Mengenali Keunggulan Plafon Triplek Dibanding Jenis Lain

Plafon dari bahan triplek memiliki kelebihan yang sedikit lebih baik dibandingkan material lain. Salah satu keunggulan plafon triplek ini ialah pemasangannya lebih mudah dan harganya juga lebih murah. Sehingga, plafon triplek ini cocok sekali untuk Anda yang sedang belajar memasang plafon sendiri sebagai pemula.

Keunggulan plafon triplek yang lainnya adalah secara tampilan lebih artistik dan menunjukkan kesan alami yang tinggi. Jadi, plafon dengan material triplek ini cocok untuk Anda yang memiliki rumah semi tradisional di pinggiran kota. Hasil desainnya yang tidak kalah deengan plafon dari gypsum atau lainnya juga patut untuk dipertimbangkan.

Fungsi Plafon dalam Sebuah Rumah

Keberadaan plafon dalam sebuah hunian/rumah sendiri cukup vital di era modern saat ini. Hal ini karena fungsinya yang cukup banyak, mulai dari sekedar penanda batas tinggi tembok, juga sebagai pelindung lantai dari kotoran hewan dinding. Untuk lebih jelasnya, berikut ini fungsi plafon dalam rancangan sebuah rumah:

• Batas tinggi suatu ruang sehingga tidak nampak kosong
• Penahan berbagai kotoran berukuran kecil yang jatuh dari celah atap
• Menghalau percikan air hujan yang jatuh melalui atap
• Isolator atau pengatur rasa panas dan dingin yang berasal dari atap
• Penutup rangka atap agar ruang lebih rapi dan bersih
• Peredam suara, baik yang ditimbulkan oleh air hujan maupun suara lainnya
• Tempat menggantungkan komponen penerangan dan listrik

Keunggulan Plafon Triplek di Banding Bahan Lainnya

keunggulan plafon triplek, kelebihan plafon triplek, perbandingan plafon gypsum dan triplek
Keunggulan plafon triplek yang mampu dirancang dengan elastis – diminimalis.com

Keunggulan plafon triplek untuk perlindungan rumah minimalis ada pada kemudahan pemasangannya serta bobotnya yang ringan. Plafon berbahan triplek merupakan jenis penutup bagian atas rumah bagian dalam yang sering digunakan karena mudah cara mendapatkan dan memasangnya.

Ukuran triplek di pasaran sendiri umunya adalah 122 cm x 244 cm dengan ketebalan 3 mm, 4 mm dan 6 mm. Memasang plafon yang berbahan dari triplek tidaklah begitu sulit, bahkan Anda dapat mengerjakannya sendiri di rumah.

keunggulan plafon triplek, kelebihan plafon triplek, perbandingan plafon gypsum dan triplek
keunggulan plafon triplek, kombinasinya dengan lampu hias – diminimalis.com

Triplek adalah semacam papan pabrikan yang terdiri atas lapisan kayu yang direkatkan bersama-sama. Triplek seringkali disebut juga multiplek, kayu lapis, atau plywood.

Karakteristiknya antara lain fleksibel, murah, ramah lingkungan, dan sederhana. Penggunaan triplek umumnya dipakai untuk membuat lantai, sekat ruangan, dan plafon.

Kelebihan menggunakan triplek sebagai bahan dasar plafon antara lain:

• Keunggulan jenis plafon triplek proses pengerjaannya lebih mudah dan dapat dilakukan Anda juga dapat melakukannya sendiri.
• Material triplek mudah didapatkan di pasaran dengan harga yang relatif murah
• Bahannya yang ringan memudahkan pengguna dalam perbaikan apabila terjadi kerusakan untuk menggantinya.

Baca juga: Lukisan awan di plafon membuat ruangan terasa berada di alam bebas

Pemasangan Plafon Triplek dan Pemolesannya

Pemasangan plafon dari triplek ini dapat dipasang lembaran tanpa dipotong-potong. Bisa juga dibagi menjadi empat bagian supaya lebih mudah dalam penataan dan pemasangannya. Rangka plafon dapat menggunakan kasau 4/6 atau 5/7 dengan ukuran rangka kayu 60 cm x 60 cm.

Jika sudah dipasang dengan benar, maka langkah selanjutnya yakni pekerjaan finishing. Permukaan plafon yang mengalami keretakan, berlubang, timbul, ataupun tidak rata harus diratakan menggunakan kompon. Setelah kompon mengering, kini saatnya menguaskan cat sesuai warna yang Anda sukai. Sebaiknya Anda memadukan cat sesuai dengan tema warna pada interior dan berbagai furniturenya dalam ruangan.

Jika Anda ingin memasang plafon triplek sendiri, maka siapkan berbagai peralatan yang dibutuhkan. Mulailah dengan mengukur bahan triplek yang akan dipakai dan ukuran ruangannya. Mempertimbangkan ukuran adalah hal paling dasar sebelum mulai pemasangan.

Apabila sudah selesai dengan pengukuran dan persiapan lain, selanjutnya Anda bisa mulai bersiap pemasangan. Awalnya akan sulit untuk menentukan teknik yang tepat. Namun jika sudah terbiasa nanti Anda akan paham mana dulu yang harus dikerjakan. Jadi, jangan menyerah dulu saat awal-awal. Lakukan sampai selesai agar plafon triplek impian Anda terpasang dengan baik.

Mungkin demikian ulasan singkat dari kami tentang keunggulan plafon triplek untuk rumah minimalis dan cara pemasangannya. Semoga apa yang kami sampaikan pada artikel ini bermanfaat untuk Anda. (ls) editted by RN02122020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.