Menambahkan Kolam Renang Indoor di Dalam Rumah untuk Beri Kesan Mewah

Bisa rutin berenang sepertinya benar-benar menyenangkan ya? Olahraga, bermain air sembari melepaskan diri dari penatnya aktivitas seharian. Terlebih lagi jika punya kolam renang sendiri di rumah. Aktivitas renang akan jauh lebih nyaman dan bisa menggunakannya kapan pun kita mau.

Sayangnya, untuk memiliki kolam renang tidak selalu mudah dan murah. Biasanya diawali dengan keputusan berat akan memiliki kolam renang indoor di dalam rumah atau outdoor saja. Lalu mau ukurannya berapa. Kontraktornya siapa, dan lain-lain. Biasanya akan membuat siapapun bingung, apalagi jika pertama kali.

Kemudian mesti juga memikirkan ukuran, bentuk, hingga kebutuhan desain detailnya. Jadi, membuat sebuah kolam renang bukan perkara yang mudah. Banyak orang bimbang karena tidak tahu harus bagaimana mewujudkannya. Untungnya, sekarang ini sudah banyak jasa kontraktor kolam renang yang bisa disewa. Anda percayakan saja pada ahlinya, pasti beres.

Mengenal Jenis Kolam Renang Indoor

Secara umum, berdasarkan sifat pemakaiannya, kolam renang dibagi menjadi dua. Yaitu, private swimming pool atau kolam renang pribadi dan public pool atau kolam renang umum.

Kolam renang pribadi biasanya dibangun di dalam rumah dan hanya digunakan oleh sang pemilik atau kerabat dekat saja. Sementara kolam renang umum seperti yang sering kita kunjungi dengan harus membeli tiket masuk sebelum diperbolehkan berenang.

Terkait karakter ukuran, kolam renang pribadi biasanya berukuran 3.7 m × 7.3 m sampai 6.1 m × 12 m. Ukuran kolam pribadi ini termasuk lebih kecil dibandingkan dengan kolam umum atau kompetisi.

Sementara itu, kolam renang juga dibedakan menjadi dua menurut letak dan posisinya.  Yaitu, kolam renang indoor dan outdoor. Kolam renang indoor sendiri yang mana artinya dibangun di dalam ruangan dibedakan menjadi dua juga; ground dan highrise.

Kolam renang indoor model Ground dibangun di lantai dasar sedangkan highrise adalah kolam yang berada di gedung bertingkat. Kolam renang outdoor sebagaimana namanya, letaknya di luar ruangan atau tidak beratap.

Kolam renang pribadi yang dibangun di area rumah tidak harus indoor, bisa juga outdoor. Namun memang kolam renang outdoor butuh lebih banyak space lahan sisa karena posisinya di luar rumah. Adapun yang akan lebih banyak kita bahas pada kesempatan kali ini adalah kolam renang indoor. Jadi, simak saja sampai selesai ya.

Keuntungan Memiliki Kolam Renang Indoor

Kolam renang indoor sekarang ini sudah seperti menjadi identitas penting sebuah hunian modern. Meski untuk membuatnya tidak mudah, namun banyak orang berupaya mewujudkannya demi mendapatkan manfaat dari keberadaan kolam renang itu sendiri.

Salah satu manfaat paling besar, tentu  bisa berenang tanpa harus keluar rumah. Jika kolam renang indoor kaitannya dengan privasi yang jadi lebih terjaga. Bagi wanita yang biasa berjilbab misalnya, tentu tidak akan ragu lagi untuk berenang di kolam renang dalam rumah.

 kolam renang indoor, kolam renang dalam rumah, kolam renang dalam rumah minimalis, desain kolam renang di dalam ruangan, Desain Kolam Renang Indoor, Desain Kolam Renang Indoor minimalis, desain kolam renang dalam rumah

desain kolam renang indoor dengan pencahayaan alami yang maksimal – diminimalis.comSelain manfaat utamanya sebagai tempat berenang, desain kolam renang indoor di dalam rumah kadang juga dibangun untuk kepentingan dekoratif hunian. Dalam penataan desain interior, keberadaan kolam renang dapat meningkatkan nilai estetika dan membuat ruangan tampak elegan. Bahkan jika bciara soal nilai properti, rumah dengan kolam renang indoor akan jauh lebih mahal harga jualnya.

Maka, tak salah meski pembuatannya jauh lebih sulit dibanding koma renang outdoor, tipe indoor bisa sekaligus tambahan investasi rumah minimalis Anda.

Kolam renang indoor  di dalam rumah banyak dipilih karena lebih dapat memberi privasi bagi penghuni rumah saat berenang. Kolam renang indoor dan outdoor sebenarnya memang memiliki fungsi utama yang sama, hanya beda penempatannya saja.

Dalam menentukan pilihan mana yang sebaiknya kita pilih, tentunya kita perlu mengevaluasi kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kolam renang indoor di dalam rumah, Desain Kolam Renang Indoor, Desain Kolam Renang Indoor minimalis, desain kolam renang dalam rumah
Kolam renang indoor yang dibangun tanpa menggali tanah yang terlihat indah – diminimalis.com

Seperti yang telah kami sebut di atas, kolam renang indoor di dalam rumah banyak diminati karena lebih dapat memberikan jaminan privasi bagi pemiliknya. Keuntungan lain selain faktor privasi, kolam renang indoor tidak terlalu terpengaruh oleh perubahan suhu di luar ruangan.

Meski demikian, kolam indoor tetap memerlukan ventilasi yang cukup untuk menyeimbangkan kelembapan yang disebabkan oleh tingginya intensitas penguapan air.

Tanpa adanya sistem ventilasi yang cukup, tingginya tingkat kelembapan dalam ruang akan menyebabkan banyak masalah. Termasuk, kondensasi yang menyebabkan benda di sekitar mudah berkarat atau lapuknya strukturnya.

Potensi Kerusakan Kolam Renang Indoor di Dalam Rumah

Tiga hal yang paling merusak pada jenis kolam indoor adalah jamur, karat dan pembusukan kayu (lapuk). Inilah penyebab yang ditimbulkan dari penguapan, dikarenakan sistem ventilasi yang digunakan tidak dapat mengimbangi intensitas penguapan air di dalam ruangan.

Kerusakan struktur permukaan benda dalam ruangan akan terjadi ketika tingkat kelembapan mencapai 62% atau lebih pada jangka waktu yang lama. Jamur yang dibawa oleh penguapan air atau udara dalam ruangan dapat menyentuh seluruh permukaan dinding. Kemudian akan aktif atau berkembang pada kelembapan di atas 80 %.

Untuk membantu mencegah atau mengurangi hal-hal tersebut, sangat dianjurkan untuk melakukan pengecekkan secara berkala pada seluruh permukaan benda-benda ruangan. Ada beberapa indikasi atau tanda-tanda pada ruangan yang mungkin bisa dijadikan dasar untuk mendeteksi masalah tersebut, diantaranya :

  • Bintik-bintik jamur pada karpet atau lantai yang kering
  • Basahnya permukaan dinding
  • Jendela yang berembun
  • Longgarnya ubin pada lantai

Hal-hal tersebut dapat dikurangi atau dicegah dengan menggunakan bahan pelapis atau pendukung komponen yang berkualitas tinggi guna mengurangi tingkat kelembaban udara.

Teknis Membuat Kolam Renang

Bicara soal teknis, desain kolam renang indoor di dalam rumah perlu disesuaikan dengan luas ruangan yang ingin dijadikan lokasi penempatannya. Mengapa ini penting? Karena, seindah apapun rancangan kolam renang yang Anda buat, bila ukurannya tidak relevan maka bisa menghilangkan fungsi utamanya.

Selanjutnya, bila Anda sudah memiliki gambaran yang matang terkait area yang dipersiapkan untuk kolam renang. Maka, Anda bisa mulai merencanakan desain kolam renang indoor di dalam rumah mulai dari bentuk hingga ukurannya.

Jangan lupa temukan jasa kontraktor kolam renang terbaik di wilayah Anda. Pastikan track record perusahaannya cukup bagus dengan jaminan atau garansi yang jelas. Hal ini berguna untuk meminimalisasi hasil yang kurang memuaskan.

Mungkin itu saja dulu ulasan dari kami tentang kelebihan dan kekurangan memiliki kolam renang indoor di dalam rumah dan teknis merencanakan pembuatannya. Semoga bisa membantu Anda mewujudkan kolam renang impian Anda.(ls) editted by RN24052020


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.