Lampu LED yang sering dipakai saat ini nyatanya punya kelebihan dan kekurangannya sendiri ketimbang lampu jenis lainnya. Kelebihan dan kekurangan lampu LED terbilang wajar sebagai sebuah produk elektronik.

LED juga telah lama menjadi salah satu jenis lampu terbaik yang saat ini terbilang masif dipakai. Jika melikhat kelebihan dan kekurangan lampu LED sendiri, kita akan disuguhkan dengan kuyalitas yang tidak biasa.

Memang soal harga sedikit mahal, namun hal ini sesuai dengan kualitas yang ditawarkan tentunya. Jadi, mari kita lihat apa saja kelebihan dan kekurangan lampu LED ini untuk jadi sistem penerangan di rumah minimalis.

Apa itu Lampu LED?

LED sendiri adalah singkatan dari Light Emithing Diode, yaitu semi konduktor yang dapat merubah energi listrik menjadi cahaya pada saat alat tersebut dilewati arus listrik. Secara simpel, LED akan menjadi bercahaya jika ada arus listrik yang melewatinya.

Dalam penggunaan sehari-hari, kelebihan dan kekurangan lampu LED dibanding lampu jenis lain cukup kentara. Misalnya saja dari sisi kecerahan cahaya yang bisa dibilang jauh lebih terang ketimbang lampu biasa.

Lalu dari sisi keawetan juga bisa diamati, dimana lampu LED lebih awet dengan penggunaan yang cukup lama. Untuk lebih lengkap tentang kelebihan dan kekurangan lampu LED, mari kita bahas satu per satu di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED, kelemahan led, macam macam jenis led
lampu LED pada rumah minimalis – diminimalis.com

Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED yang Mesti Anda Tahu

Langsung saja, berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan lampu LED yang bisa diamati dengan mudah. Kita akan bahas mulai dari kelebihannya dulu, diantaranya yaitu:

1. Hemat energi

Kelebihan lampu LED yang pertama adalah lampu ini lebih hemat energi. Sebab, lampu ini memiliki daya pemakaian listrik yang sangat kecil sehingga dapat mengurangi pemakaian listrik Anda setiap bulannya.

Berbeda dengan lampu bohlam, yang sebagian energinya berubah menjadi panas, sehingga membutuhkan lebih banyak energi dan tentunya akan berpengaruh pada banyaknya anggaran listrik yang dikeluarkan per bulan.

kelebihan lampu led, kelebihan lampu led dibanding neon, kegunaan lampu led
lampu LED hemat energi dan tahan lama – diminimalis.com

2. Daya tahan yang lama

Bagi Anda yang memiliki desain penempatan lampu di sudut yang sulit dijangkau, maka lampu LED adalah solusinya. Lampu ini cukup tahan lama sehingga Anda pun tidak harus sering mengganti lampu Anda yang kerap mati.

Dibanding lampu pijar biasa, lampu LED jauh lebih awet. Jika lampu pijar rata-rata hanya bisa bertahan 1000 jam pemakaian, maka lampu LED bisa bertahan hingga 50.000 jam atau jika digunakan 10 jam per hari berarti dapat bertahan hingga 15 sampai 20 tahun lamanya.

3. Ramah Lingkungan

Cahaya lampu LED tidak menghasilkan sinar Ultra Violet sehingga bisa dikatakan aman untuk manusia.

Bagi Anda yang peduli dengan kesehatan, pasti merasa penting untuk tidak menggunakan lampu yang mengandung sinar UV (Ultra violet) yang dapat merusak mata dan kulit. Karena hal ini akan menjadi masalah jangka panjang untuk anggota keluarga Anda.

Meskipun lampu LED memiliki banyak kelebihan, tapi ternyata lampu jenis ini juga punya kekurangan. Kekurangan lampu LED hanya ada pada harganya yang bisa jadi dua kali lebih mahal dibanding lampu hemat energi biasa.

Selain itu, suhu lingkungan sekitar juga bisa mempengaruhi umur dari lampu LED ini. Dimana jika suhunya terlalu panas atau dingin, performa lampu LED dalam memberikan penerangan cahaya akan terganggu.

Baca juga: Lampu lumio, hasil inovasi anak bangsa yang mendunia

Sementara itu, kekurangan terakhir dari lampu LED adalah dari segi intensitas cahayanya yang tergolong kecil. Sehingga, efek persebaran cahaya dalam ruangan kadang tidak merata.

Meski begitu, dengan mempertimbangkan berbagai kekurangan dan juga kelebihan di atas, Anda pasti bisa memastikan apakah lampu LED ini cocok digunakan di dalam rumah atau tidak.

Jika Anda termasuk yang mengedepankan kualitas, keawetan, dan berbagai kelebihan lainnya, maka lampu LED adalah pilihan terbaik. Namun begitu, jika ruangan Anda kecil dan butuh pencahayaan yang tidak terlalu besar, lampu biasa juga bukan pilihan yang buruk.

Tinggal Anda sesuaikan saja dengan kebutuhan saat akan membeli lampu ruangan di toko elektronik.

Mungkin itu saja uraian singkat dari kami  tentang  kelebihan dan kekurangan lampu LED. Apa yang kami sampaikan adalah skedar perspektif, dan Anda sebaiknya mencari referensi lain sebagai pembanding. Semoga bermanfaat. (ls) editted by RN19112021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *