Semen instan atau yang sering disebut dengan mortar ternyata punya berbagai keunggulan. Kelebihan semen instan ini bisa dibilang cukup banyak karena diakui mampu menunjang pengerjaan konstruksi jadi lebih efektif dan efisien.

Pada artikel diminimalis kali ini, kita akan bahas mengenai apa saja kelebihan semen instan. Termasuk jika dibandingkan dengan material sejenis lainnya. Dengan Anda tahu hal ini maka pertimbangan untuk memilih mortar jadi lebih mantap.

Mengenal Mortar atau Semen Instan yang Biasa Dipakai dalam Konstruksi Bangunan

Semen instan yang juga sering disebut sebagai mortar, merupakan semen siap pakai untuk dijadikan adukan dengan kualitas tinggi. Kelebihan semen instan yang beragam merupakan faktor yang membuat sebagian orang mulai meninggalkan semen konvensional.

Semen ini diciptakan untuk mempermudah pekerjaan bangunan tanpa perlu lagi membutuhkan pasir sebagai komposisi adukan. Anda cukup menampahkan air sesuai tingkat keenceran yang dibutuhkan saat menggunakannya.

Bahan baku semen mortar disatukan dalam komposisi yang tepat dan diproses menggunakan teknologi tinggi. Dari situ, dihasilkanlah produk semen instan berkualitas tinggi, memiliki daya rekat yang baik, serta mampu jadi solusi retak rambut pada dinding rumah minimalis Anda.

kelebihan semen instan, manfaat semen mortar, merk aci instan
semen instan bisa langsung digunakan untuk acian tanpa perlu menambahkan pasir – diminimalis.com

Kelebihan Semen Instan sebagai Bahan Konstruksi Bangunan Rumah

Jika dibandingkan dengan semen lainnya, mortar punya keunggulan yang lebih baik. Nah, apa saja kelebihan semen instan dibandingkan semen konvensional? Berikut diantaranya:

Pengaplikasian Lebih Praktis

Diantara kelebihan semen instan dibandingkan semen pada umumnya, ialah pengaplikasiannya yang terbilang praktis.

Pemakaian semen instan ini sangat mudah, Anda tinggal menambahkan air dalam jumlah tertentu dan diaduk hingga rata. Setelah itu bisa dipakai langsung untuk menempelkan batu bata, batako, atau lainnya.

Karena kelebihannya ini, Anda tidak perlu membeli pasir dan semen secara terpisah. Dengan begitu Anda akan memiliki jeda waktu antara proses pemasangan bata-pemlesteran-pengacian- dan pengecatan. Dengan kata lain, semua proses pengerjaan konstruksi jadi lebih cepat dan efisien.

manfaat semen instan, manfaat semen mortar, merk aci instan
semen instan lebih praktis digunakan dan dapat menghemat waktu dan biaya – diminimalis.com

Jaminan Kualitas Bahan Baku dan Konsistensi Mutu Material

Mortar instan terdiri dari bahan baku yang sudah melalui proses quality control berstandar tinggi. Semen ini diproses menggunakan mesin sehingga menghasilkan adukan yang homogen sesuai dengan komposisi yang direncanakan.

Hal ini jelas berbeda dengan adukan semen tradisional yang ditakar secara manual, sehingga kadang hasilnya tidak ideal karena kualitas bahan campurannya berbeda-beda.

Bila Anda menggunakan semen mortar, Anda akan mendapat hasil adukan berkualitas tinggi dan jaminan mutu bahan bakunya terjamin.

Hemat Waktu dan Biaya

Proses pembuatan adukan semen mortar bisa dilakukan dengan cepat dan tidak membutuhkan banyak material lain untuk membuat lapisan dinding. Kemampuannya dalam membantu menyusun lapisan dinding secara efisien akan memberi berpengaruh pada penghematan biaya.

Jadi, kelebihan semen instan ini jika dipakai akan memberi dampak yang terbilang positif karena mampu mempercepat pengerjaan. Plus demi misi penghematan, mortar juga jadi pilihan tepat karena tidak perlu membeli pasir dan semen lagi.

Daya Rekat Lebih Tinggi

Semen mortar instan bila dijadikan sebagai perekat keramik atau nat. Kelebihannya ialah mempunyai daya rekat yang tinggi dan mampu menopang beban yang diterima dinding.

Jadi bila Anda ingin menghias dinding dengan menggunakan keramik atau mozaik, maka mortar adalah pilihan yang tepat.

Dibandingkan kombinasi semen dan pasir, mortar punya kelebihan daya rekat yang lebih baik. Sehingga, untuk keramik dan nat, mortar merupakan pilihan terbaik.

Baca juga: Cara Membuat Semen Ekspos yang Kuat dan Nampak Indah

Kekurangan Mortar Instan

Meskipun kelebihan semen instan sebagai bahan bangunan terbilang cukup banyak, namun kita tidak bisa juga menutup mata terhadap kekurangan material yang satu ini.

Berikut ini beberapa kekurangan mortar instan yang akan dijumpai dan rasakan sendiri saat memakainya.

Proses Pengeringan pasca Pengaplikasian Terbilang Lama

Salah satu kekurangan semen instan adalah sulitnya mengering setelah diaplikasikan. Hal ini terjadi karena dalam proses pembuatannya, mortar memakai campuran air sehingga kelembabannya terbilang tinggi.

Jumlah produk terbatas

Karena memiliki kualitas yang tinggi dengan bahan campuran yang bermacam dan siap pakai, maka wajar jika keberadaannya termasuk langka. Distribusi yang minim membuat mortar cukup langka di pasaran.

Harga lumayan mahal

Satu lagi yang masuk dalam kategori kekurangan dari mortar atau semen instan ini yaitu harganya yang lumayan mahal. Hal ini tentu sebanding dengan kualitasnya yang memang di atas rata-rata serta terbuat dari beberapa macam bahan sehingga siap pakai.

Komposisi Tidak Bisa Diatur sehingga kekuatannya terbatas

Satu lagi yang merupakan kekurangan dari semen instan, yaitu siap pakai. Kenapa siap pakai disini diangap sebagai kekurangan? Tidak lain karena komposisinya yang tidak bisa diatur sendiri sesuai kebutuhan.

Dampaknya, kekuatan konstruksi semen instan ini terbilang standar. Beda dengan campuran semen dan pasir biasa yang bisa diatur sesuai kebutuhan.

Meski demikian, mortar atau semen instan ini tetap jadi primadona untuk menggantikan penggunaan semen dan pasir yang cenderung ribet karena harus beli keduanya dan mencampurkannya secara manual.

Mungkin itu saja ulasan singkat dari kami tentang berbagai manfaat dan kelebihan semen instan untuk konstruksi bangunan rumah. Semoga bermanfaat. (ls) editted by RN01112021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *