Bataton merupakan singkatan dari bata beton yang mana biasa dipakai dalam konstruksi bangunan alternatif batu bata merah. Kelebihan dan kekurangan bataton sendiri secara konstruktif memiliki nilai yang lebih tinggi ketimbang bata merah.

Tidak heran jika harganya pun beda, ada selisih, bataton lebih mahal daripada bata merah. Jika dilihat dari kelebihannya, memang sangat wajar jika bataton memang harganya dibanderol lebih mahal.

Nanti kita bahas apa saja kelebihan dan kekurangan bataton sehingga layak dihargai mahal. Sebelum itu, kita mesti tahu dulu apa itu bata ton [bata beton] dan proses pembuatannya hingga siap dipakai dalam konstruksi.

Pengertian Bataton dan Peran Pentingnya sebagai Konstruksi Bangunan

Bataton sendiri terbuat dari campuran semen, agregat, pasir, kerikil, air dan bahan khusus lainnya. Bahan-bahan ini dicetak dalam berbagai bentuk yang kemudian disebut sebagai bataton.

Bentuk-bentuk bataton ini menyisakan rongga pada bagian dalamnya yang berfungsi untuk memperkuat konstruksi bangunan.

Peran vital bataton dalam kontruksi rumah sangatlah beragam, karena bataton tidak hanya bisa digunakan untuk konstruksi rangka tetapi juga dinding.

Selain itu, pembuatan konstruksi bangunan dengan material bataton juga relatif lebih cepat dikarenakan semua material bataton sudah siap pasang tanpa memulai proses pengecoran yang memakan waktu lama.

Selain cepatnya pengerjaan, tentu didukung pula oleh kelebihan lainnya. Nah apa saja kelebihannya? Berikut ini uraiannya.

kelebihan dan kekurangan bataton
Kelebihan dan kekurangan bataton sebagai bahan kontruksi bangunan – diminimalis.com

Kelebihan dan Kekurangan Bataton sebagai Bahan Kontruksi Bangunan

Secara umum, kelebihan bataton bisa dilihat dari fisiknya yang lebih kokoh ketimbang bata merah. Ini mengindikasikan bahwa secara kekuatan juga lebih bagus ketimbang bata merah.

Meski begitu tentu saja bahan apapun termasuk bataton ini punya kekurangan. Kelebihan dan kekurangan bataton ini yang juga menarik untuk dibahas.

Nanti kita akan lengkapi gambaran tentang kekurangannya. Namun sebelum itu kita bahas dulu kelebihan-kelebihannya:

Kelebihan Bataton Sebagai Bahan Konstruksi Bangunan

Nah, selain kekuatannya yang bisa ditebak secara fisik, ada beberapa kelebihan lain yang bisa Anda jadikan pertimbangan untuk lebih memilih bataton ataukah bata merah, diantaranya.

1. Bataton bisa sebagai isolator panas

Rongga pada bataton dapat berperan juga sebagai isolator panas. Rongga tersebut dapat menangkap rambatan radiasi panas pada dinding yang hampir setiap hari tersengat terik matahari.

Dengan begitu, suhu panas pada dinding tak seluruhnya tembus sampai ke dalam ruangan. Rongga bataton juga bisa diisi baja untuk tiang kolom, juga bisa sebagai jalur pipa air dan kabel listrik.

2. Biaya Konstruksi lebih murah

Selain cepat, penggunaan bataton ini lebih murah karena proses pengerjaannya yang mudah. Kemudahan pengerjaan ini secara tidak langsung akan mampu mengurangi biaya konstruksi.

Durasi sewa tenaga kerja bisa lebih ringkas dan itu artinya ongkosnya juga lebih murah.

3. Lebih Ekonomis dan Ramah Lingkungan

Kelebihan dan kekurangan bataton sendiri jika dari sisi ekonomis ada plus minusnya. Dari sisi kelebihan, pembangunan menggunakan bataton ini lebih ekonomis dan ramah lingkungan karena bataton merupakan material yang siap pakai.

Artinya jadi tidak ada sampah konstruksi seperti papan kayu bekas bekisting karena memang tidak memerlukannya.

4. Proses Konstruksi Lebih Hemat Material Tambahan

manfaat bataton, manfaat bata beton, harga bataton
bataton untuk membangun dinding pagar – diminimalis.com

Daya tarik lain dari bataton adalah proses konstruksinya yang lebih efisien jika dibandingkan bata merah. Pembuatan dinding bata merah memerlukan bingkai struktur (kolom praktis, sloof , dan ringbalk), yang harus menggunakan cetakan (bekisting ).

Selain menunggu masa keras, bekisting pada bingkai struktur dinding batu bata tadi harus dilepas.

Untuk pemasangannya, minimal satu hari dicor, kemudian besoknya dilepas, baru dipasang lagi.

Berbeda jika Anda menggunakan babaton, proses ini hanya membutuhkan satu hari saja, dan tidak perlu menggunakan bekisting. Dengan begitua Anda bisa menghemat kayu, waktu dan tenaga. Biaya konstruksi jadi lebih ekonomis bukan?

Alasan lain banyak orang mulai pindah haluan dari menggunakan batu bata merah ke bataton, diantara adalah batu bata yang proses pembuatannya yang masih konvensional dan bergantung terhadap cuaca. Jika hujan maka bata merah tidak bisa dioven atau dikeringkan di bawah matahari.

Belum lagi ukuran batu bata atau bata merah yang tidak presisi atau sama, menjadikan pemasangannya membutuhkan waktu lebih banyak. Karena hal-hal tersebutlah membuat orang-orang mulai memilih menggunakan bataton

5. Pembangunan lebih efektif dan efisien

Pembangunan dengan bataton lebih cepat dikarenakan semua material bataton adalah material yang siap pasang tanpa memulai proses pengecoran yang memakan waktu lama.

Pembangunan menggunakan bataton ini juga lebih ekonomis dan ramah lingkungan karena tidak ada sampah konstruksi seperti bekisting.

Baca juga: Jenis bataton dan manfaatnya sebagai bahan kontruksi (Bagian #1 dari 2)

Kekurangan Bataton untuk Konstruksi

Dari sekian poin kelebihan yang dimiliki oleh bataton, tentu material ini juga punya kekurangan. Diantara kekurangan bataton jika dijadikan sebagai material konstruksi ialah: harganya relatif mahal, perlu keahlian khusus dalam memasangnya,

Tapi jika membandingkan kelebihan dan kekurangan bataton yang mana lebih banyak kelebihannya, nampaknya tidak perlu dipermasalahkan. Apalagi jika Anda memiliki dana yang lebih dari cukup sementara target selesai cukup dekat.

Dari membaca ulasan tentang kelebihan dan kekurangan bataton di atas, keputusan apa yang akan Anda ambil? Pilih bata merah atau bataton? Silakan pertimbangkan sendiri ya!

Mungkin itu saja ulasan dari kami tentang manfaat, kelebihan dan kekurangan bataton untuk bahan kontruksi bangunan rumah. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda. (ls) editted by RN20092021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *