Rumah yang mengambil capture alam sebagai tema memang diimpikan oleh banyak orang. Konsep rumah back to nature jadi istilah yang familiar untuk pemilik hunian yang menginginkan kesan sejuk dan asri.

Jadi, konsep rumah back to nature ini mengedepankan suasana alam sebagai lingkungan sekitarnya. Bahkan konsep ini ibarat sebuah rumah yang sebisa mungkin lokasinya ada di tengah hutan.

Tidak hanya itu, konsep rumah bertema alam juga masuk ke dalam bagian interior nya. Hal ini tercermin pada berbagai furniture yang sedikit banyak atau didominasi oleh material dari bahan alam.

Tujuan dari ini tentu saja adalah berkaitan dengan dukungan konsep yang memang sengaja dibuat seperti itu.

Konsep back to nature ini sendiri sampai kini masih selalu menjadi tema yang sering dipadukan oleh arsitek dari berbagai aliran gaya dan desain rumah. Meski tak semua desain cocok dikombinasikan dengan konsep alam, namun kebutuhan hunian yang sejuk dan asri, membuat konsep ini bisa dipadukan dengan desain kontemporer.

Sebagaimana maknanya, desain rumah back to nature menggunakan suasana alam sebagai tema utama. Untuk melahirkan tema alam tersebut, materal bertema alam seperti bata ekspos banyak digunakan.

Material ekspose baik untuk eksterior maupun interiornya menjadi penting untuk diaplikasikan pada bagian dalam rumah.

Batu ekspose sendiri mampu memberikan kesan eksotis pada tampilan rumah minimalis. Sedangkan finishing tampilan bata ekspose yang tidak tertutupi dengan semen akan memberikan tampilan yang alami. Kedua material ini jika Anda aplikasikan para desain rumah Anda maka hasilnya tidak akan mengecewakan.

konsep back to nature, konsep rumah back to nature, konsep bangunan back to nature
Konsep rumah back to nature yang terlihat eksotis – diminimalis.com

Rumah minimalis dengan desain back to nature akan semakin terlihat lebih luas dengan adanya penataan ruang yang tepat. Penghuni rumah minimalis tersebut tidak harus masuk ke dalam ruangan yang lain karena penempatan ruangan tertentu telah berada di luar ruangan.

Dengan begitu desain rumah yang segar ini akan mampu memberikan nuansa damai bagi Anda.

Ide Konsep Back to Nature dan Tahapan Tembuatannya

Desain rumah minimalis “kembali ke alam” akan memberikan tampilan rumah yang terkesan eksotis dan moderen secara bersamaan. Pada bagian atap rumah back to nature biasanya dibentuk dengan ukuran yang besar. Atap rumah akan terlihat kokoh dan semakin terlihat menarik dengan adanya tampilan ruangan yang dibuat pada bagian luar ruangan.

Jika dibandingkan dengan desain rumah minimalis biasa, desain konsep rumah back to nature memiliki perbedaan yang amat mencolok. Perbedaan tersebut terletak pada bagian desain, onstruksi bangunan dan nilai artistik yang dimiliki oleh bangunan bermodel back to nature. S

elain itu, ada faktor lainnya yang mampu membuat tampilan rumah bermodel back to nature dapat terlihat lebih eksotis, seperti:

Penggunaan bahan material yang digunakan

Untuk menciptakan kesan eksotis pada rumah minimalis bergaya natural, Anda bisa menggunakan bahan material yang mampu menonjolkan desain keasrian rumah minimalis Anda. Bahan material yang digunakan mampu membuat sisi-sisi bangunan terlihat mencolok dan mudah untuk dikenali.

Penempatan ruang

Jika pada desain rumah minimalis beberapa ruangan berada di bagian dalam rumah, rumah back to nature sengaja ditempatkan pada luar ruangan. Ruangan tersebut dilindungi dengan atap yang dibuat dari dag beton. Pada bagian sisi ruangan tersebut dilengkapi dengan tanaman segar yang mampu memberikan kesan alami.

Baca juga: Tips dan Cara Membuat Bata Ekspos pada Dinding

Menentukan lokasi pembuatan rumah minimalis

konsep back to nature, konsep rumah back to nature, konsep bangunan back to nature
Desain konsep rumah back to nature_Penempatan lokasi yang tepat, akan semakin menguatkan konsep rumah back to nature yang akan Anda bangun – diminimalis.com

Agar bangunan rumah yang dibangun dapat terlihat semakin eksotis, posisi bangunan harus tepat pada tempatnya. Lokasi bangunan sangat mempengaruhi bagaimana penampilan rumah back to nature nantinya.

Tampilan rumah yang eksotis dan penuh akan tanaman ini dapat memberikan rasa segar dan nyaman bagi para penghuninya. Penghuni rumah akan betah berlama-lama di dalam rumah dengan adanya desain rumah minimalis bergaya nature ini.

Bagi Anda yang tinggal di kota-kota besar, desain rumah dengan tema kembali ke alam, tentu merupakan konsep yang tepat untuk dipilih. Demikian ulasan kami tentang konsep rumah back to nature, semoga bermanfaat.(ls) editted by RN06082021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *