Beberapa kali kita sudah membuat perbandingan antar material penyusun dinding: batako vs bata merah vs bataton atau sebaliknya. Kali ini kita akan bahas secara lebih spesifik tentang kekurangan batako sebagai material dinding rumah minimalis.

Sebelum bahas kekurangan, mari kita flashback sejenak untuk membahas tentang batako dan kelebihan-kelebihan yang dimilikinya.

Diantara kelebihan batako yang paling kentara adalah kemudahan pemasangan dan lebih hemat anggaran. Meski begitu, kelebihan lain yang dimiliki batako juga pantas untuk diperhitungkan demi mendapatkan kualitas konstruksi dinding yang di atas rata-rata.

Baiklah, sekarang kita masuk ke pembahasan tentang kekurangan batako sebagai material dinding rumah. Kira-kira apa saja kekurangannya?

Mengenal Lebih Jauh tentang Material Batako

kekuranga batako untuk dinding, kekuranga batako untuk dinding rumah, harga batako
Ruangan dengan dinding batako terasa panas, sehingga membutuhkan jendela yang luas – diminimalis.com

Kami merangkum kekurangan batako di sini bertujuan untuk membuat referensi yang fair terhadap semua jenis material yang biasa dipakai untuk membuat konstruksi dinding.

Selebihnya, pilihan kembali kepada Anda, bahan baku yang manakah yang cocok dan akan Anda gunakan sesuai dengan keinginan.

Sebelumnya, ada baiknya Anda mengenal jenis-jenis batako sebagai material untuk mendirikan dinding bangunan.

Berdasarkan bentuknya, batako untuk dinding dibedakan menjadi dua jenis, yaitu batako berlubang (hollow block) dan batako tidak berlubang (solid block).

Batako jenis hollow block adalah batako yang memiliki penampang berlubang lebih dari 25% luas penampang batasnya, dan volume lubang lebih dari 25% volume batas seluruhnya.

Sedangkan batako solid block memiliki penampang pejal 75% atau lebih dari luas penampang seluruhnya, dan memiliki volume pejal lebih dari 75 % volume bata seluruhnya. Penggunaan masing-masing jenis batako ini sudah kami ulas di artikel kami sebelumnya. Anda bisa baca di link ini.

 kekuranga batako untuk dinding, kekuranga batako untuk dinding rumah, harga batako
Batako dengan jenis solid block – diminimalis.com

5 Poin Kekurangan Batako untuk Konstruksi Dinding

Sebetulnya jika mau dibreakdown lebih jauh, ada lebih dari 5 poin kekurangan batako yang bisa jadi pertimbangan. Namun karena sudah bolak balik kita bahas, kami ulas 5 diantara kekurangan batako yang paling krusial menurut diminimalis.

1. Secara kekuatan lebih rendah dari batu bata merah

Salah satu kekurangan batako yang paling familiar adalah kekuatannya yang sulit menyamai batu bata. Bentuk fisiknya yang memerlukan perlakukan khusus agar bisa kuat kadang jadi bumerang.

Bagian kosong pada batako perlu diisi dengan spesi dan jika dibiarkan kosong tidak diisi maka bisa berpotensi mempercepat potensi kerusakan.

2. Mudah terjadi retak rambut pada dinding.

Hal lain yang jadi poin kekurangan dari batako adalah potensi kerusakan yang cukup besar di kemudian hari. Batako termasuk material dinding yang cukup mudah mengalami retak rambut. Terlebih lagi jika pemasangannya kurang bagus seperti pada poin sebelumnya.

3. Daya serap panas kurang bagus

Material batako terdiri dari semen pc dengan bahan dasarnya 50% terdiri dari semen. Ketika batako press di jadikan sebagai dinding, material ini kurang baik dalam menyerap hawa panas.

Efeknya, ketika musim kemarau, ada kecenderungan terasa gerah di dalam ruangan.

4. Kurang Cocok untuk Material Dinding rumah satu lantai

Batako kurang cocok untuk rumah tinggal satu lantai yang menggunakan dinding sebagai salah satu elemen penopangnya lantaran kekuatannya yang lemah. Untuk rumah tinggal satu lantai yang mengandalkan kekuatan dinding, batu bata merah atau bataton lebih rekomended.

5. Batako hollow block lebih mudah pecah

Kekurangan batako
batako dengan jenis hollow block – diminimalis.com

Untuk batako hollow block, karena fisiknya yang memiliki lubang di tengah, menjadikannya mudah pecah atau retak ketika dipasang.

Memang di satu sisi ada rongga untuk sirkulasi udara, tapi secara kekuatan akan kalah jika dibanding batu bata merah yang bentuknya padat dan utuh.

Batako hollow block mudah dilubangi dan mudah pecah apabila dipasangi paku ke dinding untuk gantungan. Sebagai rekomendasi untuk masalah ini, lagi-lagi batu bata merah atau bataton masih lebih baik.

Kesimpulan:

Apapun kekurangan batako sebagai bahan material dinding, tentu juga punya kelebihan yang membuatnya tetap layak dipilih.

Untuk Anda yang lebih suka dengan bata merah atau bataton, mungkin poin-poin soal kekurangan batako ini jadi pertimbangan kuat untuk tidak memilihnya.

Namun jika berkaca pada tujuan penghematan, kemudahan pemasangan yang mana menjadi kelebihan dari batako ini maka tetap layak untuk dipilih. Jadi, dari sederet kekurangan batako untuk membuat konstruksi dinding rumah minimalis, mana yang jadi pertimbangan Anda untuk tidak memilihnuya? (ls) editted by RN26092021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *