Dalam menentukan kombinasi warna dinding rumah, baik untuk area dalam (interior) maupun luar (eksterior), sudah semestinya melalui berbagai pertimbangan. Setidaknya, harus sesuai dengan tema rumah minimalis Anda. Warna dinding untuk rumah klasik misalnya tentu berbeda dengan rumah berkonsep modern. Atau lagi misalnya untuk rumah bergaya Eropa; skandinavian, mediteranian mungkin juga beda dengan rumah kebanyakan di Asia khususnya Indonesia.

Pentingnya memilih kombinasi warna dinding adalah karena pengaruhnya cukup besar pada tampilan rumah. Meski mungkin sebagian orang menganggapnya “ah cuma sekedar tampilan”, namun ternyata ahli desain rumah mengatakan penting. Tidak lain karena dari tampilan itulah nantinya memunculkan kenyamanan dan ketenteraman.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai tips menentukan kombinasi warna yang tepat untuk dinding dalam maupun luar rumah. Nanti kita bicara juga soal apa saja hal yang melatarbelakangi pentingnya pemilihan warna tersebut, serta tips agar ditemukan kombinasi wana dinding yang tepat.

Membedakan Strategi Dasar Pengecatan Dinding Interior dan Eksterior Rumah

Meski memadukan warna cat dinding terbilang mudah, namun tetap saja ada beberapa orang yang masih kebingungan. Bingung bukan berarti karena tidak ada pilihan. Namun justru karena saking banyaknya pilihan menjadikan sulit menentukan kombinasi warna seperti apa yang cocok.

Sebelum kita bicara soal tips menemukan kombinasi yang tepat, kita akan mengenal terlebih dahulu dua area dinding yang akan dicat. Kita bedakan menjadi dua, yaitu dinding interior dan eksetrior serta bagaimana mengatur pola penerapan warna pada keduanya.

Dinding interior

Karakater dinding interior rumah yang tidak terkena panas dan hujan secara langsung (kecuali bocor), menjadikan pemilihan warna cat jadi sedikit lebih mudah. Bahkan untuk semua bagian interior ruangan, cat warna apapun tetap masuk dan blended. Soal pemilihan jenis juga tersedia pilihan cukup banyak di pasaran. Meski demikian, memlih kombinasi dinding interior yang tepat juga tetap perlu usaha. Setidaknya perlu diselaraskan dengan tema ruangan.

Dinding ekstertior

Bagian luar rumah selalu punya potensi lebih besar untuk mudah rusak. Termasuk pada cat dinding, yang mana jika tidak dipilih yang terbaik maka akan cepat rusak dan perlu pembaruan lagi dalam waktu dekat. Penyebabnya tidak lain karena kondisi lingkungan bagian luar rumah yang rawan panas dan hujan. Jadi, harus memilih cat dinding khusus eksterior dengan kualitas ketahanan yang jauh lebih baik ketimbang cat untuk interior.

Manfaat Memilih Kombinasi Warna Dinding yang Tepat

Pentingnya memilih kombinasi warna dinding interior dan eskterior yang tepat untuk rumah minimalis Anda adalah karena perpaduan warna yang tepat akan berefek positif. Ruangan yang tadinya terasa sempit bisa secara visual akan terlihat lebih luas. Kemudian jika diterapkan pada eksterior, secara tampilan luar rumah akan memikat dan enak dilihat meski dari jauh.

Memang bisa saja hanya mengaplikasikan satu jenis warna untuk keseluruhan dinding rumah, tetapi secara visual tampilannya akan menjadi sangat membosankan. Maka dari itu, manfaat memilih kombinasi warna cat rumah yang tepat akan membuatnya rumah lebih nyaman dan menawan untuk ditinggali.

Itulah alasan pentingnya memperhatikan kombinasi warna cat yang akan diterapkan pada dinding rumah minimalis Anda. Semakin tepat kombinasi warna yang dipilih maka hasilnya akan semakin bagus dan enak dipandang.

paduan warna dinding, paduan warna dinding rumah, paduan warna dinding rumah minimalis, paduan warna cat dinding rumah
ruang tengah dengan memadukan warna ungu dan putih menjadikan ruangan nampak mewah – diminimalis.com

Tips Memilih Kombinasi Warna Dinding Berdasarkan Konsep dan Tema

Kombinasi warna dinding yang tepat cukup penting untuk diterapkan pada interior rumah minimalis mewah Anda. Bukan sekedar membuat rumah nampak cantik, namun juga menjadikan setiap detail bangunan rumah terlihat jelas.

Menentukan pilihan warna cat rumah seringkali bukan pekerjaan mudah, apalagi ketika harus dimulai dari memilih warna cat dominannya. Jika sudah ditentukan warna dominan, selanjutnya ada hal yang lebih membingungkan lagi, yaitu tips memilih kombinasi dua jenis warna atau lebih yang berbeda menjadi satu.

Maka dari itu akan lebih baik jika mulailah mengenali bagaimana kondisi rumah, tema apa yang diusung sehingga mudah ditemukan kombinasi warna terbaik yang paling cocok untuk dinding rumah minimalis Anda. Berikut ini beberapa tips memilih kombinasi warna dinding dengan berbagai penyesuaian.

Warna pastel untuk konsep desain mediteranian

Untuk desain mediteranian mungkin lebih cocok dengan warna-warna pastel seperti krem, coklat, putih, hitam, dan juga emas. Akan tetapi perlu di ingat bahwa warna-warna tersebut tidak begitu cocok untuk dikombinasikan dengan konsep bangunan kontemporer.

Pentingnya kombinasi warna dinding, paduan warna dinding, paduan warna dinding rumah, paduan warna dinding rumah minimalis, paduan warna cat dinding rumah
ruang tv dengan memadukan warna ungu dan putih menjadikan ruangan nampak mewah – diminimalis.com

Kombinasinya dengan perabot berwarna netral menjadikan ruangan makin cantik dan enak dilihat. Apalagi jika ada tambahan aksesoris seperti lampu hias, akan lebih indah lagi tentunya.

Baca juga: Ternyata Begininalah Cara Mengupas Cat Dinding yang Efektif

Lebih banyak pilihan warna untuk rumah kontemporer minimalis

Untuk bangunan dengan gaya kontemporer minimalis, pilihan warnanya relatif lebih banyak. Yaitu mulai dari warna pop, gelap bahkan yang cerah. Sedangkan untuk rumah dengan ukuran sedang dan kecil, sangat disarankan untuk memilih dan mengkombinasikannya dengan warna-warna yang cerah, seperti halnya warna putih, orange.

Warna cerah pada dinding yang dikombinasikan dengan warna hitam atau abu-abu pada meja atau sofa akan terlihat menyatu. Bia juga warna abu-abu bisa diaplikasikan pada dinding dengan kombinasi putih pada langit-langit dan warna abu-abu gelap atau hitam untuk sofa.

Pada intinya, menentukan kombinasi warna dinding baik penerapan untuk interior maupun eksterior haruslah penuh dengan petimbangan yang matang. Beda antara cat interior dengan eksterior karena masing-masingya memiliki karakteristik tersendiri. Anda mesti mengenali konsep ruangan, tentukan warna dominannya, dan atur warna tambahan sebagai motif sesuai selera. Semoga dengan cara sederhana itu, keinginan mewujudkan rumah yang bagus bisa terwujud dengan mudah.

Baiklah mungkin itu saja dulu ulasan kami tentang pentingnya menentukan kombinasi warna dinding yang pas pada rumah minimalis. Semoga apa yang kami bahas pada artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda sekalian. (ls) editted by RN04022021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *