Jika dibandingkan antara kusen aluminium vs Kayu, mana yang lebih unggul? Pertanyaan yang klasik sebetulnya, namun sebagian orang memang ada yang masih bingung ketika dipaksa membandingkan keduanya.

Padahal, secara sekilas ada perbedaan yang sangat dasar antara kusen aluminium vs kayu dari sisi tampilan. Dari tampilan itulah mudah sekali ditebak seperti apa lebih dan kurangnya dua material kusen tersebut jika disandingkan.

Untuk mendapatkan gambaran lebih jelasnya tentang perbedaan kusen aluminium vs kayu, di artikel kali ini kita akan komparasikan plus minusnya.

Harapannya nanti bisa menjadi pertimbangan penting untuk Anda ketika harus mmeilih satu diantara keduanya.

Tren Kusen untuk Hunian Minimalis Masa Kini

Perkembangan rumah minimalis sebagai hunian masa kini terus mengalami kenaikan. Termasuk dalam hal pengadaan material kusen.

Saat ini sudah ada kusen dengan berbagai material terbaik yang bisa dipilih oleh masyarakat saat ini. Seperti yang sedang kita bandingkan kali ini, yaitu antara kusen aluminum vs kayu.

Khusus kusen kayu, wacana penebangan pohon liar jadi salah satu akibat dari banyaknya demand (permintaan) kayu sebagai bahan bangunan terutama sebagai material kusen.

Untuk itu, sebagai salah satu solusinya, kusen dari bahan non alam sangat penting diadakan. Selain sebaagai opsi tambahan, juga punya peran penting dalam menggantikan ketergantungan kebutuhan terhadap kayu.

Trend ini menjelma menjadi istilah green house dimana telah membuat banyak perubahan dalam konsep desain rumah tinggal. Salah satunya idalah mulai berkurangnya penggunaan bahan kayu dan diganti dengan bahan jadi seperti aluminium dan plastik.

 Kelebihan Kusen Aluminium, keunggulan kusen aluminium, kelebihan kekurangan kusen aluminium, manfaat kusen aluminium
Kelebihan kusen aluminium vs kayu: awet untuk jangka panjang – diminimalis.com

Nah, seperti apa sih kelebihan dan kekurangan kusen dari material kayu jika dibandingkan dengan material lain seperti aluminium ini? Mari kita ulas perbandingannya berikut ini.

Kusen Aluminium VS Kayu, Ini Plus Minusnya

 Kelebihan Kusen Aluminium, keunggulan kusen aluminium, kelebihan kekurangan kusen aluminium, manfaat kusen aluminium
Kelebihan kusen aluminium vs kayu: tidak mudah lapuk – diminimalis.com

Sebelum menjatuhkan pilihan antara kusen aluminium vs kayu untuk rumah minimalis Anda, sebaiknya ketahui dulu kelebihan dan kekurangan keduanya.

Kelebihan kusen aluminium

1. Kusen bahan aluminium tidak mudah lapuk, karena tidak akan dimakan rayap. Bahan aluminium lebih tahan lama, karena tidak menyusut serta mengalami perubahan bentuk akibat perubahan cuaca.

2. Tampilan kusen aluminium dapat dicat atau dilapis dengan motif kayu sehingga menyerupai kayu asli. Selain itu, warna kusen bahan aluminium juga dapat disesuaikan dengan warna ruangan sehingga menyatu dan serasi.

3. Perawatan kusen aluminium lebih mudah dan simpel. Tidak memerlukan cairan pelapis anti rayap seperti halnya pada kayu.

4. Proses pemasangan kusen dengan bahan aluminium lebih cepat dibandingkan kusen berbahan kayu.

5. Salah satu manfaat kusen aluminium adalah untuk memninimalisir berat bangunan rumah. Memiliki bobot yang ringan dan kuat sehingga mudah dipindahkan dan cocok untuk kusen lantai 2.

6. Ekonomis, dalam pengertian biaya proses pembuatan, pemasangan, dan perawatannya.

Kekurangan Kusen Aluminium

1. Pemasangan dengan harus menggunakan sistem fischer.

Cara pemasangan ini mengandalkan kekuatan sekrup yang dipasangkan melekat pada dinding dan harus dipasang dengan presisi agar kuat. Mengingat bahan aluminium tidak setebal kayu, maka sekrup harus ditanam cukup dalam.

2. Jika terjadi kesalahan dalam pemasangannya, bisa berakibat fatal

Alangkah baiknya, bagi Anda yang belum ahli memasang kusen aluminium, sebaiknya menyewa jasa yang profesional dan berpengalaman. Sebab, dampak buruknya pada barang yang sudah tidak bisa dipakai lagi dan tentu saja memerlukan biaya pembelian lagi.

3. Sambungan yang kurang baik pada siku atau kaca dapat menyebabkan air hujan dapat masuk

Untuk itulah bahan penyambung atau karet penyekat antara kaca dengan alumunium harus dari bahan berkualitas dan tahan lama agar air tidak mudah masuk ke dalam kusen.

Kelebihan Kusen Kayu

Meski membutuhkan biayas mahal, kusen berbahan kayu juga memiliki lebih banyak kelebihan dibandingkan dengan kusen bahan aluminium, diantaranya yaitu.

1. Kusen berbahan kayu tampilannya terlihat lebih natural.
2. Kayu dapat menahan panas atau dingin dari luar ruangan

Baca juga: Manfaat pintu geser dan kekurangannya untuk rumah minimalis Anda

Kekurangan Kusen Bahan Kayu

1. Saat ini sulit mendapatkan kayu dengan kualitas yang baik. Kalaupun ada, harganya cukup mahal.
2. Kusen berbahan kayu tidak anti keropos, karena bisa dimakan rayap.
3. Kusen kayu bisa menyusut dan menyerap air sehingga menyebabkan volume kayu berubah. Akibatnya pintu atau jendela sulit dibuka karena salah satu sudutnya memuai.
4. Perawatan kusen berbahan kayu tidak simpel.
5. Biaya proses pembuatan dan pemasangan kusen berbahan kayu lebih mahal jika dibandingkan kusen bahan aluminium.

Dari mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan kusen minimalis vs kayu di atas, mana yang menurut Anda layak dipilih?

Apapun pilihan Anda, sebaiknya pertimbangkan faktor lainnya seperti ketersediaan budget dan hal lainnya.

Semoga ulasan singkat tentang perbandingan kusen aluminium vs kayu ini bisa bermangfaat untuk Anda. Sampai jumpa. (ls) editted by RN21082021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *