Saat di rumah sedang gerah, bisa jadi Anda butuh kipas angin untuk mendinginkan suhu ruangan. Selain kipas angin listrik, kini Anda bisa mengandalkan kipas ventilasi rumah yang mana Anda jadi bisa berhemat dari menggunakan kipas angin dinding atau stand fan yang menyedot listrik.

Berbagai macam model kipas ventilasi rumah juga bisa dipilih berdasar selera. Apalagi, secara efektivitas fungsi juga sedikit berbeda tergantung jenis pemasangannya. Kalau Anda menginginkan kipas ventilasi model pemasangan di dinding atau plafon bisa juga kok, tinggal Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Di bawah ini akan kita bahas apa saja model ventilasi rumah berdasarkan lokasi pemasangannya.

Pentingnya Memasang Ventilasi Rumah

Seperti sudah disinggung di awal bahwa seringkali hawa panas muncul tiba-tiba dari luar rumah dan ini bisa menyebabkan Anda dan keluarga menjadi kepanasan/gerah.

Jika sudah begini maka kipas angin adalah satu-satunya alat yang bisa diandalkan untuk mengusir hawa panas tersebut. Namun apakah Anda akan selamanya mengandalkan kipas angin sementara intensitas panasnya berbeda-beda setiap saat?

Jika sangat panas mungkin akan tidak masalah menggunakan kipas angin sehingga listriknya tidak mubah. Sementara jika panasnya terbilang sedang, maka sebaiknya dipikirkan cara lain untuk mendinginkan ruangan, dan sekali lagi kipas ventilasi rumah bisa jadi salah satu alternatifnya.

Kipas ventilasi merupakan salah satu alat yang bisa Anda gunakan untuk mendinginkan ruangan rumah Anda. Berbeda jika Anda menggunakan kipas angin gantung ataupun model berdiri, menggunakan kipas ventilasi tidak akan berpotensi mengganggu kesehatan Anda.

Hal ini dikarenakan sistem ventilasi ini mendinginkan ruangan dengan cara mengalirkan udara dari luar masuk ke dalam melalui celah-celah kecil yang ada di bagian mukanya sehingga udara bersirkulasi dengan baik.

Kenapa perlu memilih kipas ventilasi ini, sebaqb manfaat ventilasi ini adalah untuk tujuan penghematan. Penggunaan kipas angin di saat-saat tertentu bisa dikurangi dan digantikan dengan kipas ventilasi.

Selain itu, rumah Anda juga akan kelihatan modern karena banyak rumah minimalis zaman sekarang yang mengadopsi sitem pendinginan rumah yang satu ini.

Kipas ventilasi rumah
Kipas ventilasi rumah – diminimalis.com

Jenis-jenis Kipas Ventilasi Rumah

Kipas ventilasi rumah sendiri memiliki bentuk yang bermacam-macam tergantung pada jenis pemasangannya. Berikut ini beberapa jenis kipas ventilasi yang ada di pasaran saat ini:

  • Kipas ventilasi plavon atau ceilling mount. Sesuai dengan namanya kipas jenis ini biasanya dipasang pada plafon ruangan. Secara bentuk hampir sama saja dengan kipas ventilasi yang lain. Namun secara fungsi dan cara kerja sedikit berbeda dengan jenis yang lain.
  • Kipas ventilasi dinding atau wall mount. Letak pemasangan untuk kipas ventilasi ini biasanya tertanam pada dinding rumah. Bentuknya mirip kipas freon AC dengan ukuran yang cukup besar.
  • Kipas ventilasi jendela atau window mount. Kipas jenis ini biasanya menempel pada kusen jendela di dalam ruangan. Jendela rumah yang dipasangi kipas ventilasi biasanya karena memang memerlukan tambahan sistem pendingin ruangan, sehingga kipas ventilasi ini tetap cocok dipakai di rumah minimalis Anda apapun modelnya.

Memilih Kipas Ventilasi yang Cocok untuk Anda

Dari ketiga jenis kipas ventilasi di atas, Anda bisa memilih yang paling Anda butuhkan. Anda tidak harus memasang ketiga-tiganya jika berpotensi tidak termanfaatkan dengan baik.

Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan ruangan yang akan dipasang kipas ventilasi ini.

Untuk ruangan yang terhimpit oleh ruangan lainnya dan tidak terhubung dengan luar rumah, model ceilling mount sangatlah tepat. Hal ini dikarenakan ceilling mount menyirkulasi udara lewat bagian atas plafon.

Namun jika Anda memiliki ruangan yang terhubung dengan luar rumah ada baiknya memilih kipas ventilasi dinding untuk efektivitas mendinginkan suhu ruangan yang lebih baik.

Harga kipas ventilasi jenis ini lebih murah dibandingkan dengan kipas ventilasi plavon. Jika Anda menggunakan wall mount udara yang dihasilkan lebih sejuk dibandingkan dengan ceilling mount dikarenakan mengambil langsung dari udara terbuka di sekelilingnya.

Luasnya ruangan sangat mempengaruhi seberapa besar kipas ventilasi rumah yang hendak Anda gunakan.

Ada rumus baku yang bisa Anda gunakan untuk menentukan seberapa besar kebutuhan sirkulasi udara dalam ruangan tersebut. Berikut ini pembahasannya.

Rumus mencari efektivitas pendinginan kipas ventilasi:

CMH = Volume ruangan x ACH

Keterangan:

  • CMH : Cubic Meter Hour (kebutuhan sirkulasi udara)
  • Volume ruangan : panjang x lebar x tinggi
  • ACH : Air Change per Hour (sirkulasi udara setiap jamnya) Besaran nilai ACH sudah baku

Untuk memudahkan Anda dalam menerapkan perhitungan ini, berikut ini kami contohkan penghitungan kebutuhan sirkulasi udara pada ruang keluarga.

Sebagai contoh, ruang keluarga tersebut memiliki dimensi luas 3,5m x 3m x 3m = 31,5 m3 dan nilai ACH untuk ruang tamu sebesar 6, jadi:

Kipas ventilasi rumah
kipas ventilasi dinding – diminimalis.com

CMH = Volume ruangan x ACH
CMH = 31,5 x 6 jadi nilai CMH-nya sebesar 189 CMH

Setelah Anda menemukan seberapa besar nilai CMH, Anda tinggal mencocokan angka tersebut dengan angka yang tertera pada kipas ventilasi.

Semakin tepat Anda menentukan besaran nilai CMH maka akan semakin efektif juga cara kerja kipas angin ini. Minimal kesegaran ruangan akan didapat dengan lebih bagus.

Kesimpulan:

Jadi, untuk mewujudkan kriteria rumah sehat, memilih kipas ventilasi rumah memang perlu disesuaikan dengan kebutuhan alias tidak disarankan asal beli. Sebab, ada beberapa macam bentuk dan jenis yang berbeda-beda.

Pemilihannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan ruangan. Selain itu, dalam memilih kapasitas pendinganan juga harus dihitung dengan rumus di atas. Tujuannya agar saat membeli tidak over budget sementara yang dibutuhkan hanya kipas ventilasi dengan ukuran sekian.

Mungkin demikian saja uraian singkat dari kami tentang tips memilih kipas ventilasi rumah yang tepat untuk Anda miliki. Pilihan sepenuhnya ada di tangan Anda, apakah hendak memilih ceilling mount ataukah memilih jenis kipas lainnya. Semoga bermanfaat. Salam diminimalis (am). editted by RN16102021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *