Memasang Keramik Mozaik untuk Kamar Mandi, Kenapa Tidak?

Ada banyak alternatif material pelapis dinding yang bisa dipillih sebagai bagian dari interior kamar mandi. Masing-masing memiliki perbedaan karakter yang unik dan tidak dimiliki satu sama lain. Misalnya, material keramik yang dari segi fisik memiliki permukaan yang halus dan awet namun secara estetika kurang menarik karena polos.

Dengan memasang keramik mozaik untuk kamar mandi, kelemahan ini sebenarnya bisa tertutupi. Selain untuk lantai, keramik juga sering dipakai sebagai pelapis dinding karena tampilannya yang halus dan sifatnya yang mudah dibersihkan. Akan tetapi kekurangan keramik sendiri ada pada warna dan motifnya yang monoton tadi itu.

Tidak hanya mudah dibersihkan, namun juga punya sisi estetika yang bisa diandalkan. Jika Anda belum terlalu paham dengan jenis keramik mozaik, berikut ini akan kami jelaskan pelan-pelan.

Mengenal Karakteristik Keramik Mozaik utntuk Kamar Mandi dan Kelebihannya

Keramik mozaik bisa menjadi alternatif yang pling cocok untuk Anda yang ingin memiliki tampilan interior kamar mandi yang indah. Dengan menggunakan mozaik yang memiliki aksen dan model berbeda dengan keramik biasa tentu akan membuat dinding terlihat hidup.

mozaik untuk kamar mandi, mozaik dinding kitchen set, cara memasang keramik mozaik
kamar mandi dengan aplikasi mozaik yang indah – diminimalis.com

Kamar mandi yang memiliki area basah dan kering apabila diberi lapisan khusus sebagai pemisah di dindingnya maka akan terlihat bagus. Anda bisa membuat kamar mandi gaya baru dengan hiasan keramik mozaik di samping kanan kirinya.

Tidak hanya tampilannya yang bagus akan Anda dapatkan, namun juga ada jaminan keawetan. Manfaat keramik mozaik jadi salah satu bahan yang mudah dibersihkan tidak terbantahkan. Tentu ini bisa memberi Anda semangat untuk senantiasa rajin membersihkannya.

Menerapkan Desain Klasik Kamar Mandi dengan Ornamen Keramik dan Mozaik

Bila Anda menyukai desain rumah klasik, bisa jadi Anda cenderung ingin menghias dinding kamar mandi dengan motif yang detil. Pada interior seperti ruang keluarga atau kamar tidur, biasanya tidak ada masalah dalam menerapkangaya klasik, tetapi bagaimana pada kamar mandi?

Tentu saja bisa. Salah satu ciri yang paling pas untuk mewakili desain klasik adalah pengaplikasian keramik untuk dinding kamar mandi. Dinding keramik mozaik untuk kamar mandi memiliki keunggulan yang lebih baik ketimabang keramik polosan.

Motif keramik mozaik sangat terkenal dengan nilai artistiknya yang tinggi, motif, warna, dan teksturnya yang elegan. Keramik mozaik pada dinding kamar mandi juga dapat kita tentukan sendiri motif yang diinginkan (desain kustom) saat memesan. Jadi, jika Anda tidak suka dengan sebuah motif mozaik tidak perlu memaksakan dengan memasangnya.

Selain motifnya yang unik, keramik mozaik untuk kamar mandi memiliki perawatan yang terbilang mudah. Di samping itu, keramik pada dinding kamar mandi ini juga memiliki kecenderungan sifat yang lebih awet. Hanya dengan menggunakan kain bersih, Anda dapat menghilangkan debu dan noda di permukaannya.

Tanpa Keramik, Dinding Selalu Lembab

Meskipun Anda menggunakan cat dengan warna yang indah pada dinding kamar mandi, namun tetap saja pemukaannya akan selalu lembap. Hal ini jugalah yang membuat dinding kamar mandi Anda jadi semakin sulit dibersihkan. Lumut dan serangga bisa jadi ancaman yang serius.

Keramik mozaik untuk kamar mandi, mozaik dinding kitchen set, cara memasang keramik mozaik
kamar mandi dengan aplikasi mozaik yang indah – diminimalis.com

Maka, menggunakan keramik mozaik bisa menjadi solusi dari masalah ini. Tidak seperti cat dinding, keramik mozaik memiliki daya tahan yang lebih baik. Material ini akan bertahan hingga bertaun-tahun asalkan dirawat dengan baik.

Baca juga: Cara memasang mozaik untuk dinding rumah minimalis Anda

Tips Merawat Keramik Mozaik Kamar Mandi

Keramik mozaik memiliki ukuran yang kecil-kecil. Biasanya material ini diaplikasikan pada dinding dapur atau kamar mandi yang rawan kotor dan lembab. Sehingga, jika tidak dilakukan perawatan yang baik lama-kelamaan keramik-keramik tersebut akan memudar dan kusam.

Tips terbaik untuk merawat keramik mozaik adalah dengan membersihkannya menggunakan sikat secara teratur.  Setelah habis selesai mandi, biasakan untuk menyiram setiap area sudut kamar mandi, agar sabun dan kotoran tidak menempel lama pada celah dinding. Jika kotoran menempel pada dinding dalam jangka waktu yang lama dan terakumulasi, keramik akan lebih sulit dibersihkan.

Buatlah jadwal pembersihan kamar mandi. Lap keramik mozaik untuk kamar mandi setidaknya satu minggu sekali. Dengan begitu, keramik mozaik di kamar mandi Anda akan selalu bersih dan segar terawat. Untuk itu, ada baiknya membeli alat pembersih dasar untuk kamar mandi yang murah-murah saja jika budget terbatas.

Adapun bahan kimia yang bisa dipakai untuk mensukseskan pembersihan adalah cairan sabun cuci piring. Campurkan beberapa tetes sabun cuci piring pada wadah dengan dicampuri air hangat.

Gosokan campuran tersebut pada keramik mozaik untuk kamar mandi dengan menggunakan spons atau kain. Setelah itu, bilas kembali dengan air lalu keringkan. Buatlah jadwal khusus untuk membersihkan kamar mandi agar kotoran bisa terkontrol dengan mudah.

Mugkin demikian sekilas ulasan dari kami tentang aplikasi keramik mozaik untuk kamar mandi di rumah minimalis Anda. Apa yang kami sampaikan adalah hasil dari referensi dan sumber terpercaya. Terimakasih sudah menyempatkan membaca, semoga bermanfaat dan sampai jumpa. (ls) editted by RN07052020

 


Comment