Menciptakan Kayu Tahan Rayap Solusi Agar Perabotan Rumah Tetap Awet dan Tahan Lama

Kami kira tidak ada satupun di antara Anda sekalian yang ingin perabotan rumahnya dihuni rayap. Selain jadi rusak dan rapuh, secara tampilan juga jadi jelek. Disinilah pentingnya mengaplikasikan kayu tahan rayap sebagai material perabotan rumah Anda. Upaya ini akan menghindarkan Anda dari kerugian karena perabotan rumah jadi rusak.

Nah, kira-kira bagaimana membuat perabot kayu di rumah jadi tahan terhadap serangan rayap? Anda bisa mengupayakan beberapa perlakuan seperti yang akan dibahas kali ini.

Pentingnya Menciptakan Kayu Tahan Rayap pada Perabot Rumah

Menciptakan kayu yang tahan terhadap rayap sebagai perabot mestinya sudah dipikirkan sejak awal membangun rumah. Kadang karena fokus pada banyak hal saat membangun rumah, jadinya melewatkan hal-hal detail yang sebenarnya itu penting untuk direncanakan.

Mungkin setelah rumah baru jadi, semuanya nampak baik-baik saja. Namun ketika sudah mulai ada gejala ketidak beresan, bisa-bisa baru sadar kalau ternyata menyiapkan hal-hal dasar terkait perabotan kayu itu penting. Yaitu agar bagaimana tahan lama dipakai dan awet serta terhindarkan dari serangan serangga rayap.

kayu tahan rayap, cara membuat kayu tahan rayap, agar kayu tahan rayap
Lapisan kayu tahan rayap – diminimalis.com

Cara Mendapatkan Kayu Tahan Rayap dengan Mudah

Membuat kayu anti rayap, termasuk salah satu upaya yang banyak dilupakan sejak awal pembangunan rumah. Disini perlu kami ingatkan kembali, memang setiap orang yang sedang membangun rumah, pasti ada banyak hal yang harus dipikirkan. Namun sebisa mungkin hal-hal seperti ini masuk dalam list.

Meski ini melelahkan, jangan sampai urusan vital seperti ketahanan kayu, Anda lewatkan. Terlebih apabila Anda menggunakan kayu untuk konstruksi rumah pada bagaian-bagian yang penting, seperti untuk reng genting atau pilar atap. Tentu Anda tak ingin lagi mengeluarkan budget yang tidak sedikit untuk merenovasi ulang, tatanan bangunan akibat rendahnya kualitas kayu yang Anda gunakan.

kayu tahan rayap, cara membuat kayu tahan rayap, agar kayu tahan rayap
Membuat kayu tahan rayap – diminimalis.com

Rayap adalah serangga kolonial yang memakan kayu dan juga bahan yang berisi selulosa. Tentu saja kehadiran rayap ini sangat mengganggu karena menghancurkan bahan- bahan mati yang digunakan oleh manusia. Apalagi kayu menjadi salah satu bahan dasar konstruksi bangunan dan berbagai perabotan. 

Bahkan kehadiran rayap ini bahkan mmapu menghancurkan gedung dalam waktu beberapa tahun karena menggerogoti dari dalam.

Tempat hidupnya yang berada di wilayah yang lembab dan juga gelap membuat kehidupan rayap ini jauh dari jangkauan Anda. Tentu saja kedatangan rayap di rumah Anda akan sangat mengganggu. Meski ancaman ini cukup mengkhawatirkan,  bukan berarti Anda tidak bisa mencegah kehadiran koloni rayap ini.

Tentu saja ada cara yang bisa Anda lakukan termasuk dengan menambah ketahanan kayu pada konstruksi dan perabotan rumah Anda. Untuk itu, mencegah kehadiran rayap lebih baik daripada memberantas rayap setelah mereka datang.

Lalu bagaimana tips membuat kayu tahan rayap secara ampuh? Berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk bisa membuat perabotan kayu di rumah Anda menjadi lebih tahan terhadap rayap. Diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Rayap akan bisa dengan mudah masuk ke dalam kayu yang tidak kuat atau mudah rapuh. Untuk menguatkan kayu, Anda bisa melakukannya dengan merendam kayu pada air. Akan lebih sempurna bila Anda mencampurkan cairan teer pada air sehingga kayu menajdi semakin keras. Atau Anda juga bisa mencampurkannya dengan cairan obat anti rayap dan pastikan benar benar masuk ke dalam kayu.

2. Untuk menghindari rayap masuk ke dalam perabotan kayu Anda bisa juga dilakuka dengan mengoleskan minyak tanah pada kayu hingga benar benar masuk ke dalam kayu.

3. Cara lain yang bisa Anda lakukan ialah dengan mengoleskan secara merata campuran minyak tanah dan oli bekas. Ya, campuran ini benar benar manjur membuat kayu menjadi lebih kuat dan tidak mengalami serangan rayap. Pastikan campuran tersebut merata hingga sampai dalam dengan cara mengoleskan campuran tersebut berkali kali.

Baca juga: Lantai Kayu Anti Rayap: Parket atau Vinyl?

Untuk menambah ketahanan kayu pada perabotan rumah Anda, Anda juga bisa menyuntikkan obat anti rayap ke dalam kayu. Sehingga rayap tidak akan segan untuk mendekati perabotan rumah Anda yang berbahan dasar kayu. Demikian ulasan kami tentang tips membuat kayu tahan rayap pada rumah minimalis Anda, semoga bermanfaat. (ls) editted by RN12062021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.