Di beberapa artikel sebelumnya, kita sudah membahas banyak hal seputar plus minus mortar. Kali ini kita akan spesifik membahas tentang keunggulan mortar yang mana banyak digadang-gadang memiliki nilai kepraktisan yang lebih baik ketimbang semen konvensional.

Selain itu, keunggulan mortar juga cukup berperan bagus untuk mengefisienkan pembangunan sehingga wajar jika banyak yang menjadikannya sebagai bagian dari material konstruksi.

Dari sisi kepraktisannya sendiri, mortar punya bahan yang sudah teruji dan siap pakai. Ketimbang harus beli pasir dan semen biasa secara terpisah yang sangat merepotkan maka beli semen instan adalah pilihan terbaik. Sekaligus bisa untuk menghemat anggaran agar tidak membengkak.

Banyaknya keunggulan mortar untuk bahan konstruksi bangunan membuatnya banyak dipilih sebagai pengganti semen. Hal ini tentu sangat membantu untuk mengefisienkan pekerjaan pembangunan rumah.

Jika dulu perlu pasir sebagai campurannya, untuk mortir ini tidak perlu karena semen ini bisa langsung digunakan tanpa adanya material lain sebagi tambahannya. Dari sini sudah terlihat bahwa mortar punya nilai praktis yang lebih baik ketimbang semen biasa.

manfaat semen instan, manfaat semen mortar, merk aci instan
Keunggulan mortar salah satunya lebih praktis digunakan serta dapat menghemat waktu dan biaya – diminimalis.com

Keunggulan Mortar untuk Bahan Konstruksi Bangunan

Sebelum membahas tentang keunggulan mortar, kita kilas balik tentang proses produksinya. Dalam pembuatannya, semen ini menggunakan tahapan yang modern karena mengandalkan tenaga komputer sebagai sistemnya. Dari sisi komposisi, semen instan terdiri dari beberapa bahan dan tanpa tambahan pasir.

Semen ini biasanya digunakan untuk tahapan acian dinding, pemasangan batu bata, serta plester keramik. Bahan dasar yang digunakan adalah CaCO3 serta lomestone powder (bubuk kapur).

Keunggulan Semen Instan, manfaat Semen Instan, aci instan, manfaat semen instan, manfaat semen mortar, merk aci instan
semen instan bisa langsung digunakan untuk acian tanpa perlu menambahkan pasir – diminimalis.com

Penggunaan yang sangat praktis pada semen instan ini menarik minat pekerja yang mulai menggunakannya. Kerena proses pekerjaan yang dinilai lebih cepat dari konvesional.

Hanya dengan tambahan air, semen ini langsung dapat digunakan. Perbandingan antara air dan semennya sendiri sekitar 1 : 2 dan dapat dirubah tergantung projek yang sedang dibuat.

Secara poin per poin, bnerikut ini beberapa keunggulan mortar yang tidak dimiliki oleh bahan lainnya.

Lebih Praktis

Kita sudah bolak balik menyinggungnya bahwa diantara kelebihan semen instan (mortar) dibandingkan semen biasa, ialah penggunaannya yang terbilang praktis.

Pengaplikasian mortar ini sangat mudah, karena tinggal menambahkan air dan lalu mengaduknya hingga rata. Setelah itu bisa langsung dipakai untuk membantu memasang batu bata, batako, atau lainnya.

Karena kelebihannya ini, tidak perlu lagi membeli pasir dan semen secara terpisah. Sehingga, ada jeda waktu antara proses pemasangan bata-pemlesteran-pengacian- hongga pengecatan. Dengan kata lain, semua proses pengerjaan konstruksi bangunan jelas jadi lebih cepat.

Pengerjaan Konstruksi jadi Hemat Waktu dan Biaya

Proses pembuatan adukan semen mortar bisa dilakukan dengan cepat dan tidak membutuhkan banyak material lain. Kemampuannya ini dalam membantu menyusun lapisan dinding menghasilkan kinerja yang efisien sehingga berpengaruh terhadap penghematan biaya.

Jadi, keunggukan mortar ini jika dipakai akan memberi dampak positif karena mampu mempercepat pengerjaan konstruksi yang sedang dilakukan. Demi tujuan penghematan, mortar juga bisa jadi pilihan terbaik sebab tidak perlu lagi membeli pasir dan semen.

Kualitas Bahan Baku Terjamin

Mortar terdiri dari bahan baku yang dibuat melalui proses quality control yang berstandar tinggi. Karena semen ini diproses menggunakan mesin maka wajar jika menghasilkan adukan yang homogen sesuai dengan komposisi terbaik.

Hal ini jelas lain dengan adukan semen tradisional yang mana perlu ditakar secara manual, sehingga seringkali hasilnya tidak ideal kecuali dilakukan oleh tenaga ahli.

Bila Anda menggunakan semen mortar, Anda akan mendapat hasil adukan berkualitas tinggi dengan jaminan mutu bahan baku yang terjamin.

Daya Rekat Tinggi

Semen mortar bila dijadikan sebagai perekat pemasangan keramik atau nat cukup bagus. Sebab salah satu kelebihannya ialah daya rekatnya yang tinggi.

Jadi bila nanti Anda ingin menghias dinding interior ataupun eksterior dengan tambahan keramik atau mozaik, maka semen instan mortar adalah pilihan yang tepat.

Kenapa? Kegunaan mortar, dibandingkan kombinasi semen dan pasir, mortar punya kelebihan yang unik, yaitu daya rekat yang tinggi. Itulah kenapa mortar banyak dipilih saat pemasangan sejenis keramik.

Tips Plesteran Dinding dengan Mortar

Untuk tips dalam memplester dinding sebaiknya dalam kondisi yang sudah dilembabkan dengan air. Tidak perlu terlampau basah karena bisa mengganggu peforma dan efektivitas semen ini.

Gunakan perata ukuran 1 sampai 3 mm untuk mendapatkan hasil yang sempurna, disarankan menggunakan perata yang terbuat dari logam. Saat kering, hilangkan ampas yang masih menempel di dinding.

Sementara itu, untuk finishing silahkan menggunakan walpaper yang sesuai dengan keinginan anda.

Sebagai info tambahan bahwa dalam menggunakan semen instan akan ditemui perbedaan seperti kepadatan. Mortar lebih padat ketimbang semen konvesional dan setiap perusahaan memiliki jurus andalan sendiri dalam memproduksi semennya.

Adanya standar mutu yang telah ditetapkan membuat semen ini tidak kehilangan tingkat kualitas. Dengan kata lain, kualitas yang dimiliki mortar selalu terjamin baik.

Hal ini tentu dapat mengurangi pembiayaan tukang dalam pengerjaannya karena jadi lebih cepat dari biasanya.

Meluasnya jumlah pemakai semen instan tergantung pada pemakaian batu bata disetiap wilayah. Semakin banyak orang menggunakan batu bata maka semakin luas peluang produk ini dipasarkan.

Jika Anda termasuk yang belum mencoba menggunakan mortar, lebih baik segara gunakan. Keunggulan mortar seperti sudah dijelaskan di atas seharusnya bisa jaid pertimbangan kuat dalam mendapatkan hasil terbaik.

Mungkin itu saja penjelasan dan uraian dari kami tentang manfaat dan keunggulan mortar sebagai semen instan siap pakai. Semoga bermanfaat. (ls) editted by RN09112021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *