Pernahkah Anda bertanya-tanya kenapa dinding harus diaci? Padahal tanpa melalui proses pengacian pun sudah bisa berfungsi baik sebagai tembok/dinding yang menopang rangka atap rumah.

Nah, pertanyaan seperti ini sebenarnya simpel tapi jawabannya perlu panjang. Namun singkatnya, bahwa proses pengacian dinding diperlukan agar tahapan pemolesan selanjutnya lebih mudah.

Kita tahu bahwa setelah tembok jadi dan berdiri tegak, ada tahapan-tahapan lain yang diperlukan agar tembok tersebut lebih layak dilihat. Tidak hanya mengambil fungsinya saja tentunya, alasan kenapa harus diaci adalah ada tujuan estetika juga.

Nanti di bawah ini akan kita bahas kenapa alasannya adalah estetika. Namun yang pasti, setiap tahapan dalam pembuatan konstruksi rumah perlu perlakuan yang berkelanjutan.

Sekarang kita bahas dulu apa itu pekerjaan acian dinding.

Pengertian Acian Dinding dan Pentingnya dalam Proses Konstruksi Bangunan

Secara singkat, pengacian dinding merupakan bagian dari proses finishing sebelum dilakukan pengecatan. Cara pengacian dinding yang baik menjadi salah satu kunci apakah tahap-tahap selanjutnya akan menghasilkan hasil yang baik atau tidak.

Pengacian yang baik akan memudahkan proses pengecatan. Itu adalah kalimat ringkasan yang mungkin paling tepat untuk menggambarkan seberapa penting pekerjaan ini.

Jika pengerjaan acian tidak dilakukan dengan benar maka bisa jadi hasil pengecatan juga kurang baik. Cat tidak akan menempel dengan baik saat diaplikasikan, atau menempel namun hanya dalam hitungan bulan sudah mengelupas/menggelembung.

Jadi itulah kenapa pekerjaan acian dinding amat sangat penting untuk dilakukan sebaik mungkin. Sebab jika tidak maka bisa fatal, dalam arti pekerjaan-pekerjaan konstruksi sebelumnya bisa sia-sia. Bisa jadi Anda perlu mengeluarkan biaya baru lagi.

So, pada kesempatan yang baik ini, Diminimalis akan coba memaparkan untuk Anda tentang beberapa alasan mengapa dinding harus diaci.

Kenapa Dinding Harus diaci, cara mengaci dinding, cara acian dinding, Cara pengacian dinding yang benar tidaklah susah, namun untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, Anda harus memperhatikan setiap langkahnya dengan cermat.
aci tidak menempel karena kualitas plester yang buruk

Empat Alasan Penting Kenapa Dinding Harus Diaci

Seperti sudah disinggung di awal bahwa pekerjaan dalam konstruksi bangunan itu saling terkait. Satu dengan lainnya harus dikerjakan dengan baik bila ingin pekerjaan setelahnya lebih mudah dan hasilnya juga baik.

Baiklah, di bawah ini ada beberapa alasan kenapa dinding harus diaci, diantaranya adalah:

1. Memudahkan proses pengecatan

Alasan pertama kenapa dinding harus diaci masih berkaitan dengan keterkaitan antar tahap pengerjaan. Proses acian menentukan kualitas pekerjaan selanjutnya yaitu pengecatan, jika pengecatan kurang baik maka hasil akhirnya juga pasti kurang bagus.

Pada tahapa acian dinding, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yakni bidang plesteran. Saat mengaci dinding, bidang plesteran harus dicari yang terbaik agar tingkat kehalusan permukaan dinding nantinya lebih baik.

2. Agar bangunan lebih kuat

Proses aci yang baik juga membuat pondasi bangunan menjadi lebih kokoh. Salah satu keuntungan pondasi bangunan yang kokoh adalah konstruksi dindingnya kuat.

Kekuatan konstruksi dinding ini tentunya tidak terlepas dari proses pengacian itu sendiri. Proses pengacian akan semakin baik bila menggunakan bahan yang berkualitas mulai dari semen hingga pasir.

Jadi agar bangunan lebih kuat perlu pengacian yang benar dan bila ingin pengacian bagus maka perlu material yang berkualitas.

3. Membuat tampilan dinding menjadi lebih halus dan enak dilihat

Alasan berikutnya kenapa dinding harus diaci adalah agar tampilannya menjadi lebih indah dan cantik. Proses pengacian yang baik akan menentukan warna dinding yang halus dan tahan lama.

Bisa dibayangkan misalnya dinding tidak diaci lalu langsung diaplikasikan cat di atasnya, betapa akan terlihat tidak bagusnya. Pengacian dinding bisa dikatakan sama dengan menyiapkan permukaan dinding agar siap dicat.

Disinilah pentingnya, Anda harus memastikan proses pengacian berjalan dengan baik agar tampilan dinding rumah Anda juga bagus.

Kenapa Dinding Harus diaci, cara mengaci dinding, cara acian dinding, Dinding bekas wallpaper
danang baru bisa dicat setelah diaci – diminimalis.com

4. Rangkaian pengecetan yang tidak bisa dipisahkan

Sudah menjadi mutlak apabila Anda akan mengecat dinding, proses pengacian tidak boleh terlewatkan. Ini alasan kuat kenapa dinding harus diaci seperti sudah kita singgung sebelumnya.

Proses pelesteran, pengacian hingga pengecetan adalah rangkaian yang harus ada saat memulai proses finishing dinding atau tembok.

Apabila salah satu proses tidak dilakukan, maka akan berimbas pada proses lainnya dimana akan mempengaruhi hasil akhir yang tidak maksimal seperti dinding kusam dan kasar.

Karena saling terkait itulah maka satu sama lain harus dilakukan dengan prosedur yang benar.

Kesimpulan:

Beberapa alasan kenapa dinding harus diaci diatas menjadi sangat relevan bila diterapkan pada hunian minimalis modern. Sebab, hampir tidak ada rumah yang tidak dicat setelah selesai pemleseteran dan acian, kecuali memang sengaja model bata ekspos.

Ketiga rangkaian yang telah disebutkan harus dilakukan oleh Anda maupun tukang ketika akan mengerjakan sub projek dinding. Masing-masing memiliki fungsi dan tujuannya dan tidak tidak bisa pisah-pisah..

Dinding akan terlihat lebih kuat dan tahan lama jika memperhitungkan penggunaan bahan-bahan berkualitas serta teknik yang baik.

Bahan dan teknik acian dinding yang baik akan menghasilkan dinding yang awet, tahan lama, serta terhindar dari berbagai masalah yang kerap muncul seperti lembab, jamur, dan mengelupas.

Mungkin itu penutup pamungkas untuk alasan kenapa dinding harus diaci ya. Sampai jumpa dan semoga bermanfaat. (ls) editted by RN16092021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *