Kelebihan Lampu LED untuk Penerangan Rumah Minimalis Anda

Kamar nampak menawan dengan dihiasi sorotan lampu LED - diminimalis.com

Kelebihan lampu LED dibanding lampu jenis lain sangat banyak, inilah mengapa lampu LED cocok untuk dijadikan alat penerangan berbagai desain rumah, termasuk rumah minimalis. LED adalah singkatan dari Light Emithing Diode, yaitu semi konduktor yang dapat merubah energi listrik menjadi cahaya pada saat alat tersebut dilewati arus listrik. Secara simpel, LED akan menjadi bercahaya jika ada arus listrik yang melewatinya.

kelebihan lampu led, kelebihan lampu led dibanding neon, kegunaan lampu led
Kamar nampak menawan dengan dihiasi sorotan lampu LED – diminimalis.com

Kelebihan lampu LED dibandingkan jenis lampu lain

1. Hemat energi
Kelebihan lampu LED yang pertama adalah lampu ini lebih hemat energi. Sebab, lampu ini memiliki daya pemakaian listrik yang sangat kecil sehingga dapat mengurangi pemakaian listrik Anda setiap bulannya. Berbeda dengan lampu bohlam, yang sebagian energinya berubah menjadi panas, sehingga membutuhkan lebih banyak energi dan tentunya akan berpengaruh pada banyaknya anggaran listrik yang dikeluarkan per bulan.

kelebihan lampu led, kelebihan lampu led dibanding neon, kegunaan lampu led
lampu LED hemat energi dan tahan lama – diminimalis.com

2. Daya tahan yang lama
Bagi Anda yang memiliki desain penempatan lampu di sudut yang sulit dijangkau, maka lampu LED adalah solusinya. Lampu ini cukup tahan lama sehingga Anda pun tidak harus sering mengganti lampu Anda yang kerap mati. Dibanding lampu pijar biasa, lampu LED jauh lebih awet. Jika lampu pijar rata-rata hanya bisa bertahan 1000 jam pemakaian, maka lampu LED bisa bertahan hingga 50.000 jam atau jika digunakan 10 jam per hari berarti dapat bertahan hingga 15 sampai 20 tahun lamanya.

3. Ramah Lingkungan
Cahaya lampu LED tidak menghasilkan sinar Ultra Violet sehingga bisa dikatakan aman untuk manusia. Bagi Anda yang peduli dengan kesehatan, pasti merasa penting untuk tidak menggunakan lampu yang mengandung sinar UV (Ultra violet) yang dapat merusak mata dan kulit. Karena hal ini akan menjadi masalah jangka panjang untuk anggota keluarga Anda.
Meskipun lampu LED memiliki banyak kelebihan, tapi lampu ini juga mempunyai kekurangan. Namun kekurangan lampu LED hanya ada pada harganya yang bisa jadi dua kali lebih mahal dibanding lampu hemat energi biasa. Anda akan tetap mendapat banyak manfaat dari lampu LED, yang sebenarnya sebanding dengan harga yang Anda keluarkan untuk mendapatkannya.
Demikian ulasan kami tentang kelebhan lampu LED dibandingkan jenis lampu lain, Anda juga bisa membaca artikel kami tentang jenis lampu untuk interior beserta kelebihan dan kekurangannya di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Jenis lampu untuk interior beserta kelebihan dan kekurangannya

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.