Bata ringan atau hebel ternyata punya sisi plus dan minusnya sendiri. Keunggulan bata ringan sendiri jika dipakai untuk konstruksi dinding yang tidak melibatkan kekuatan beban maka hasilnya juga oke -oke saja.

Sekarang tinggal bagaimana menyulap poin-poin keunggulan bata ringan tersebut jadi bermanfaat untuk membuat konstruksi rumah yang kokoh.

Di artrikel kali ini, kita akan fokus membahas tentang keunggulan bata ringan, dalam arti kelebihannya termasuk kita singgung sedikit tentang kekurangannya. Harapannya bisa menjadi bahan Anda mempertimbangkan akan memilih bata ringan atau tidak.

Komposisi Material Bata Ringan

Material jenis ini terbuat dari campuran pasir kwarsa, semen, kapur, gypsum, air dan almunium pasta sebagai bahan pengembangnya. Setelah adonan tercampur sempurna, nantinya akan mengembang selama 7-8 jam.

Nah, setelah mengembang dan mengeras, selanjutnya akan mengeras sehingga siap dipakai sebagai salah satu material bangunan yang berkualitas.

keunggulan Bata ringan, Manfaat batu Bata ringan, konstruksi bata ringan, kekuatan hebel vs bata merah
bata ringan memiliki banyak manfaat untuk konstruksi bangunan – diminimalis.com

Bata ringan untuk dinding sendiri sudah mulai banyak digunakan untuk pembangunan rumah minimalis. Karena proses pencetakannya dilakukan pabrik maka ukurannya lebih presisi sehingga memudahkan dalam proses pemasangannya.

Bata ringan juga sangat baik dalam menyerap panas sehingga rumah Anda akan terasa lebih sejuk.

Kita tahu bahwa keunggulan bata ringan untuk mendirikan rumah minimalis terutama bagian dindingnya bsangat banyak. Namun begitu, penggunaanya belum sepopuler bata merah dan bata beton.

Selain itu, dibutuhkan tukang yang memiliki pengalaman dan material khusus untuk mendirikan bata ringan ini. Itu adalah sekilas tentang plus minus bata ringan jika dipakai sebagai material bangunan rumah.

Kali ini diminimalis akan melanjutkan mengulas lebih dalam tentang keunggulan bata ringan sebagai lanjutan artikel kami sebelumnya. Jia Anda belum membaca artikel tersebut silakan baca dulu untuk menambah referensi.

Manfaat dan Keunggulan Bata Ringan untuk Konstruksi Dinding Rumah

Seperti sudah kita singgung di awal bahwa bata ringan punya keunggulan tersendiri dibandingkan dengan material sejenisnya seperti batu bata dan batako. Meski begitu, material ini juga tak luput dari kekurangan.

Oleh karenanya, di kesempatan yang baik ini, kami akan mengulas keduanya yaitu dari sisi keunggulan/kelebihan sekaligus kekurangannya sebagai material konstruksi dinding.

bata ringan, bata ringan hebel, bata ringan murah,
bata ringan memiliki ukuran yang lebih besar daripada bata merah – diminimalis.com

Kelebihan bata ringan

1. Bata ringan bersifat kedap air, sehingga sangat kecil kemungkinan terjadinya rembesan meski terkena air hujan dalam jumlah yang banyak.
2. Pemasangan lebih cepat. Efek positifnya bisa menghemat biaya operasional pembangunan.
3. Bobotnya ringan sehingga memudahkan dalam proses pengangkutan dan pemasangan saat mengerjakan konstruksi.
4. Tahan terhadap api. Sehingga tidak mudah terbakar jika sewaktu waktu terjadi kebakaran kecil atau sedang.
5. Mempunyai kekedapan suara yang baik, sehingga bagi Anda yang tinggal di daerah perkotaan otomatis dapat meminimalisir kebisingan.
6. Tahan terhadap kondisi cuaca yang ekstrim.
7. Bebas lumut, jamur dan ngengat,
8. Tidak mudah keropos, karena bahan dasarnya yang terbuat dari semen.

Baca juga: Manfaat batako untuk mendirikan dinding rumah minimalis Anda

Kekurangan bata ringan untuk dinding:

1. Tidak semua tukang pernah memasang bata jenis ini.
2. Kadang kala, adukan semen plesteran pada media bata ringan agak susah menempel sempurna karena permukaan bata ringan lebih halus, sehingga dibutuhkan trik khusus supaya adukan plesteran bisa menempel dengan baik.
3. Pemasangan bata ringan pada bangunan perlu menggunakan perekat khusus dan material pendukung lainnya, seperti semen instan yang mempunyai kualitas lebih baik dibandingkan adukan semen secara manual.
4. Harganya lebih mahal daripada bata merah
5. Cara mendapatkannya tidak mudah sehingga memerlukan anggran tambahan untuk mendatangkannya dari daerah lain.

Jika ditarik kesimpulan, bata ringan sendiri punya kelebihan yang lebih banyak ketimbang jenis lainnya. Keunggulan bata ringan yang cukup banyak ini, bisa membuat proses pengerjaan konstruksi jadi lebih efektif dan efisen.

Tentu saja bata ringan juga punya kekurangan, namun terlepas dari kekurangannya itu, bata ringan tetap bagus untuk jadi salah satu pilihan terbaik Anda untuk menyusun konstruksi dinding rumah.

Mungkin demikian penjelasan dan uraian dari kami tentang keunggulan bata ringan untuk membuat konstruksi dinding rumah minimalis Anda. Semoga artikel singkat ini cukup bermanfaat untuk Anda. (ls) editted by RN09112021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *