Mungkin sebagian dari Anda ada yang sedang mencari referensi perbandingan antara bata ringan dan bata merah atau bataton. Artikel ini akan coba membantu Anda.

Langsung saja. Jika bicara soal kelebihan bata ringan, maka yang paling mudah diasumsikan adalah materialnya yang secara bobot lebih ringan.

Ringannya bobot bata ringan ini tentu saja berefek pada kemudahan pemasangan. Lain dengan bata merah atau bataton yang bobotnya lebih berat, alhasil pemasangannya juga sedikit susah meskipun hasilnya kuat.

Meski begitu, kelebihan bata ringan yang bagi sebagian orang cukup menguntungkan, justru banyak dipilih terutama para peminat rumah minimalis satu lantai. Karena meskipun banyak kelebihannya tetap saja ada kekurangan juga yang melekat pada material ini.

Diantara kekurangan bata ringan adalah penggunaannya yang lebih untuk konstruksi yang tidak mengutamakan keawetan jangka panjang. Tapi lebih pada penghematan biaya.

Untuk lebih jelasnya terkait dengan kelebihan bata ringan untuk dinding dan kenapa perlu dipertimbangkan pemilihannya, akan kita bahas lebih jauh di artikel ini.

Popularitas Bata Ringan Vs Bata Merah

Manfaat bata ringan sebagai material konstruksi memang belum sepopuler bata merah/bata beton. Namun bukan berarti tidak ada yang tertarik menggunakannya.

Beberapa pertimbangan kenapa bata ringan jarang dipilih adalah meskipun pemasangannya mudah namun dibutuhkan keahlian khusus dalam melakukannya.

Tukang yang berpengalaman dibutuhkan untuk menghandel pemasangan bata ringan sebagai dinding rumah. Jadi, mari kita bandingkan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing jenis material penyusun dinding, yaitu bata ringan vs bata merah.

 kelebihan bata ringan, kelebihan bata ringan dibanding bata merah, kelebihan bata ringan hebel
kelebihan bata ringan,mudah diangkut dengan praktis – diminimalis.com

Kelebihan Bata Ringan untuk Konstruksi Dinding

Selain bicara soal kelebihan, nanti akan kita lengkapi dengan kekurangannya supaya lebih valid sebagai bahan pertimbangan.

Kelebihan bata ringan

1. Kedap air, sehingga sangat kecil kemungkinan terjadinya rembesan.
2. Pemasangan lebih cepat, sehingga bisa menghemat biaya operasional pembangunan.
3. Bobotnya ringan sehingga memudahkan dalam proses pengangkutan dan pemasangan
4. Tahan terhadap api.
5. Mempunyai kekedapan suara yang baik, sehingga bagi Anda yang tinggal di daerah perkotaan dapat meminimalisir kebisingan.
6. Tahan terhadap kondisi cuaca yang ekstrim.
7. Bebas lumut, jamur dan ngengat,
8. Tidak mudah keropos, karena bahan dasarnya yang terbuat dari semen.

Kekurangan bata ringan

Meski punya sederet kelebihan, bukan berarti material ini tanpa cela kekurangan. Setidaknya berikut ini kekurangan-kekurangan yang dimiliki oleh bata ringan:

 kelebihan bata ringan, kelebihan bata ringan dibanding bata merah, kelebihan bata ringan hebel
perekatan bata ringan membutuhkan semen khusu – diminimalis.com

1. Tidak semua tukang pernah memasang bata jenis ini.
2. Kadang kala, adukan semen plesteran pada media bata ringan agak susah menempel sempurna karena permukaan bata ringan lebih halus, sehingga dibutuhkan trik khusus supaya adukan plesteran bisa menempel dengan baik.
3. Pemasangan bata ringan pada bangunan perlu menggunakan perekat khusus dan material pendukung lainnya, seperti semen instan yang mempunyai kualitas lebih baik dibandingkan adukan semen secara manual.
4. Harganya lebih mahal daripada bata merah
5. Cara mendapatkannya tidak mudah sehingga memerlukan anggran tambahan untuk mendatangkannya dari daerah lain.

Bagi Anda yang hendak mendirikan bangunan rumah minimalis, sebaiknya tidak hanya mengacu pada referensi kelebihan bata ringan saja. Sebab penting sekali untuk membandingkannya dengan material lain seperti bata ton atau bata merah.

Jadi disini kami juga akan uraikan secara singkat kelebihan dan kekurangannya, bila Anda mendirikan dinding menggunakan bata merah.

Kelebihan dinding bata merah:

a. Ketahanannya sudah teruji selama ratusan tahun.
b. Relatif jarang terjadi keretakan.
c. Kuat dan tahan lama.

Kekurangan dinding bata merah:

  1. Waktu pemasangan lebih lama dibandingkan bahan dinding lainnya.
  2. Biaya lebih tinggi yang disebabkan lamanya pengerjaan.

Kesimpulan:

Dalam menentukan material bangunan dalam hal ini untuk konstruksi dinding, bata ringan jelas punya keunggulan yang tidak dimiliki oleh bata merah maupun bataton.

Namun di sisi lain, bata ringan ini juga ada kekurangannya yang bisa jadi tidak akan ditemukan pada bata merah.

Jika Anda membaca ulasan kelebihan dan kekurangan bata ringan di atas dengan seksama, kami kira cukup untuk menjadi bekal Anda menentukan mana yang terbaik untuk Anda pilih. Jadi, silakan pertimbangkan dulu lalu putuskan sebelum pembangunan mulai digarap.

Mungkin itu saja dulu ulasan dari kami tentang kelebihan bata ringan perbandingannya dengan bata merah serta bataton. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam mencari referensi yang tepat ketika ingin mencari bahan material dinding untuk rumah minimalis Anda. (ls) editted by RN23092021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *