Kegunaan Rotan Sintetis Si Plastik nan Artistik untuk Rumah Minimalis

Salah satu contoh penggunaan rotan sintetis untuk bahan funriture - diminimalis.com

Kegunaan rotan sintetis tidak kalah banyak manfaatnya dibanding rotan alami. Sama halnya dengan rotan alami, rotan sintetis banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan barang-barang meubel. Rotan sintetis terbuat dari bahan sejenis plastik yang disebut polyseli.

Kegunaan rotan sintetis tidak kalah banyak manfaatnya dibanding rotan alami. Sama halnya dengan rotan alami, rotan sintetis banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan barang-barang meubel. Rotan sintetis terbuat dari bahan sejenis plastik yang disebut polyseli.

 kegunaan rotan sintetis, makalh rotan,kerajinan rotan, fungsi rotan sintetis
Salah satu contoh penggunaan rotan sintetis untuk bahan funriture – diminimalis.com

Makin kesini, permintaan akan rotan sintetis meningkat jika dibandingkan dengan rotan alami, bahkan sampai ke luar negeri seperti Amerika dan Eropa. Rotan sintetis dipandang lebih efisien dan efektif dalam pemanfaatannya untuk pembuatan barang-barang meubel. Rotan sintetis memiliki lebih banyak pilihan baik dari segi tekstur maupun warna. Hal ini yang membuat rotan sintetis semakin diminati orang banyak.

Kegunaan Rotan Sintetis Si Plastik nan Artistik

Kegunaan rotan sintetis sebagai bahan baku untuk pembuatan meubel memang lebih diminati pasar dibandingkan dengan meubel dari rotan alami. Karena sebagai meubel, rotan sintetis memiliki lebih banyak keunggulan jika dibandingkan dengan rotan alami, antara lain :

1. Tahan berbagai kondisi dan cuaca.

Furniture yang menggunakan rotan sintetis sebagai bahan bakunya akan lebih awet dan tahan terhadap cuaca. Karena bahan baku rotan sintetis ini adalah sejenis plastik yang tentunya memang lebih awet dalam menghadapi berbagai cuaca. Sehingga furniture dari rotan sintetis cocok digunakan untuk outdoor furniture.

2. Mudah didapatkan.

Untuk mendapatkan rotan sintetis lebih mudah dibandingkan rotan alami. Karena rotan sintetis dibuat secara sintetik di pabriknya. Tidak seperti rotan alami yang harus menunggu panen rotan di hutan.

3. Bobot ringan.

Rotan sintetis memiliki bobot yang ringan karena terbuat dari plastik. Sehingga perabotan yang terbuat dari rotan sintetis ini mudah untuk dipindah-pindah sesuai keinginan.

rotan sintetis, rotan sintetis murah, bahan baku rotan sintetis
bahan baku rotan sintetis sebelum dianyam – diminimalis.com

4. Tersedia dalam banyak jenis anyaman, tekstur dan warna.

Rotan sintetis dibuat dengan berbagai jenis anyaman, tekstur dan warna. Sehingga akan menghasilkan lebih banyak pilihan model atau kreasi furniture yang dihasilkan. Konsumen pun tidak akan dibuat bosan karena banyaknya pilihan dari rotan sintetis tersebut.

5. Perawatan mudah.

Rotan sintetis cukup mudah untuk dibersihkan. Cukup dengan menggunakan kain atau lap yang lembab, kemudian diusapkan pada permukaan rotan sintetis sampai bersih dari debu yang menempel.

6. Tahan serangga.

Bahan plastik membuat rotan sintetis ini tahan terdahap gigitan serangga seperti rayap, sehingga rotan sintetis ini menjadi lebih awet.

7. Harga lebih terjangkau.

Rotan sintetis memiliki harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan rotan alami. Dengan tampilan yang mirip seperti rotan alami namun harga lebih terjangkau, membuat rotan sintetis lebih unggul dibandingkan rotan alami.

8. Awet.

Adanya penambahan bahan bahan kimia seperti UV protection, antioksidan, antistatik dan color guard membuat rotan sintetis lebih awet dan lebih terjaga kualitasnya meskipun sudah berumur panjang.

9. Pelapis furniture.

Selain sebagai bahan utama dalam pembuatan meubel, rotan sintetis biasanya juga digunakan untuk melapisi furniture yang terbuat dari kayu dan bahan lainnya.

Banyak kegunaan rotan sintetis yang sudah terbukti dari semakin meningkatnya permintaan terhadap rotan sintetis tersebut. Penggunaan rotan sintetis juga mendukung gerakan ramah lingkungan. Karena pemilihan rotan sintetis dapat mengurangi angka penebangan kayu di hutan. Hal ini menjadi pertimbangan dalam pembuatan produk dari plastik daripada dari tumbuhan.

Selain itu, bahan rotan sintetis mudah didaur ulang dan juga tidak mengandung racun. Hal ini dikarenakan, rotan sintetis dibuat dari plastik jenis  HDPE (High Density Polyethylene) yang tidak memiliki pacticizer (pelembut yang berbahaya bagi kesehatan. Demikian ulasan kami tentang aneka manfaat rotan sintetis untuk gahan baku furniture rumah minimalis Anda, semoga bermanfaat.(ls)

Leave A Reply

Your email address will not be published.