Pada beberapa kasus, kegunaan mortar atau semen instan tidak bisa digantikan oleh semen biasa meski yang bermerek sekalipun. Hal ini tidak lain karena perannya yang sangat vital untuk membantu proses pengerjaan konstruksi bangunan.

Bila dibandingkan dengan bahan baku semen dan pasir sebagai kombinasi perekat, mortar ini jauh lebih praktis dipakai. Tidak perlu lagi membeli dua jenis material tadi secara terpisah, karena selain repot juga biaya akan lebih mahal.

Atas dasar itulah rasanya perlu dikaji lebih jauh apa saja kegunaan mortar ini dan jika dibandingkan dengan semen dan pasir dimana saja keunggulannya.

Baiklah mari langsung saja kita bahas fungsi dan kegunaan mortar sebagai bagian dari material bangunan modern.

Mengenal Mortar dan Cara Penggunaannya

Jadi, apa itu mortar?

Mortar atau yang sering disebut sebagai semen Instan adalah serbuk hasil campuran semen dan pasir serta material pendukung lainnya sehingga siap pakai.

Tujuan dibuatnya mortar ini ialah untuk membantu mempermudah pekerjaan bangunan agar lebih efektif dan efisien. Semen instan ini tidak perlu lagi ditambah dengan pasir, saat akan dipakai, Anda hanya perlu mencampurnya dengan air sesuai kadar yang dibutuhkan.

Jadi jika ditarik kesimpulan lebih awal, kegunaan mortar atau semen instan untuk bahan bangunan terbilang sangat banyak.

Semen instan atau mortar dinilai lebih efisien dibanding semen biasa dalam menyokong proses pengerjaan kontruksi bangunan. Dengan menggunakan semen intsan, waktu pengerjaan bisa lebih cepat dan anggaran untuk material juga lebih murah.

 kegunaan semen instan, acian instan, merk aci instan
Semen instan yang digunakan untukdasar lantai keramik – diminimalis.com

Pada kesempatan kali ini Diminimalis akan mengulas untuk Anda tentang kegunaan mortar atau semen instan untuk menunjang proses konstruksi bangunan.

Kegunaan Mortar/Semen Instan untuk Bahan Bangunan

Di awal sudah kita ketahui bahas tentang pengertian mortar dan cara penggunaannya. Selanjutnya kita akan bahas lebih spesifik tentang kegunaannya dan kenapa banyak orang lebih menyukai material yang satu ini.

Di bawah ini ada beberapa kegunaan semen mortar yang jika dipakai hasilnya akan lebih baik dari pada semen biasa, diantaranya yaitu:

manfaat semen instan, manfaat semen mortar, merk aci instan
semen instan lebih praktis digunakan dan dapat menghemat waktu dan biaya – diminimalis.com

1. Untuk Merekatkan Keramik dan Nat

Kegunaan mortar yang sering diterapkan adalah pada kegunaannya untuk pemasangan keramik dan nat. Mortar sangat ampuh dan bisa diandalkan untuk merekatkan keramik.

Kelebihannya yang anti retak sangat mendukung pemasangan keramik yang awet dan tahan lama.

2. Untuk memasang batako

Mortar memang lebih umum dipakai untuk memasang batako pada konstruksi dinding. Lagi-lagi karena keunggulannya yang sudah ditemukan pada semen biasa karena daya rekatnya yang lumayan kuat.

3. Untuk Memasang batu hias

Jika Anda suka dengan hiasan berupa batu biasa atu batu alam di depan halaman rumah, mortar bisa dipakai sebagai bahan perekatnya.

Anda tidak perlu membeli semen dan pasir lagi secara terpisah karena mortar saja sudah cukup bisa diandalkan untuk membuat hiasan dari batu di halaman rumah Anda terpasang dengan kokoh.

Nah, jika melihat kegunaan mortar ini sendiri yang cukup banyak, lalu apa sih kelebihan semen instan/mortar ini sebagai material bangunan? Diantaranya:

  • Lebih Praktis

Pemakaian semen mortar instan sangat mudah, Anda tinggal menambahkan air dalam jumlah tertentu dan diaduk hingga rata.

Dengan begitu, Anda tidak perlu membeli pasir dan semen secara terpisah. Dengan begitu Anda akan memiliki jeda waktu antara proses pemasangan bata-pemlesteran-pengacian- dan pengecatan.

  • Jaminan Kualitas Bahan Baku dan Konsistensi Mutu Material

Mortar instan terdiri dari bahan baku yang sudah melalui proses quality control dengan standar yang tinggi. Semen ini diproses menggunakan mesin sehingga menghasilkan adukan yang homogen sesuai dengan komposisi yang direncanakan.

Hal ini jelas berbeda dengan adukan semen tradisional yang ditakar secara manual, sehingga kadang hasilnya tidak ideal, dan kualitas bahan campurannya berbeda-beda.

Bila Anda menggunakan semen mortar, Anda akan mendapat hasil adukan berkualitas tinggi dan jaminan mutu bahan bakunya.

  • Hemat Waktu dan Biaya

Proses pembuatan adukan semen mortar bisa dilakukan lebih cepat dan tidak membutuhkan banyak material lain untuk membuat lapisan dinding. Kemampuannya untuk membuat lapisan dinding secara efisien, akan memberi berpengaruh pada penghematan biaya.

  • Daya Rekat Lebih Tinggi

Semen mortar instan bila dijadikan sebagai perekat keramik atau nat, mempunyai daya rekat yang lebih tinggi dan mampu menopang beban yang diterima dinding.

Bila Anda ingin menghias dinding dengan menggunakan keramik atau mozaik, maka alangkah baiknya Anda menggunakan semen mortar isntan sebagai perekata dan natnya.

Keunggulan semen instan sebagai bahan konstruksi bangunan sangatlah banyak. Hal ini tentu sangat membantu kita untuk mengefisienkan pekerjaan pembangunan rumah, seperti rumah instan.

Jika dulu perlu pasir untuk mengaduk semennya, pada semen jenis ini tidak perlu karena semen ini merupakan semen yang langsung digunakan tanpa adanya material lain sebagi tambahannya.

Demikian ulasan kami tentang keunggulan mortar atau semen instan yang tidak ditemukan pada semen konvensional. Semoga ulasan singkat ini bisa menjadi pencerahan untuk Anda. Sampai jumpa. (ls) editted by RN07112021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *