Rumah minimalis saat ini sudah bukan barang baru lagi. Sebab hampir semua orang mengusungnya sebagai konsep hunian mereka.

Kelebihan desain rumah minimalis yang cukup terkenal dengan kesan simpelnya ini telah membuat orang-orang saat ini kompak mengusungnya.

Ya, meskipun tentu saja tidak semua orang tertarik pada rumah minimalis, namun jika dihitung sudah lebih banyak yAng memfavoritkan ketimbang yang tidak.

Hal ini tidak lain karena desain minimalis paling sesuai dengan keinginan banyak orang saat ini. Kelebihan desain rumah minimalis yang mampu menekan budget pengeluaran saat membangunnya jadi salah satu alasan kuatnya.

Ditambah lagi, untuk secara kebutuhan furniture juga tidak perlu banyak-banyak alias lebih hemat biaya pembelian. Nah, selain itu apalagi sih kelebihan desain rumah minimalis yang perlu kita tahu sebelum berniat untuk memilikinya.

Kelebihan Desain Rumah Minimalis Ketimbang yang Lain

Ada banyak kelebihan desain rumah minimalis yang perlu Anda ketahui. Setidaknya bisa untuk Anda jadikan sebagai tolok ukur tentang apa saja yang nanti akan Anda dapatkan.

Rumah minimalis sendiri bisa menjadi solusi terbaik untuk siapapun yang ingin mendesain rumah sesuai keinginan namun terkendala oleh lahan yang terbatas. Jika yang dibuat modelnya rumah minimalis maka setidaknya akan lebih hemat biaya kebutuhan lahan.

Permasalahan lahan inilah yang serba dilematis terutama bagi keluarga yang sudah dikaruniai anak dimana kenyamanan adalah prioritas terdepan. Namun sebenarnya tak perlu khawatir karena rumah minimalis pun bisa dibuat tetap nyaman ditinggali. PR nya sekarang tinggal bagaimana mengaturnya agar didapat rumah minimalis yang elegan, nyaman, dan bisa menghemat budget pembuatan.

Kelebihan Desain Rumah Minimalis, Kelebihan Desain Rumah Minimalis modern, kekurangan rumah minimalis, Desain Rumah Minimalis, Desain Rumah Minimalis modern, Desain Rumah Minimalis tampak depan
desain rumah minimalis tampak depan – diminimalis.com

Well, jika desain yang Anda pilih adalah konsep menimalis, maka Anda harus siap dengan konsekuensinya. Konsep ini mengusung tema simple dan modern sehingga sangat cocok untuk pasangan muda.

Selain bentuk rumah yang variatif, konsep yang satu ini juga memberi keleluasaan dalam mengggunakan warna cat sehingga Anda nantinya dapat berekspresi sesuka hati. Nah, selain dari itu kelebihan desain rumah minimalis lainnya yang kemungklinan akan Anda peroleh juga ada, diantaranya:

Kelebihan Desain Rumah Minimalis, Kelebihan Desain Rumah Minimalis modern, kekurangan rumah minimalis, Desain Rumah wilayah tropis, Desain Rumah daerah tropis, rumah tropis minimalis
rumah minimalis dengan tampilan yang modern – diminimalis.com

1. Menampilkan Kesan Modern

Rumah minimalis biasanya mengusung konsep desain yang simple seperti garis ataupun bentuk simetri seperti bujur sangkar ataupun persegi. Tampilan desain seperti ini akan memberikan kesan hunian yang modern dan kekinian.

Ditambah lagi, variasi modelnya juga bisa diotak atik sesuka hati. Tinggal bagaimana nantinya Anda dalam merancang hingga merealisasikan konsep yang Anda usung sejak awal.

2. Terkesan Lapang

Salah satu kelebihan desain rumah minimalis yang juga menonjol adalah kesan lapang yang yang mana meskipun berdiri di atas lahan yang terbatas. Hal ini tidak lain karena rumah bergaya desain minimalis biasanya minim sekat.

Misalkan ruang keluarga dan ruang tamu tidak dipisahkan oleh dinding. Namun hanya diberi batas dengan ketinggian lantai yang berbeda sehingga rumah terihat lebih luas.

Selain itu, rumah minimalis biasanya juga didesain dengan langit-langit yang agak tinggi. Hal ini juga lah yang mampu menciptakan kesan lapang lantaran plafon cukup jauh dari pandangan mata ke atas.

3. Lebih Mudah Dibersihkan dan Dirawat

Desain rumah minimalis pada umunya sangat simple karena jarang sekali memiliki lekukan dan sekat. Ruangan yang minim sudut ruang yang biasanya dapat menyimpan debu dan kotoran justru pada rumah minimalis hampir tidak ada.

Hal inilah yang membuat rumah dengan desain ini secara logika menjadi lebih mudah dibersihkan. Tidak perlu menjangkau banyak area ruangan sudah bisa menyelesaikan pembersihan dengan efektif.

4. Lebih Bebas Berekspresi

Bentuk rumah minimalis sangat sesuai untuk dipoles dengan berbagai jenis warna. Sehingga dengan demikian Anda akan sangat bebas berekspresi dalam memadupadankan warna dinding rumah yang Anda kehendaki.

Kombinasi warna ini dapat dilakukan dinding bagian luar ataupun dalam. Untuk warna dinding eksterior bisa dipilih yang paling cocok dengan kondisi di luar. Sementara untuk interior yang penting bisa memberikan kenyamanan yang besar.

Selain itu, dengan desain ini Anda dapat merenovasi dengan mudah jika ingin menghadirkan suasana lain.

Cukup hanya dengan mengganti warna cat saja akan dapat menciptakan suasana baru dan kemudahan renovasi semacam ini hanya Anda dapatkan pada rumah berkonsep minimalis.

Baca juga: Tips Menata Rumah Tipe 36 Agar Terlihat Luas dan Menawan

5. Selalu Jadi Buruan dan Bisa Dijadikan Investasi

Kebutuhan akan tempat tinggal yang tidak sebanding dengan ketersediaan lahan jadi keuntungan tersendiri bagi pemilik rumah minimalis.

Bagaimana tidak, saat baru selesai dibangun bisa ditempati sendiri atau keluarga dekat. Sementara jika sebagai cadangan, Anda bisa mengontrakkan rumah minimalis Anda sehingga bisa menjadi aset properti yang menguntungkan.

Jika nanti saatnya Anda benar-benar butuh uang, Anda bisa menjualnya. Harga rumah yang cenderung naik apalagi konsep rumah minimalis jelas akan membawa keuntungan tersendiri untuk Anda dalam mengatur harga jual.

Mungkin itul saja ulasan kami tentang kelebihan-kelebihan desain rumah minimalis modern yang bisa Anda jadikan pertimbangakan saat akan membangun atau membeli rumah.c Semoga bermanfaat. (ls) editted by RN17082021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *