Jika Anda cenderung tertarik dengan lampu jenis LED ketimbang bohlam, mestinya Anda paham apa saja kelebihannya. Termasuk juga kekurangan lampu LED yang banyak diabaikan padahal bisa menjadi pertimbangan penting apakah akan menghasilkan pencahayaan maksimal atau tidak.

Di artikel kali ini kita akan berbicara soal kekurangan lampu LED dari berbagai sisi.

Ya, meskipun ngomongin soal kekurangan, kita juga perlu mengulas ulang apa saja kelebihan-kelebihannya. Setidaknya sebagai pembanding agar lebih objektif.

So, mari kita masuk ke inti persoalannya. Kita mulai dari pengertiannya terlebih dahulu.

Apa itu LED?

LED sendiri merupakan kependekan dari Light Emitting Diode, yakni lampu indikator yang biasa terpasang pada alat elektronik. Meski kebanyakan include pada alat elektronik, namun juga sudah biasa dipakai sebagai lampu ruangan unik yang cerah dalam rumah.

Karena keunggulannya yang di atas rata-rata dalam menerangi sebuah area ruangan, lampu jenis ini pun banyak penggemarnya. Banyak orang yang beralih dari lampu bohlam biasa ke lampu jenis LED.

Fungsi Lampu LED

kekurangan lampu led, kelebihan lampu led, kelemahan lampu led, jenis lampu untuk interior
Lampu LED – diminimalis.com

Fungsi LED utamanya ialah untuk menerangi sebuah objek dan area/tempat. 

Kini penggunaannya sudah cukup masif karena ukurannya yang simpel, konsumsi energi yang rendah, awet, dan fleksibilitas dalam hal penggunaannya yang mumpuni. Berikut ini penggunaan lampu LED yang dimanfaatkan dalam berbagai fungsi:

Sebagai Backlighting Smartphone

Salah satu penggunaan LED yang cukup populer adalah pada smartphone, yaitu sebagai lampu latar belakang. Kenapa menggunakan LED? Karena cahaya yang dihasilkannya bisa lebih tipis dan biaya pembuatannya juga cukup murah. 

LED yang dipakai juga bisa berbeda-beda sesuai dengan ukuran layar smartphone itu sendiri. Adanya LED ini tetap akan membuat masa pakai baterai tidak banyak berubah karena hanya membutuhkan voltase rendah.

Sebagai Lampu Latar TeleVisi

Lampu latar sebuah Televisi adalah sumber konsumsi daya yang utama. Nah, penggunaan LED ini mampu berdampak pada pengurangan daya yang efisien. 

Adanya LED sebagai latar belakang layar akan memberikan kontras yang lebih baik ketimbang tanpa LED. Fungsi LED ini mampu menggantikan CFL dan LCD sebagai pencahayaan latar TV.

 Sebagai Lampu Display

Papan display LED umumnya juga digunakan di luar ruangan seperti pada rambu-rambu, papan reklame, billboard, dll.

Pada papan reklame yang memiliki berbagai bahasa animasi, penggunaan LED akan bermanfaat dalam hal pengurangan konsumsi daya.

Sebagai Lampu Warning Mobil

Penggunaan LED dalam industri otomotif juga semakin berkembang. Dengan penggunaan LED, energi jadi lebih hemat dan visibilitasnya juga lebih jelas. 

Biasanya dipakai pada bagian belakang mobil untuk aksesibilitas yang lebih baik. Mampu memberikan tanda yang mudah dilihat saat kendaraan melaju sehingga membantu sistem keamanan. 

Sekilas tentang Kelebihan Lampu LED

Sebelum membahas lebih detail tentang kekurangan lampu LED, kita flashback dulu tentang apa saja sih kelebihan dari jenis lampu yang satu ini.

Lampu LED ini terutama banyak dipilih karena berbagai kelebihan yang ditawarkannya. Secara ringkas, berikut ini beberapa poin yang menjadi kelebihan dari lampu LED itu sendiri.

Keunggulan utama lampu LED dibanding bohlam adalah hemat biaya listrik, lebih awet serta ramah lingkungan. Daya tahan lampu LED juga cukup lama terutama karena lampu ini merupakan perangkat keras dan padat.

kelebihan lampu led, kelebihan lampu led dibanding neon, kegunaan lampu led
Kamar nampak menawan dengan dihiasi sorotan lampu LED – diminimalis.com

Lampu LED juga menggunakan konsumsi daya rendah dan seringkali usianya bisa lebih dari lima puluh ribu jam. Sementara persentase hemat energi dari lampu LED bisa mencapai delapan puluh hingga sembilan puluh persen.

Cahaya dari lampu LED ini juga tidak panas karena tidak memproduksi energi kalor. Selain itu, cahaya lampu LED juga tidak akan mendistorsi warna sekitar dan membuatnya aman untuk penerangan jalan.

Kelebihan lain dari lampu LED ialah ukurannya yang kecil. Anda bisa mengaplikasikannya secara lebih praktis. Pada lampu LED juga tidak terkandung merkuri dan ramah lingkungan, serta bisa diarahkan sesuai keinginan karena memiliki lensa optik yang sesuai.

Kekurangan Lampu LED

Setelah mengetahui kelebihan lampu LED di atas, saatnya Anda menyimak apa saja kekurangan lampu LED. Setidaknya rangkuman berikut ini mungkin bisa menjawab Anda yang penasaran dengan kekurangan lampu LED.

Harganya lumayan mahal

Kekurangan lampu LED yang paling kentara adalah dari harganya yang masih tergolong mahal. Jika dibandingkan dengan lampu biasa, selisih harga lampu LED di pasaran cukup besar meskipun masih tergolong wajar.

Adapun soal harga yang menjadi keberatan adalah ketika ingin membeli lampu LED dalam jumlah banyak karena memang kebutuhan ruangan yang ada.

Jika Anda termasuk yang sensitif terhadap harga sebuah barang, mungkin lampu LED kurang tepat. Beda lagi jika Anda termasuk yang abai soal harga namun mengutamakan kualitas.

Umur lampu kadang tergantung suhu ruangan

Selain harga, suhu lingkungan sekitar juga bisa mempengaruhi umur dari lampu LED ini lho. Kok bisa? Ya, suhu lingkungan yang panas dan atau terlalu dingin bisa berpengaruh pada keawetan lampu ini.

Sehingga, jika tidak benar-benar cermat dalam mendeteksi suhu ruangan, bisa jadi akan bolak-balik membeli lampu LED.

Intensitas cahaya kecil

Kekurangan Lampu LED terakhir adalah dari segi intensitas cahayanya yang tergolong kecil. Memang seberapa kecil intensitas cahaya dari lampu LED?

Sebetulnya tidak bisa juga dikatakan terlalu kecil, namun jika dibandingkan dengan lampu bohlam pada umumnya, lampu LED ini masih tertinggal. Namun begitu, kualitas pencahayaannya tetap masih menang.

Dengan mempertimbangkan berbagai kelebihan dan kekurangan lampu LED di atas, Anda pasti bisa memastikan apakah lampu LED ini cocok ada di rumah Anda atau tidak. Semoga bermanfaat. (ls) editted by RN17112021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *