Mengaplikasikan Kombinasi Cat Dinding Kontras pada Ruangan dalam Rumah

Memiliki rumah dengan pilihan warna yang semuanya sama tentu akan sedikit membosankan untuk dilihat jika sudah dihuni bertahun-tahun. Bolehlah sekali-kali memadukan beberapa warna berbeda agar ada kesan hunian yang lebih “hidup”. Bisa dengan mengaplikasikan kombinasi cat dinding kontras pada satu atau beberapa ruangan yang Anda inginkan. Pada ruang tamu misalnya, sudah cukup bagus jika Anda berencana mengaturnya dengan baik.

Pada ruangan lain tentu saja juga tidak kalah menarik dan menantang untuk menghasilkan kombinasi warna dinding kontras. Sebab soal hasil, yang terpenting adalah bagaimana anda mengatur kombinasinya dengan tepat. Warna-warna kontras bisa menjadi pilihan yang tepat jika ingin mengusung suasana ceria. Tinggal nanti sesuaikan saja dengan warna-warna tambahan yang diinginkan.

Memilih Kombinasi Cat Dinding Kontras yang Tepat pada Ruangan

Kombinasi cat dinding kontras merupakan alternatif yang bisa Ada kreasikan agar rumah tidak terlihat membosankan. Salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk mengubah suasana rumah adalah dengan menggabungkan beberapa warna. Anda bisa mengaplikasikan kombinasi warna-warna berani atau kontras sebagai cat dinding rumah Anda.

Dari sekian banyak hal penting soal menentukan kombinasi cat dinding kontras, menentukan pilihan kombinasi warna yang tepat adalah hal yang harus diprioritaskan. Mulailah dengan menentukan warna utama, lalu lanjutkan dengan memilih satu atau dua warna sebagai tambahan kombinasi.

warna dinding kontras, perpaduan warna cat tembok dan kusen, warna cat ruang tamu 2 warna
warna kontras di ruang tengah yang indah – diminimalis.com

Jika sudah mendapatkan keputusan warna dominan yang dipilih, selanjutnya bisa mengusahakan hal lainnya yaitu penyesuaiandengan warna elemen lain dalam ruangan. Jika furniture di domainasi oleh warna terang, maka sudah cukup mendukung rencana Anda untuk mengkombinasikan warna-warna kontras dalam satu ruangan.

Sekarang mari kita lihat lebih jauh soal bagaimana sebaiknya emngatur kombinasi warna yang tepat apda sebuah ruangan.

Ide Kombinasi Cat Dinding Kontras pada Ruangan Minimalis

Tentu saja, setiap orang memiliki pilihan warna yang berbeda sesuai dengan selera masing-masing. Bila Anda menyukai ruangan bertema ceria, ada baiknya Anda mencoba mengaplikasikan pemainan warna kontras. Berikut adalah cara memadukan warna cat dinding pada rumah minimalis:

Kombinasikan dua atau tiga jenis warna untuk rumah dua lantai. Untuk rumah satu lantai, maka dinding bagian bawah dan bagian atas bisa dicat menggunakan warna cat yang berbeda. Bagian lain yang menonjol seperti kanopi beton atau tiang bangunan dapat dicat menggunakan warna putih untuk penyeimbang.

Dalam permainan kombinasi warna sebaiknya Anda menyesuaikan dengan fungsi ruang dan kesan yang ingin diciptakan. Misalkan Anda ingin membuat kesan ruang tamu atau ruang keluarga terlihat lebih akrab dan hangat, maka Anda bisa menggunakan warna coklat muda, krem ataupun putih. Untuk memberi kesan anggun, anda bisa menerapkan dinding dengan warna putih, ornamen hitam, dan furnitur berwarna ungu tua.

Kombinasi cat dinding kontras, warna dinding kontras, perpaduan warna cat tembok dan kusen, warna cat ruang tamu 2 warna
warna kontras yang sesuai dengan karakter kamar anak  – diminimalis.com

Untuk bagian interior lain, pilihlah warna-warna yang sesuai dengan fungsi ruangan. Warna hitam dan putih menjadi kombinasi warna terbaik untuk menghasilkan kesan kontras. Warna hitam dan putih bisa Anda pasangkan dengan warna lain, namun Anda perlu memperhatikan tingkat kecerahannya.

Untuk memberikan kesan pada setiap interior ruangan, Anda bisa memilih jenis warna-warna berikut :

• Warna hangat, didapat dari warna merah, oranye atau kuning.
• Warna segar didapat dari warna hijau.
• Warna tenang didapat dari warna abu-abu dan biru.
• Warna netral didapat dari warna putih dan abu abu.

Untuk menghadirkan efek kontras yang pas, Anda perlu memperhatikan paduan warna sesuai proporsinya. Anda bisa menentukanwarna yang mana yang lebih sedikit bagiannya, dan warna apa yang perlu mendapat porsi lebih banyak. Anda bisa mengatur seberapa sedikit bagian yang terang dan seberapa banyak bagian yang gelap. Jika pemilihannya tepat, kontras yang Anda hadirkan bisa menyegarkan mata.

Sebaliknya, jika pemilihannya kurang tepat bisa jadi malah hanya akan merusak pemadndangan sahja. Pengaturannya bisa berantakan dan membuat ruangan makin kurang estetis padahal tujuannya adalah ingin membuat ruangan lebih bagus dengan cat tadi.

Jadi, semoga denga kombinasi cat dinding kontras pada ruangan yang Anda inginkan bisa teruwujud tampilan interior yang lebih baik. Jika Anda ragu melakukannya sendiri maka bisa memanggil tukang yang profesional di daerah Anda.

Mungkin demikian ulasan kami tentang merancang kombinasi cat dinding kontras pada rumah minimalis Anda. Semoga berhasil mewujudkan rumah dengan ruangan yang serasa hidup. Sampai jumpa. (ls) editted by RN04012021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.