Di artikel-artikel kami sebelumnya, kami sudah mengulas tentang kelebihan dan kekurangan material penyusun dinding seperti batako, bata merah, dan bataton. Kali ini kita akan coba lebih spesifik, yaitu membuat perbandingan 2 material: kelebihan batako dibanding batu bata merah.

Bagi sebagian orang, bata merah memang punya kualitas yang di atas rata-rata material lain. Namun, ternyata batako juga punya kelebihan yang poinnya tidak ditemukan pada batu bata.

Disinilah kita akan coba bandingkan keduanya, yaitu kelebihan batako dibanding batu bata merah. Setidaknya agar ketika nanti Anda butuh pertimbangan akan memilih salah satu diantara keduanya, ulasan ini bisa Anda jadikan referensi.

Peran Material Bata untuk Proses Pembangunan

Kerap kali, proses pembangunan rumah mengalami keterlambatan pengerjaan hanya dikarenakan tahapan pendirian dinding yang memakan waktu lama.

Salah satu faktornya adalah karena menggunakan material batu bata merah untuk dinding yang mana harus dipasang satu-persatu dengan cermat sehingga butuh waktu lebih lama.

Belum lagi ketersediannya terbatas dan butuh waktu lama untuk diproduksi dalam jumlah banyak. Karena masih diproduksi secara manual dan bergantung pada cuaca, membuat ukuran bata merah menjadi tidak presisi.

Sebagai alternatif dari permasalahan ini, maka hadirlah batako sebagai inovasi material pengganti bata merah yang lebih kuat dan efisien.

Nah pada kesempatan kali ini, Diminimalis akan coba ulas perbandingan kelebihan batako dibanding batu bata merah sebagai material untuk mendirikan dinding.

kelebihan batako dibanding bata merah, jenis batako bata ringan vs bata merah, kekuatan hebel vs bata merah, kekurangan bata hebel, kekuranga batako untuk dinding, kekuranga batako untuk dinding rumah, harga batako
Perbandingan: kelebihan batako dibanding batu bata merah – diminimalis.com

Mengenal Material Batako

Bahan dasar utama batako yaitu semen dan ditambah dengan beberapa marterial lainnya seperti pasir, air, dan bahan khusus lainnya. Dengan berbagai bahan tersebut, kemudian batako dicetak dengan ukuran panjang 36-40 cm, tebal 8-10 cm dan tinggi 18-20 cm.

Jadi jika dikalkulasi, untuk pengerjaan dinding 1 meter persegi membutuhkan paduan batako kira-kira 15 buah, semen PC sebanyak 0,125 sak dan pasir sekitar 0,015 m3.

Menurut bentuknya batako dibedakan menjadi dua yaitu batako berlubang (hollow block) dan batako tidak berlubang (solid block). Khusus batako dengan jenis yang berlubang, dapat berfungsi sebagai isolasi udara.

Jenis-jenis Batako

Jika tadi batako dibedakan menurut bentuknya terbagi menjadi dua, yaitu hollow block dan solid block. Sekarang berdasarkan bahan pembuatannya, batako dibedakan menjadi dua jenis juga, yaitu Batako trass dan Batako Semen.

1. Batako trass

Batako trass merupakan batako putih yang terbuat dari campuran trass, batu kapur, dan air, sehingga juga sering disebut sebagai batu cetak kapur trass.

Trass sendiri merupakan jenis tanah yang berasal dari lapukan batu-batu gunung berapi dengan warna putih atau putih kecoklatan.

Ukuran batako trass yang ada di pasaran biasanya memiliki panjang 20 cm-30 cm, tebal 8 cm-10 cm dan tinggi 14 cm-18 cm.

2. Batako semen

Batako ini dibuat dari campuran semen dan pasir. Ukuran dari batako semen juga lebih beragam dibandingkan dengan batako putih. Batako ini biasanya mempunyai dua atau tiga lubang di sisinya untuk diisi oleh adukan pengikat.

Nama lain dari batako semen adalah batako press, yang dibedakan lagi menjadi 2 macam, yaitu press mesin dan press tangan.

Ukuran batako semen yang ada di pasaran memiliki panjang 36 cm-40 cm, tinggi 18 cm-20 cm dan tebal 8 cm-10 cm.

Kelebihan batako dibanding batu bata merah

Batako dibuat dengan beberapa pilihan bentuk dan ukuran. Keunggulan inilah yang membuat batako bisa mudah dipasang, sehingga pengerjaan dinding menjadi lebih akurat.

Mendirikan dinding menggunakan material batako dapat menghemat anggaran dan mengefisienkan tenaga pengerjaan. Selain itu, ukurannya yang presisi, akan memudahkan dalam menghitung kebutuhannya.

Sebagai pelengkap, di bawah ini kami telah merangkum berbagai kelebihan batako dibanding batu bata merah sebagai material untuk membangun dinding bangunan, diantaranya yaitu.

manfaat batako untuk dinding, manfaat batako untuk dinding rumah, dinding batako tanpa plester, kelebihan batako
Dinding batako yang tidak perlu diplester karena dipasang dengan rapi_kelebihan batako dibanding batu bata merah- diminimalis.com

• Tiap meter persegi pendirian dinding, membutuhkan lebih sedikit batako jika dibandingkan dengan menggunakan batu bata.
• Pembuatan mudah dan ukuran dapat dibuat sama.
• Ukurannya besar, sehingga waktu dan ongkos pemasangan akan lebih hemat.
• Apabila pekerjaan rapi, dinding Anda tidak perlu diplester.
• Lebih mudah dipotong untuk sambungan tertentu yang membutuhkan potongan.
• Sebelum digunakan, batako tidak perlu direndam air.
• Kedap air, sehingga sangat kecil kemungkinan terjadinya rembesan air.

Baca juga: Bagaimana Tukang Profesional Melakukan Tahapan Plesteran Dinding?

Kesimpulan:

Setelah mengenal apa itu batako dan kelebihan yang dimilikinya jika dibandingkan dengan bata merah, maka tentukan pilihan Anda.

Keduanya tidak ada yang jelek, hanya saja masing-masing orang tentu punya preferensi yang berbeda-beda, dan itu wajar. Jika mempertimbangkan kemudahan pemasangan, penghematan anggaran biaya, dan lainnya, Anda bisa pilih batako untuk dinding rumah yang Anda bangun.

Namun jika sudah merasa cocok dengan batu bata merah sebagai material wajib ketika Anda mendirikan bangunan apapun, semua terserah Anda. Yang penting, lakukan pemilihan berdasarkan pertimbangan yang matang ya.

Oke mungkin itu saja ulasan kami tentang berbagai kelebihan batako dibanding batu bata merah yang layak untuk Anda jadikan pertimbangan. Semoga projek Anda lancar ya. (ls) editted by RN24092021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *