by

Kekurangan Plafon Berbahan PVC untuk Rumah Minimalis

Bicara soal plafon PVC mungkin Anda kurang familiar. Bukan soal harganya yang berbeda dari plafon berbahan triplek dan gypsum. Namun, lebih pada keunggulan dan kekurangan plafon berbahan PVC yang lebih baik.

Untuk Anda yang berencana memasang plafon dari material PVC, perlu dipahami bahwa bahan ini memiliki kelebihan dan kekurangan juga. Untuk itu pada artikel kali ini akan kita bahas mengenai kelebihan dan kekurangan plafon berbahan PVC.

Harapannya dengan Anda memahamainya terlebih dulu, Anda akan memiliki pertimbangan yang lebih matang.

Kekurangan Plafon PVC, pengertian plafon pvc, gambar plafon pvc
Plafon PVC dari segi tampilan memang terlihat indah, namun tidak begitu kuat untuk menampung beban terlau berat di atasnya – diminimalis.com

Kelebihan dan Kekurangan Plafon Berbahan PVC

Sebelum memutuskan untuk menggunakan plafon PVC, sebaiknya Anda kenali dulu apa itu plafon PVC, kelebihan dan kekurangannya.

Plafon PVC merupakan salah satu jenis plafon berbahan material polivynil chloride yang umum digunakan untuk pembuatan pipa.

Kelebihan Plafon Berbahan PVC

– Lentur dan ringan

Tidak seperti plafon berbahan triplek atau gypsum, bahan PVC sifatnya lebih lentur dan ringan. Tidak heran jika banyak orang kini lebih menyukai plafon berbahan PVC.

– Awet dan tahan lama

PVC juga dikenal awet dan tahan lama. Hal ini ditunjang oleh kandungan polimer isosianat yang membuatnya tahan hingga puluhan tahun. Selain itu, PVC juga dikenal anti rayap sebab pori-porinya yang rapat.

– Pemasangan lebih cepat

Kelebihan lain dari bahan PVC untuk plafon adalah karena pemasangannya yang relatif lebih cepat dan mudah. Ini karena sistem pemasangannya cukup dengan knock down atau bongkar pasang.

– Mudah dibersihkan

Plafon/langit-langit dari bahan PVC perawatannya cukup mudah. Jika ingin membersihkannya, cukup gunakan kain setengah basah atau sapu lembut.

– Motif beragam

Plafon berbahan PVC tersedia banyak pilihan motif. Mulai dari bunga-bungaan hingga batikan. Anda tidak perlu repot lagi untuk mengundang jasa desain plafon jika memilih plafon berbahan PVC.

Satu tips agar plafon PVC Anda terlihat elegan adalah dengan menyesuaikan pemilihan warnanya dengan dinding. Jangan sampai beda karena akan terlihat kontras dan norak.

Kekurangan Plafon Berbahan PVC untuk Rumah Minimalis

Kita ulik sedikit tentang kelebihan dari plafon PVC, diantaranya yaitu kuat dan tahan lama, tidak mudah rapuh, kedap suara sehingga tidak berisik saat hujan. Selain itu, bahan ini juga mampu menyerap suhu panas.

Namun di balik semua kelebihan yang dihadirkan plafon PVC, bahan ini juga memiliki kekurangan. Berikut ini beberapa kekurangan plafon PVC jika diaplikasikan sebagai langit-langit rumah.

Kekurangan Plafon berbahan PVC, pengertian plafon pvc, gambar plafon pvc
pemasangan plafon pvc harus dilakukan dengan cermat dan membutuhkan waktu yang lama – diminimalis.com

1. Pemasangan list biasanya kurang rapat

Pemasangan list pada plafon PVC seringnya kurang rapat. Hal ini disebabkan oleh model atau bentuk sekrup yang digunakan untuk memasang list mengikuti bentuk rangka hollow.

Oleh karena itu Anda perlu memperhatikan dengan teliti setiap pekerja yang memasang list untuk plafon PVC di rumah Anda. List yang tidak rapat tentunya akan mengurangi keindahan langit-langit.

2. Terlalu ringan

Plafon PVC memiliki bobot yang ringan, karenanya pemasangan rangka hollow akan dibuat berjarak renggang untuk menghemat pengeluaran.

Sayangnya pemasangan yang renggang akan berpotensi membuat roboh plafon karena tidak mampu menahan beban seperti ketika tikus lewat. Oleh karena itu perkirakan dan hitung dengan cermat kemungkinan yang akan terjadi ketika memilih plafon PVC.

3. Penggunaan lem membuat plafon terkesan kotor

Sebaiknya Anda menggunakan lem perekat terang untuk memasang plafon PVC. Pengaplikasian lem terang dapat membuat tampilan plafon menjadi lebih bersih. Hindari lem yang ketika kering akan membuat tampilan plafon menjadi tidak bersih sehingga mengurangi estetika plafon.

Baca juga: Lukisan Awan di Plafon Membuat Ruangan Terasa Berada di Alam Bebas

Ada beragam jenis plafon yang dapat digunakan untuk mempercantik langit-langit.

Alangkah baiknya Anda mengumpulkan beragam informasi mengenai kelebihan dan kekurangan masing-masing plafon. Selain sesuaikan dengan struktrur bangunan dan konsep rumah tentunya.

Demikian ulasan kami tentang beberapa kekurangan plafon berbahan PVC jika diinstal pada rumah minimalis. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang keunggulan plafon triplek dibanding bahan plafon jenis lain di sini. Semoga bermanfaat. (ls) -editted by RN23032019

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.