ruangan menjadi barang yang tidak hanya difungsikan sebagai penerang saja namun juga sebagai elemen dekoratif. Oleh karenanya penting untuk jangan sampai keberadaan lampu tersebut tidak memberikan manfaat yang berarti dikarenakan Anda salah dalam perencanaannya.

Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar manfaat lampu dinding bisa Anda peroleh dengan maksimal.

Perhatikan dominasi warna ruangan

Banyak orang yang tidak begitu memperhatikan masalah warna apa yang mendominasi dalam sebuah ruangan. Ruangan yang memiliki dominasi warna terang tentunya tidak begitu membutuhkan lampu hias dinding yang terang, berbeda dengan ruangan yang berdominasi warna gelap di dalamnya.

Poin intinya adalah, jangan sampai Anda salah menerapkan lampu yang redup pada ruangan yang didominasi warna gelap. Sebab, ini akan menjadikan suasana ruangan semakin gelap dan tidak nyaman. Sebaliknya, untuk ruangan yang mengusung dominasi warna gelap seperti abu-abu, Anda bisa memilih lampu dinding dengan sorot yang cerah.

Pemilihan intensitas cahaya

Besar kecilnya intensitas cahaya yang dihasilkan oleh lampu dinding turut menyumbang terciptanya tingkat kenyamanan sebuah ruangan. Cahaya yang terlalu terang akan menyilaukan mata saat dipakai beraktivitas dalam ruangan. Terlebih lagi, jika lampu dengan sorot terang dipasang di kamar tidur, tentu akan cukup mengganggu kualitas tidur Anda.

Jadi, pilihlah lampu tidur dengan intensitas cahaya yang sesuai dengan fungsi ruangan. Sleain itu, bila ada pilihlah lampu yang bisa diatur terang redupnya. Saat ini di pasaran sudah banyak dijual lampu yang bisa diatur intensitas cahayanya dan tentu saja ini akan memudahkan Anda. Jika punya budget cukup banyak, Anda bisa memilih yang sedikit lebih mahal demi mempertimbangkan keawetan fungsinya.

Baca juga: 10 Gambar Model Lampu Hias Rumah Minimalis Modern

Pertimbangkan letak lampu

lampu dinding
lampu menyala pada dinding – diminimalis.com

Terakhir, Anda harus memperhatikan titi peletakkan lampu dinding tersebut. Meskipun Anda sudah menyesuaikan kebutuhan intensitas cahaya yang ada dan juga tidak lupa memperhatikan dominasi warna ruang namun jika penempatan lampu asal-asalan semuanya tidaklah berarti.

Anda harus tepat dalam meletakkan lampu dinding agar diperoleh hasil yang maksimal. Untuk kamar tidur, Anda tidak perlu menginstalnya tepat di atas ranjang dimana kepala berbaring. Anda bisa menggesernya sedikit ke kiri atau ke kanan tergantung selera. Menghindari peletakkan di atas kepala tidak akan mengganggu aktivitas tidur saat lampu menyala.

Jadi, penentuan letak lampu dinding sangat penting ya. Jika Anda sendiri merasa kesulitan dalam mengatur segala sesuatunya, Anda bisa mengkonsultasikannya dengan desainer interior kepercayaan Anda.

Mungkin cukup culu ulasan singkat kali ini tentang beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat akan mengadopsi lampu dinding pada ruangan. Perhatian pada hal-hal di atas cukup penting agar bisa diperoleh tingkat fungsionalitas yang maksimal. Semoga bermanfaat dan salam diminimalis (am). Editted by RN10032020

Baca juga: lampu hias rumah

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.