Dekorasi Rumah Semakin Indah dengan Kursi Bar

Rumah minimalis dengan banyak ornamen di dalamnya memang kesannya semrawut. Namun, apa jadinya jika ada beberapa furniture yang unik justru bisa menambah kesan elegan pada ruangan? Kursi bar adalah salah satu dari sekian banyak furniture minimalis yang bisa dimanfaatkan untuk hal lain.

Pemanfaatan kursi bar bisa untuk bermacam-macam keperluan. Bisa untuk meletakkan vas bunga, buku, atau benda penting lainnya. Untuk mewujudkan hal tersebut, sudah sepatutnya untuk dipikirkan dimana peletakannya sekaligus bagaimana desain terbaiknya.

Ide Memanfaatkan Kursi Bar untuk Mempercantik Interior Rumah

Kursi bar atau yang lazim disebut stool biasanya ditaruh di area bar sebagai tempat duduk sambil menikmati minuman kesukaan. Pada sebagian rumah kursi ini juga dipakai pada ruang makan dan sebagai tempat duduk saat berias. Bentuk kursi yang tidak memiliki sandaran sangat memudahkan Anda dalam penataannya.

kursi bar
pemanfaatan kursi bar – diminimalis.com

Stool memiliki bahan yang cukup beragam, mulai dari kursi bar minimalis berbahan stainless steel hingga kursi bar kayu bermotif ukiran. Ukuran stool juga memiliki bentuk yang sangat variatif menyesuaikan fungsi dan kebutuhan pemakainya. Stool sangat cocok sekali digunakan pada rumah yang berkonsep minimalis dikarenakan bentuknya yang menihilkan sandaran sehingga mengesankan ruang yang lebih luas.

8 Inspirasi Penggunaan Kursi Bar Sebagai Pemanis Dekorasi Rumah Anda

Selain stool bisa difungsikan sebagai tempat duduk yang mengesankan luas pada ruangan stool juga memiliki 8 fungsi lain. Fungsi-fungsi ini bisa Anda kreasikan sebagai elemen dekorasi rumah minimalis yang unik.

Nah, berikut ini beberapa ide dekorasi dengan memanfaatkan kursi bar yang bisa Anda adopsi ke dalam rumah minimalis Anda.

Tempat display koleksi favorit

Jika Anda memiliki banyak koleksi mainan atau keramik yang perlu dipajang pada sudut ruangan, stool atau kursi bar bisa menjadi tempat displaynya. Koleksi favorit Anda akan terlihat lebih menarik saat diletakkan di atasnya. Anda hanya perlu menyesuaikan besaran bentuk yang dimiliki benda pajangan tersebut dengan ukuran stool agar terlihat pas.

Jika Anda bingung memilih benda pajangan apa yang cocok untuk ada di atas kursi bar, piagam penghargaan bisa dipilih jika punya. Bisa juga benda antik yang dibeli di luar kota bisa dipajang di atas kursi bar. Bayangkan, jika nanti diletakkan di salah satu sudut ruang tamu maka akan terlihat keren.

Alas vas bunga dan pot

Koleksi tanaman hias maupun vas bunga akan sangat menarik jika dalam menempatkannya Anda alasi dengan stool ini. Agar terkesan lebih alami, Anda bisa menggunakan stool berbahan kayu yang Anda letakkan di dekat pintu masuk atau jendela agar tanaman cukup terkena sinar matahari. Jika memilih kursi bar dari besi maka Anda bisa mengusahakan yang sudah dicat warna putih atau warna netral lainnya. Warna ini akan sesuai jika dikombinasikan dengan warna apapun.

Dudukan cermin

Memasang cermin tidak harus menempel pada dinding. Anda bisa menyusun beberapa kursi bar hingga sesuai dengan tinggi yang diinginkan sebagai tempat cermin. Saat ingin merubah posisi cermin Anda tidak perlu merusak dinding rumah jika menggunakan stool ini untuk dudukan cerminnya. Ini bisa jadi ide cemerlanng dimana tidak semua orang berani mengusung konsep seperti ini.

Meja wastafel

Kursi bar bekas yang sudah tidak terpakai jangan Anda sis-siakan, Anda bisa memfungsikannya sebagai meja wastafel yang unik. Kamar mandi tentunya akan terlihat lebih menarik dengan kehadiran wastafel beralas stool ini. Gunakan stool bekas yang berbahan kedap air seperti stainless steel ataupun plastik agar tidak mudah rusak terkena air. Di atasnya, Anda bisa meletakkan berbagai barang keperluan pribadi seperti sabun cuci tangan, sikat gigi dan sebagainya.

Storage kamar mandi

Stool biasanya memiliki bentuk kotak dan bulat dengan rongga di dalamnya. Anda bisa menyusun beberapa stool yang rongganya menghadap keluar sebagai storage peralatan mandi. Dengan begitu, Anda tentunya tidak akan kerepotan lagi untuk mengorganisir peralatan mandi Anda.

Tempat lampu tidur

Kursi bar minimalis
tempat lampu dari stool – diminimalis.com

Pada area kamar tidur, anda juga bisa mengkreasikan stool ini sebagai tempat dudukan lampu. Luasan kamar tidur yang biasanya sempit akan terkesan luas dengan penggunaan stool ini. Anda juga bisa memanfaatkannya menjadi tempat meletakkan buku yang Anda baca menjelang tidur. Stool yang dipilih bisa dari kayu ataupun bahan stainless tergantung kesukaan Anda.

Nampan di kamar tidur

Terakhir, Anda bisa memanfaatkan kursi bar ini menjadi nampan makanan di tempat tidur saat Anda menginginkan menyantap sesuatu sebelum tidur. Meletakkan gelas atau wadah cemilan ringan akan membuat Anda lebih terlayani dengan baik di rumah Anda sendiri. Anda bisa menggunakan stool yang memiliki empat kaki agar memudahkan saat penggunaannya.

Baiklah, mungkin itu dulu ulasan dari kami tentang ide memanfaatkan kursi bar untuk menunjang tampilan interior. Semoga apa yang kami tulis bermanfaat. Salam diminimalis (am). Editted by RN04032020


Comment